Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati di Indonesia. Pembudidayaan ikan ini juga sudah bisa ditemui di berbagai tempat. Membudidayakan ikan koi ini memang susah susah gampang, karena membutuhkan keahlian khusus walaupun tekniknya tidak terlalu rumit. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh peternak ikan koi adalah pemijahan ikan koi. Pemijahan ikan koi ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan agar pemijahan bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan apapun.

Teknik atau tahapan pemijahan ikan koi yang pertama adalah memilih indukan ikan koi. Indukan yang dipilih harus induk yang sudah matang di seluruh aspek, mulai dari ciri-ciri fisik sampai kelamin. Indukan yang dikategorikan matang secara kelamin adalah ikan yang bisa dengan sempurna menghasilkan sel telur untuk ikan yang betina dan sel sperma untuk ikan yang jantan. Indukan ikan juga harus bisa menjadi induk yang produktif. Bertelur bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun harus tetap dilakukan agar keturunan dan garis darahnya tidak hilang.

Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Ciri-ciri lain indukan yang memiliki ciri fisik sempurna adalah gerakannya seimbang. Indukan juga harus bisa menunjukkan gerakan yang dinilai sehat oleh si peternak. Fisik dari indukan juga harus sempurna tanpa cacat. Indukan yang memiliki cacat bisa beresiko menghasilkan ikan yang cacat pula. Nilai jual dari ikan yang tidak sempurna tidak akan bisa mahal.

Dari segi usia, indukan jantan yang siap melakukan pemijahan adalah indukan yang berusia 2 tahun. Sedangkan usia yang pas untuk betinanya adalah 3 tahun. Karena umurnya berbeda, fisik dari indukan betina biasanya lebih besar dari indukan jantan.

Ikan juga tidak mudah untuk melakukan pemijahan. Peternak harus bisa menjamin bahwa pemijahan akan sukses. Salah satu cara yang biasanya diterapkan adalah memasangkan 1 ekor betina dengan 2 sampai 3 ekor jantan. Sel sperma yang dihasilkan dan bisa sampai menghasilkan telur tentunya sel sperma yang memiliki kualitas super dan juga prima. Proses pemijahan atau pembuahan ikan koi ini tidak bisa dilakukan di kolam yang sama seperti tempat tinggal ikan koi. Dibutuhkan kolam khusus untuk sesi pemijahan ini.

Jam-jam kritis dan paling pas digunakan untuk pemijahan adalah sore hari sekitar pukul 16.00 sampai tengah malam. Anda harus menyiapkan kolam tersendiri atau kolam khusus untuk pemijahan. Kolam pemijahan ini juga tidak sembarangan. Anda harus mengetahui beberapa hal yang harus dipenuhi oleh sebuah kolam pemijahan. Yang pertama adalah luasnya.

Kolam pemijahan ini biasanya memiliki ukuran sekitar 4 sampai 6 meter persegi, tinggal disesuaikan dengan lokasi pendirian kolam pemijahan. Yang kedua adalah kedalamannya. Kolam pemijahan yang baik adalah kolam yang memiliki kedalaman tidak lebih dari 0,5 meter.

 

Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Kolam pemijahan ini harus memiliki kondisi yang sangat kondusif demi tercapainya keberhasilan pemijahan. Buatlah kolam yang sekiranya bisa membuat ikan koi merasa nyaman untuk bertelur. Pastikan juga ikan mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya.

Suara-suara di sekitar kolam pemijahan sebaiknya juga tidak terlalu berisik. Hindarkan juga anak-anak dari kolam pemijahan, karena biasanya anak-anak akan tertarik untuk mengganggu ikan yang sedang melakukan pemijahan.

Jangan lupa untuk mengisi air kolam pemijahan dengan air yang bersih. Bersihkan juga kolam pemijahan secara rutin, jangan sampai ada kotoran ikan yang tertinggal dan bisa membunuh calon-calon ikan yang masih di dalam telur.

Untuk mengantisipasi pengisian air ini, Anda bisa membuat lubang khusus untuk membuang dan mengisi air di dalam kolam. Jika rumah Anda tidak memiliki ruangan yang lebih untuk kolam penetasan dan perawatan benih, maka Anda juga bisa menggabungkan kedua jenis kolam ini dalam kolam pemijahan juga. Strategi ini cukup efektif untuk menghemat tempat.

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Anda dibebaskan untuk memilih bagaimana bentuk kolam yang Anda butuhkan, bisa berbentuk persegi, bulat ataupun persegi panjang. Tinggal menyesuaikan tempat yang Anda sediakan untuk kolam pemijahan ini. Kalau Anda memilih bentuk kolam yang lingkaran, saran terbaik untuk ukuran diameternya adalah 1.5 sampai 2 meter.

Sebagai tambahan proteksi, Anda bisa melapisi kolam pemijahan ini dengan vinil. Apa fungsi vinil sebagai lapisan kolam pemijahan? Vinil ternyata mampu untuk menjaga kebersihan kolam dan juga menghilangkan efek semen yang Anda gunakan untuk membangun kolam.

Tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan kolam pemijahan. Sebelum memindahkan ikan dan mulai menggunakannya, alangkah baiknya jika Anda mengerikan kolam pemijahan terlebih dahulu. Di salah satu bagian, pasang pintu masuk yang dilengkapi dengan saringan.

Fungsi pintu ini adalah untuk menjegah jika nantinya ada telur ikan koi yang hanyut. Jika Anda belum pernah mendengar, telur dari ikan koi ini memiliki sifat adhesi atau mudah menempel. Untuk menghindari tertempelnya telur pada benda lain atau hanyut ikut dengan aliran air, sediakanlah kakaban di dalam kolam pemijahan.

Apa itu kakaban? Kakaban adalah sebuah alat yang dibuat dari sapu ijuk yang dijepit bambu dan dipaku. Untuk bisa mendapatkan kakaban yang ideal, panjangnya adalah 120 cm x 40 cm. Anda juga bisa menambahkan panjang kakaban apabila masih dirasa kurang.

Namun jangan sampai juga kakaban mengganggu proses pemijahan ikan koi. Anda harus meletakkan kakaban di dalam kolam ini sesuai dengan jumlah indukan betina yang ada disana. Misalnya saja jika ada satu kilogram penuh induk koi betina, maka Anda bisa menyiapkan sekitar 4 sampai 6 kakaban. Pilihlah warna kakaban yang mencolok sehingga bisa dibedakan dengan dasaran atau warna kolamnya.

Pastikan air yang ada di dalam kolam memiliki aliran yang bagus. Gunakan lubang pemasukan dan lubang pengeluaran untuk keluar masuknya arus air yang akan Anda alirkan di dalam kolam. Tahapan selanjutnya dalam pemijahan ikan koi adalah memulai pemijahan.

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Di masa awal, Anda akan melihat induk betina yang berenang mengelilingi seluruh bagian kolam. Setelah indukan betina melakukan hal itu, si jantan akan mengikuti gerakan dari indukan betina tersebut. Ikan koi indukan jantan akan mulai menyeimbangkan tubuhnya agar bisa sejajar dengan indukan koi betina. Indukan koi jantan ini akan menempelkan badannya menuju badan si betina.

Di bagian puncak, indukan koi betina akan mengeluarkan telur di dalam kolam. Sebagai bentuk atau tanda-tandanya, ikan betina akan melompat keatas. Tidak hanya indukan betina, indukan jantan juga akan melakukan hal yang serupa jika udah berhasil mengeluarkan telur. Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Itu dia beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui dan siapkan mengenai pemijahan ikan koi. Memelihara ikan koi tanpa melakukan pemijahan akan membuat telur dari ikan koi terbuang sia-sia dan tidak bisa menghasilkan telur baru. Mungkin saja telur baru atau hasil persilangan ikan ini akan menghasilkan jenis ikan koi yang baru dengan segala macam karakteristik yang baru juga. Tiga Tahapan Penting Dalam Pemijahan Ikan Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *