Tanaman Yang Baik Untuk Kolam Ikan Koi

Tanaman Yang Baik Untuk Kolam Ikan Koi

            Kesehatan ikan koi dalam sebuah kolam sangat dipengaruhi oleh kebersihan air itu sendiri. Bahkan sudah menjadi rumus baku bahwa dalam merawat ikan koi yang pertama adalah bagaimana caa merawat kolam ikan supaya tetap bersih dari berbagai macam polutan. Polutan dalam kolam ikan koi yang pasti ada yaitu amoniak yang asalnya dari feses ikan dan sisa makanan ikan yang sudah tidak termakan.

Pada kolam ikan koi yang mempunyai filter kurang memadai pastinya akan menimbulkan banyak masalah. Untuk dapat memaksimalkan fungsi filter maka Anda bisa memanfaatkan tanaman air yang akan menjadi pembersih air kolam dari poputan. Ada banyak sekali jenis tanaman yang baik untuk membersihkan kolam ikan koi.

Tanaman Yang Baik Untuk Kolam Ikan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Selain fungsi tanaman air itu sendiri, hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan saat memilih jenis tanaman air adalah aspek estetika. Anda harus menyesuaikan bentuk kolam dengan jenis tanaman air yang akan digunakan untuk membersihkan kolam ikan koi. Seperti misalnya untuk rumah minimalis, pilihlah jenis-jenis tanaman air yang memiliki bentuk sederhana seperti lotus, melati air, bambu air, atau ilalang air.

Tanaman Air Yang Dapat Membersihkan Kolam

            Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahawa ada banyak jenis tanaman air yang dapat dimanfaatkan sebagai pembersih kolam ikan koi, selain berfungsi sebagai penghias kolam. Adapun beberapa jenis tanaman air yang dapat membersihkan kolam adalah sebagai berikut:

Tanaman Yang Baik Untuk Kolam Ikan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

  1. Teratai

Teratai atau Water Lily ini mampu menghilangkan polutan air kolam

Teratai atau yang lebih dikenal dengan Lili dan dalam bahasa Latin memiliki nama Nyamphaea ini merupakan salah satu jenis tanaman air yang paling dikenal dan paling banyak digunakan. Tanaman ini memiliki bunga yang sangat cantik berwana-warni dengan daun yang mengambang pada permukaan air. Ukuran tanaman air terastai adalah sekitar 45 sampai 90 cm. Teratai mempunyai berbagai varietas yang dibedakan dari bunganya.

  1. Tifa

Tifa atau Typha latifolia adalah sejenis tanaman air lias. Tanaman ini memiliki batang yang memanjang, dengan bunga yang hampir menyerupai cerutu.

  1. Enceng Gondok

Tanaman air ini memang lebih dikenal sebagai gulma, tetapi pada dasarnya Enceng gondok atau Eichornia crassipes juga menjadi tanaman penghias. Tanaman ini termasuk tanaman air yang mengapung, batang dan daun Enceng gondok menggembung dan memiliki warna hijau. Diameter tanaman ini adalah sekitar 5 sampai 15 cm.

Enceng gondok memang dikenal sebagai gulma karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan sering memenuhi permukaan air. Disamping itu, tanaman ini juga sangat menganggu ketersediaan oksigen di dalam air. Maka dari itu, apabila Anda menggunakan tanaman Enceng gondok di dalam kolam maka Anda harus rajin untuk mengangkat tanaman ini jika sudah terlalu memenuhi kolam

  1. Lotus

Lotus atau Nyamphaea lotus ini juga dikenal dengan sebutan water lily. Tanaman ini sangat mirip dengan teratai, hanya saja ukurannya jauh lebih besar.  Lotus memiliki daun yang berbentuk bulat lebar dan berlapis lilin yang memiliki ukuran sekitar 6 sampai 10 cm. Tanaman air menebarkan aroma yang sangat wangi. Selain itu, Lotus juga mempunyai bungan dengan aneka macam warna seperti putih, kuning, ungu, dan merah jambu. Tanaman lotus termasuk ke dalam deep water aquatics plants, ini karena memiliki akar yang tertanam di dalam lumpur kolam.

  1. Seroja

Di Indonesia, tanaman Serojoa juga biasa disebut sebagai teratai. Seroja atau Nelumbo nucifera Gaertn merupakan tanaman yang sangat cocok untuk kolam yang dalam, ini karena ketinggian tanaman air ini bisa mencapai 1,5 m. Diameter daun tanaman Seroja bisa mencapai lebih dari 50 cm. Namun bunga Seroja hanya akan mekar di bulan Juli dan Agustus saja.

  1. Pisang Air

Sesuai dengan namanya, tanaman air yang satu ini sangat mirip dengan pohon pisang, hanya saja mempunyai daun seperti daun talas. Pisang air atau Typhonodorum lindyeyanum ini bisa tumbuh tinggi mencapai lebih dari 4 m, dengan daun yang bergelombang dan memiliki bentuk daun oval yang bisa mencapai 1,5 m.

  1. Apu-Apu

Apu-apu (Pistia stratiotes, Pistia crispate) adalah tanaman air berdaun hijau dengan permukaan yang ditumbuhi oleh bulu-bulu halus berstektur menyerupai beludru, sedangkan akarnya memiliki warna putih. Tanaman air ini tersusun melingkar dan bertumpuk-tumpuk. Perawatan tanaman air apu-apu ini sangatlah mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

  1. Kala Lili

Kala lili atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Zantedeschia aethiopica ini merupakan tanaman air yang seolah terbuat dari lili. Tanaman ini memiliki bentuk  berupa corong yang memiliki warna putih dengan putik yang berwarna kuning cerah.  Bunga tanaman Kala lili mempunyai aroma yang sangat lembut. Tanaman Kala lili akan tumbuh lebih tinggi jika kurang mendapatkan sinar matahari.

  1. Papyrus Payung

Papyrus (Cyperus alternifolius) mempunyai batang yang berbentuk segitiga dengan ketinggian yang mencapai lebih dari 1 meter, bagaian ujungnya ditumbuhi oleh bunga yang menyerupai daun. Tanaman Papyrus payung tumbuh secara berkelompok.

  1. Bambu Air

Tanaman Bambu Air Mampu Membersihkan Kolam

Tanaman bambu air atau Equisetum hymale adalah tanaman air yang sangat mirip dengan tanaman bambu pada umumnya.  Hanya saja bambu air memilki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis-jenis bambu lainnya. Tinggi tanaman bambu air kurang lebih hanya 25 sampai 100 cm dengan diameter batang yang tidak lebih dari 3 cm.

Bambu air ini juga dikenal dengan nama paku ekor kuda karena memiliki tekstur yang sangat ramping dan meruncing seperti ekor kuda dan memiliki warna yang hijau seperti tanaman paku.  Disamping itu, tanaman bambu air ini juga memiliki tampilan yang sangat cantik sehingga orang-orang akan betah untuk memandangnya.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman air yang bisa memberikan manfaat untuk membersihkan polutan yang terdapat di kolam. Selain mempunyai manfaat utuk dapat meningkatkan kualitas air, tanaman air tersebut juga bisa menambah keindahan kolam. Dengan memberikan tanaman air di bagian kolam tentu akan sangat membantu kerja filter kolam ikan koi kesayangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *