Tips Komplit Budidaya Ikan Koi

Tips Komplit Budidaya Ikan Koi

Ikan koi adalah peliharaan yang tepat bagi mereka yang inginkan lebih banyak keberuntungan datang seperti mitos yang beredar di kalangan masyarat, di Jepang terutama, ikan koi dikenal bisa memberikan hoki atau keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya.
Untuk menunjukkan kualitas dan kesehatan ikan koi, yang dilihat adalah warna sisik dan bentuk tubuhnya. Warna sisik yang cemerlang dan tubuh yang ideal akan menunjukkan bahwa ikan sehat. Ikan koi mendapatkan pola warna di tubuhnya menurun dari induknya dan akan berubah sesuai dengan umur si ikan. Pigmen warna yang ada pada tubuh ikanlah yang akan menentukan pola warna di luar tubuh si ikan itu.
Untuk masalah harga dari ikan koi sendiri tentunya tergantung dari jenis ikan koi yang diinginkan. Ada juga jenis ikan koi yang memiliki harga sangat mahal. Harganya yang mahal ini muncul karena motif ikan yang dihasilkan sangat langka dan tidak banyak ditemukan. Ada juga jenis ikan koi yang memiliki harga terjangkau, namun masih memiliki ciri khas ikan koi yang tak bisa dilepaskan.
Meskipun begitu, akan lebih baik jika memelihara ikan koi lebih dari satu ekor di satu kolam. Hal ini karena ikan koi biasa hidup berkerumun bersama dengan sebangsanya. Maka itulah sering kita lihat para breder atau pemelihara ikan koi selalu menempatkan ikan koi beramai-ramai di satu kolam atau aquarium. Hal ini akan berguna juga untuk mengurangi stress dan mempercepat perkembangbiakan ikan koi.
Bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan koi harus tahu betul tips komplit budidaya ikan koi sehingga tidak akan ada kesalahan apapun dalam pemeliharaannya.

Berikan Pakan Berkualitas

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Salah satu caranya adalah dengan pemberian pakan yang kaya nutrisi. Ikan koi bisa bergerak dengan lincah, berkembang biak, dan tumbuh besar dengan baik jika asupan gizinya terjaga. Pakan ikan koi sendiri terdiri dari 2 jenis. Yang pertama yaitu pakan alami dan yang kedua pakan buatan. Untuk lebih detail tentang jenis pakannya bisa dijelaskan berikut ini.
1. Roti, sayuran, dan buah
Beberapa pakan ikan yang bisa diberikan pada ikan koi adalah roti, sayuran, buah-buahan dan juga cacing. Pakan alami tersebut kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan koi. Ada serat, protein, karbohidrat dan nutrisi lengkap lainnya yang akan didapatkan oleh ikan koi dengan diberikan jenis makanan ini. Untuk sayur-sayuran, Anda bisa memberikan jenis bayam, kangkung, selada air, dan wortel olahan. Untuk buah bisa diberikan jeruk atau semangka yang kaya akan vitamin C dan karoten yang penting untuk cerahnya corak tubuh ikan.
2. Cacing dan udang
Untuk jenis pakan ikan yang akan berpengaruh pada lamanya masa hidup ikan adalah cacing dan udang. Dengan pemberian dua jenis pakan ini maka akan mampu membuat ikan koi panjang umur. Kedua makanan ini menngandung banyak protein hewani yang bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan koi. Maka dari itu, pemberian pakan hewani ini bisa diakukan beberapa kali saja seminggu pada ikan yang sedang dalam proses pertumbuhan. Kedua pakan ini juga salah satu faktor penting cepatnya pertumbuhan ikan koi dan bisa meningkatkan kualitas warnanya.
3. Ulat
Selain kedua makanan tersebut, ikan koi juga akan terpenuhi nutrisinya dengan pemberian pakan berupa pakan ulat. Ulat yang diberikan pada ikan koi akan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi protein sehingga akan membuat ikan koi tumbuh besar lebih cepat. Pakan ulat bisa diberikan langsung kepada ikan koi atau diolah terlebih dahulu dengan mencampurnya dengan bahan makanan lainnya. Breeder sering mencampuri bahan-bahan makanan untuk ikan koi ini agar nutrisi yang didapatkan ikan nanti bisa seimbang, tidak kurang dan tidak lebih.
Untuk beberapa jenis makanan yang tepat agar ikan koi tumbuh besar lebih cepat sudah dipaparkan diatas. Sebenarnya ikan hias koi bisa diberikan makan apapun asalkan aman. Beberapa jenis sayuran dan buah ada yang tidak direkomendasikan untuk diberikan pada ikan koi, adalah kacang polong dan jagung. Hal ini karena jenis kacang-kacangan ini tidak bisa dicerna dengan cepat oleh perut ikan koi.

Pemisahan Indukan

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Salah satu faktor penting dalam pembudidayaan ikan koi adalah pembibitan indukannya. Indukan harus dipisahkan dari jenis ikan koi lainnya yang ada didalam kolam supaya bisa bertelur lebih cepat. Caranya, indukan ikan koi ini perlu dipisahkan di kolam lainnya. Masukkan 3 ikan koi jantan dewasa yang nantinya akan membuahi si indukan.
Agar anakan dari indukan ikan koi ini bisa berkualitas baik, maka pilihlah indukan ikan koi dengan ciri fisik umum yang baik. Maksudnya adalah ikan ini sehat secara mental dan fisiknya serta memiliki corak dan warna yang cerah. Apalagi jika indukan bisa memiliki varietas unggul, maka bisa memberikan nilai plus sendiri untuk indukan ikan koi terbaik nantinya.

Jenis Ikan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Ikan koi sendiri memiliki jenis-jenisnya tersendiri, tergantung dari ciri khas, warna, dan corak yang ada. Beberapa jenis dan diantaranya ada jenis yang terbaik dan banyak dipilih oleh masyarakat. Berikut jenis ikan koi paling terkenal diantara masyarakat.

Ikan koi kohaku
Ikan koi kohaku adalah nama ikan koi yang paling sering dipelihara oleh pecinta ikan hias. Jenis yang satu ini memang menjadi jenis yang paling favorit karena memiliki perpaduan warna yang cantik dan menarik. Ikan hias koi kohaku memiliki warna dasar putih dengan corak cantik berwarna keorenan.Ikan koi taisho sanke
Selain ikan koi kohaku, ada ikan koi taisho sanke yang termasuk dalam jenis ikan koi terbesar. Ikan jenis ini sama dengan ikan kohaku, yaitu memiliki warna dasar putih dan sedikit memiliki kemiripan lebih dengan ikan koi kohaku. Namun ikan koi sanke ini memiliki pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam yang menarik yang membedakannya dengan ikan hias kohaku.
Ikan koi showa sashoku
Jenis ketiga yaitu ikan koi showa sashoku. Ikan koi showa sashoku atau yang lebih akrab disapa dengan nama showa ini agak mirip dengan ikan koi sanke. Pasalnya, ikan koi showa juga memiliki corak berwarna hitam di sisiknya. Perbedaannya, pola corak hitam pada ikan koi showa menyebar di seluruh tubuh ikan bahkan sampai di kepala, sedangkan sanke hanya di bagian kepala saja.
Semua informasi diatas bisa membantu Anda dalam memilih jenis ikan koi yang akan anda pelihara. kami memiliki banyak informasi lainnya yang akan bermanfaat untuk Anda dalam memelihara ikan koi. Jika Anda memerluka indukan atau bibitan ikan koi berkualitas untuk dipelihara, kami memilikinya. Caranya adalah dengan menghubungi salah satu kontak kami yang ada di website ini untuk melakukan pemesanan segala macam jenis ikan koi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *