Telur Katak atau Kodok Yang Ada Di Kolam Akan Membahayakan Koi

Telur Katak atau Kodok Yang Ada Di Kolam Akan Membahayakan Koi

Ikan Koi Doitsu Hariwake

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Telur katak atau kodok yang paling sering ditemukan di dalam kolam koi yang banyak terdapat tanaman air seperti teratai, enceng gondok, kapu-apu dll. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah telur katak atau kodok yang ada di kolam akan membahayakan koi anda?

Hewan amfibi katak biasanya dapat dengan mudah ditemukan di sungai, sawah, atau danau. Namun sering kali katak dianggap sama dengan kodok karena sekilas bentuk tubuh yang sama. Padahal kedua hewan amfibi itu memiliki perbedaan.

katak memiliki kulit yang halus dan cenderung lembap. Selain itu, kulit katak berlendir. Warna kulit katak lebih bervariasi, mulai hijau zaitun, kuning, abu-abu, hingga cokelat.

kulit kodok pada umumnya kasar, berbintil-bintil dan kering. Karena itu, kodok dapat bertahan lebih lama di tempat yang kering. Kulit kodok biasanya berwarna cokelat. Telur Katak atau Kodok Yang Ada Di Kolam Akan Membahayakan Koi

Lalu apakah telur katak itu membahayakan di dalam kolam koi??

Sangat membahayakan, karna apa? Telur katak yang berada didalam kolam koi tersebut menjadi makanan ikan koi, sehingga ikan koi yang memakan telur katak tersebut menjadi mati semua.

Ada sebuah cerita atau pengalaman ini terjadi beberapa hari yang lalu ada salah satu seseorang menjumpai sebuah telur katak pada kolam yang kosong miliknya, lalu karena merasa sayang, jika harus membuang telur-telur itu dan berfikir untuk memberikan telur tersebut sebagai pakan ikan miliknya, maka kemudian orang tersebut, memindahkan telur-telur katak tersebut, pada kolam yang lain, yaitu kolam yang berisi ikan koi.

Ternyata tindakan memberikan telur katak tersebut menjadi makanan ikan koi yang ada di dalam kolam tersebut adalah tindakan yang salah, akibat dari pemberian telur katak pada ikan koi tersebut, ternyata membuat ikan-ikan yang mengkonsumsi telur katak tersebut menjadi mati semua. Meskipun akhirnya tindakan ini disesali olehnya, tetapi bagaimanapun juga ini sudah terjadi, sehingga yang bisa dilakukan adalah memperbaikinya saja.

Tindakan yang dapat dilakukan oleh orang tersebut, agar kematian ikan yang ada di dalam kolam tersebut tidak berlanjut, maka orang itu akhirnya membuang telur katak yang masih tersisa, dan sebagai langkah pencegahan tambahan, akhirnya air pada kolam tersebut dikuras dan dibersihkan, karena ikan yang mati tersebut telah mengeluarkan bau yang kurang sedap juga dan sebagai langkah pencegahan agar bangkai ikan yang mati tidak menyebabkan penyakit pada ikan yang masih sehat.

Orang tersebut sudah kapok dan tidak ingin menggunakan telur katak sebagai pakan ikan koinya lagi. Bahkan dia juga sudah memasang jaring pada kolam miliknya, agar tidak dimasukki oleh katak yang ingin bertelur. Telur Katak atau Kodok Yang Ada Di Kolam Akan Membahayakan Koi

Serangan Katak dan Kecebong di Kolam Ikan Koi

Penetasan anakan ikan koi, hampir sama dengan waktu penetasan kecebong. Sehingga saat mereka sudah menetas, akan sangat sulit untuk memisahkannya. Pada saat itulah masalah berikutnya akan muncul yaitu pakan yang seharusnya untuk anakan ikan koi akan di ambil oleh kecebong, sehingga pertumbuhan dari anakan ikan koi akan menjadi terhambat.

Selain pakan untuk anakan ikan koi yang direbut oleh kecebong, ternyata kecebong-kecebong tersebut juga akan memakan anakan ikan koi. Bahkan kalua ikan koi yang sudah berukuran 12 cm, juga habis dimakan oleh kecebong tersebut.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengurangi serangan kecebong dan katak, yaitu dengan menaikkan dinding kolam, Karena jenis katak tanah tidak bisa memanjat masuk ke dalam kolam jika dindingnya tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *