Tips Mengenal Ikan Koi

Tips Mengenal Ikan Koi

Tips Mengenal Ikan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Ikan koi adalah ikan cantik dan menarik yang cocok dipelihara sebagai ikan hias. Ikan koi sendiri dibagi kembali menjadi beberapa jenis berdasarkan warna dan corak yang ada. Semakin banyaknya jenis ikan koi ini juga disebabkan karena semakin banyaknya para breeder yang membuat percobaan untuk mengkawinsilangkan satu jenis ikan koi dengan jenis ikan koi lain yang ada. Dan tentu saja hasilnya cukup beragam. Jenis ikan koi sendiri semakin berkembang dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, jenis-jenis ikan koi ada yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, dan ada yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.
Ikan koi dapat terus bertumbuh dan berkembang sesuai dengan batasnya. Bahkan diluar perkiraan, ada ikan koi yang memiliki ukuran hingga 1 meter yang bisa dibilang merupakan ikan koi terbesar yang pernah ada. Jika ikan koi diberikan makanan bergizi secara teratur dan selalu memperhatikan kesehatan dan kejernihan air hidupnya, ikan koi akan bertumbuh dengan besar. Tentu saja, jika ikan hias koi terus tumbuh besar, harga yang akan ditawarkan juga lebih besar. Bahkan harga ikan koi besar bisa menembus angka 20 jutaan per ekornya. Tentu saja akan mampu mensukseskan pembudidaya ikan koinya.
Telah diketahui bahwa ikan koi memiliki harga yang sangat beragam dan mayoritas jenis ikan koi memiliki harga yang tinggi. Ternyata ada beberapa aspek yang mendasari adanya perbedaan harga ikan koi ini. Salah satunya adalah semakin rumitnya memperoleh ikan koi dengan kualitas yang tinggi. Bagi pemelihara dan pembudidaya ikan koi, tidak mudah untuk bisa memulai budidaya ikan koi. Alasannya adalah, mereka tidak bisa tiba-tiba saja memelihara ikan koi dengan jumlah yang besar untuk budidaya.
Dalam melakukan penyisihan kualitas ikan pun perlu dilakukan dengan cermat. Jika seorang pembudidaya ikan koi memiliki 10.000 ikan koi, maka pemilahandan penyortiran perlu dilakukan untuk mendapatkan ikan yang bagus. Ikan dengan kualitas buruk masih diterima di pasar Jepang, tetapi dengan harga yang menyesuaikan.
Pembudidaya ikan koi perlu melakukan pemisahan ikan koi menurut kelompok-kelompok ikan, bisa sesuai dengan jenis ikan koi, atau sesuai dengan usianya. Salah satu contohnya adalah pembudidaya ikan koi yang menernakkan ikan koi jenis Kohaku. Telah kita ketahui bersama bahwa ikan koi jenis Kohaku ini memiliki ciri khas dua corak warna yaitu merah dan putih. Maka, untuk melakukan pemisahan, ikan koi dengan warna kuning, hitam, oranye, atau perpaduan daripada semua warna itu harus dipisahkan dari ikan jenis kohaku.
Setelah pemisahan ikan-ikan koi ini dilakukan (berdasarkan jenis ikan koi), maka langkah selanjutnya dalam proses budidaya yang rumit ini adalah menentukan ikan koi mana yang akan bisa terjual dengan harga tinggi. Ikan-ikan yang tidak masuk seleksi harga tinggi akan dipelihara lagi untuk dinaikkan kualitasnya. Untuk harga ikan koi di pasar Jepang, sebenarnya tidak semuanya mahal, tetapi semua harus berkualitas.
Pemilihan ikan koi berharga tinggi bisa dilakukan dengan melihat data fisik si ikan. Dalam pemilihan 10.000 ekor ikan koi saja, bisa jadi hanya ditemukan 20 hingga 30 ekor ikan koi saja yang bisa dijual. Pada awalnya, data fisik ikan yang bisa dijual di pasar adalah ikan koi yang memiliki panjang 18 inchi yang kemudian menjadi 26 inchi.
Dalam proses pemilihan dan pemilahan ini selalu dilakukan dengan jujur oleh para pembudidaya. Hal ini akan berpengaruh positif dalam daya jual ikan dan kepercayaan pelanggan terhadap pembudidaya. Pembudidaya berharap bahwa para pelanggan yang memilih ikan koi darinya akan memelihara ikan koi dengan baik bahkan bisa membawa ikan koi tersebut ke ranah kontes ikan.
Bisa ditekankan sekali lagi bahwa alasan mendasar tingginya harga ikan koi di pasar ikan Jepang maupun internasional adalah adanya usaha keras pembudidaya untuk memilih dan memilah ikan koi berkualitas. Banyak sekali pihak pembudidaya yang mengatasnamakan jual ikan koi Jepang, tetapi tentu saja pelanggan harus mempelajari kelas-kelas ikan.

Jenis Ikan Koi Termahal

Tips Mengenal Ikan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Seperti yang sudah diterangkan diatas, bahwa harga dari ikan koi bukan hanya tergantung dari cantiknya corak dan langkanya jenis warna ikan koi, tetapi usaha pembudidaya untuk memberikan pelayanan kualitas ikan koi terbaiknya. Di pasar ikan koi sendiri, ada beberapa ikan koi yang memasng masuk kedalam jenis ikan koi termahal yang pernah ada. Harga “termahal” ini bisa didapatkan karena pembudidayanya benar-benar memberikan makanan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi dan perawatannya. Berikut adalah jenis-jenis ikan koi termahal.
– Ginrin Showa
Ikan koi jenis Ginrin Showa merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling sering memenangkan kontes ikan. Salah satu kontes yang sudah pernah dimenangkan oleh ikan jenis ini adalah salah satu kontes ikan di Jepang dan memperoleh gelar Supreme Championship Nasional, pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Pada tahun 1986, ikan jenis ginrin showa ini terjual dengan harga fantastis, yaitu 50.000 Pounsterling, atau setara dengan 17 juta yen atau juga setara dengan 425 juta rupiah pada masa itu. Apabila dikonversikan lagi dengan mata uang jaman sekarang adalah senilai 1,8 milyar rupiah oleh pembeli dan juga pecinta ikan koi dari Inggris.
– Dainichi Showa
Ikan koi jenis dainichi showa ini pernah terjual dengan harga 21,5 juta yen atau setara dengan 2,15 milyar rupiah dalam pelelangan tanggal 27 November 2013. Salah satu type ikan yang masuk ke jenis ikan Nisai Showa ini memang terkenal memiliki corak dan warna yang indah karena masuk kedalam keluarga Oyagoi ‘Gacchami”.
– Black Dragon
Koi bernama black dragon ini adalah ikan koi dengan harga transfer yang sangat fantastis. Ikan ini dulunya memiliki ukuran 57cm berkelamin betina dengan usia 2 tahun. Ikan koi ini berhasil terjual dengan harga 26 juta yen atau setara dengan 2,9 M pada pelelangan yang diselenggarakan oleh Momotari Farm di Okayama, Jepang. Harga ikan koi Black Dragon ini menjadikan harga ikan koi paling tinggi yang pernah ada. Hal ini dikarenakan jenis ikan koi ini memiliki rekam jejak panjang indukan yang benar-benar berkualitas dan dirawat dengan sangat baik.
Itulah informasi yang bisa kami berikan dalam memilih ikan koi yang baik dan berkualitas. Dengan menerapkan cara-cara singkat diatas tentu saja akan sangat membantu dalam pemilihan ikan koi dengan kualitas terbaik. Adanya informasi tentang jenis ikan koi dengan harga paling mahal ini tentu saja pasti akan bisa memberikan motivasi baik bagi para breeder dan pembudidaya ikan koi untuk tidak menyerah dalam memelihara ikan koi. Dengan kesabaran dan ilmu pengetahuan yang luas, maka ikan koi yang akan dihasilkan nantinya bisa juga memiliki harga yang tinggi. Anda bisa menghubungi salah satu kontak kami yang tersedia di website ini jika Anda memerlukan tambahan ikan koi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *