Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Ikan hias adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak diminati. Ikan hias bisa dirawat dengan mudah dan tidak membutuhkan sesuatu yang khusus. Salah satu ikan hias yang bisa Anda pilih adalah ikan koi. Ikan koi membutuhkan makanan yang bergizi agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Ikan koi adalah hewan omnivora, ikan ini bisa memakan segala macam jenis makanan, mulai dari tumbuhan, daging hingga cacing kecil. Ada beberapa jenis pakan ikan koi yang bisa Anda pilih. Pakan ikan koi terbagi atas makanan alami dan pakan buatan. Pakan ikan koi biasanya berasal dari sayur-sayuran, roti, buah-buahan dan tidak jarang juga menggunakan cacing.

Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Jika Anda tidak bisa menemukan jenis pakan diatas, Anda bisa menggunakan ulat. Ulat memiliki kandungan protein yang banyak sehingga bisa dijadikan salah satu sumber protein bagi ikan koi. Jenis buah-buahan yang disukai oleh ikan koi adalah semangka dan juga jeruk. Jika baru saja dipindah dari habitat asal menuju akuarium atau kolam, biasanya ikan koi tidak mau makan makanan apapun seperti sayuran dan juga buah. Namun, Anda tidak boleh menyerah begitu saja. Nutrisi ikan koi harus selalu terpenuhi agar bisa mendapatkan kesehatan sepanjang hidupnya.

Namun, Anda harus meneliti dan memperhatikan buah apa yang disukai oleh koi dan buah apa yang tidak disukai. Makanan biji-bijian seperti kacang polong dan juga jagung tidak disukai oleh ikan koi. Bukan ikan koi tidak suka atau rasanya, namun tekstur dari biji-bijian tidak bisa dicerna dengan mudah oleh pencernaan ikan koi. Tidak baik untuk memberikannya kepada koi. Ikan koi harus dipenuhi gizinya, dan juga perlu dijaga kualitas pakannya. Jangan sampai makanan yang akan Anda berikan adalah makanan yang sudah terlalu lama. Makanan yang sudah disimpan terlalu lama bisa saja adalah makanan yang sudah kadaluarsa. Pakan ikan bisa mengalami proses oksidasi selama masa penyimpanan tersebut. Proses oksidasi ini bisa memiliki pengaruh yang buruk untuk kesehatan ikan koi. Masa penyimpanan makanan yang ideal adalah tidak lebih dari 3 bulan.

Lebih aman lagi apabila Anda menyiapkan sendiri pakan ikan yang akan Anda berikan. Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat pakan ikan sendiri. Langkah yang pertama adalah menyiapkan bahan. Bahan yang digunakan biasanya adalah udang kecil. Campurlah udang kecil ini dengan telur, wortel, bawang putih, agar-agar dan juga vitamin C. Jangan sampai lupa untuk mencampurkan vitamin C di dalam pakan ikan. Salah satu cara yang efektif untuk memberikan ikan vitamin adalah melalui makanan yang akan diberikan. Setelah itu, tambahkan air ke dalam campuran yang tadi. Langkah selanjutnya adalah memblender semua bahan makanan berserta vitaminnya. Blenderlah semua bahan ini sampai halus.

Daripada menganggur saat menunggu makanan ini halus, buatlah aroma dari pelet ikan. Caranya adalah dengan memasukkan pelet ke dalam air panas, setelah itu taburi pelet tadi dengan bubuk agar-agar. Jika semua adonan sudah siap, dinginkan kedua bahan makanan ini. Setelah dingin, otomatis makanan ini akan menjadi kaku dan keras. Potong makanan ini menjadi ukuran yang lebih kecil. Memotong makanan ini menjadi berukuran lebih kecil bukan berarti bentuknya menjadi kotak. Ikan tidak akan suka memakan makanan yang berbentuk selain bulat dan lonjong karena akan sulit untuk dikunyah oleh ikan. Bentuk adonan dingin tadi menjadi lonjong sehingga mirip dengan cacing yang asli. Setelah selesai, campurkan pakan yang Anda buat dengan pakan yang sudah biasa diberikan kepada ikan. Pakan buatan yang biasa diberikan kepada ikan haruslah pakan ikan yang memiliki kandungan probiotik.

Mengapa harus yang memiliki kandungan probiotik? Kandungan probiotik yang ada di dalam pakan dipercaya bisa membuat pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan ikan yang tidak diberi makan probiotik. Hal ini disebabkan daya tubuh ikan menjadi lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan jenis ikan yang lainnya.

Pakan alami yang Anda buat sendiri, yang terbuat dari udang akan memiliki kandungan yang sangat sehat dan bisa membuat ikan semakin kuat. Jika dicampurkan dengan bahan probiotik, maka kandungan nutrisi yang ada di dalam pakan bisa naik berlipat kali. Maka, bisa disimpulkan ikan akan mendapatkan gizi yang sangat banyak dan baik untuk tubuhnya. Selain itu, kenaikan nutrisi ini juga bisa disebabkan karena adanya proses perendaman yang Anda lakukan. Saat proses perendaman tersebut, akan ada mikroorganisme baru yang tumbuh dan berkembang. Mikroorganisme ini memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga akan memberikan ikan manfaat yang banyak juga.

Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Anda bisa menemukan banyak sekali jenis pakan pelet di pasar ikan. Biasanya, pelet yang digunakan adalah pelet sinking atau pelet tenggelam dan juga pelet floating atau pelet mengambang. Anak-anak ikan yang baru menetas biasanya diberikan plet yang floating. Hal ini digunakan untuk memancing anak ikan untuk bergerak lebih banyak lagi. Pelet floating atau pelet mengambang ini juga lama-lama akan tenggelam juga.

Telur-telur ikan ini berasal dari pemijahan ikan koi. Ikan juga tidak mudah untuk melakukan pemijahan. Peternak harus bisa menjamin bahwa pemijahan akan sukses. Salah satu cara yang biasanya diterapkan adalah memasangkan 1 ekor betina dengan 2 sampai 3 ekor jantan. Sel sperma yang dihasilkan dan bisa sampai menghasilkan telur tentunya sel sperma yang memiliki kualitas super dan juga prima. Proses pemijahan atau pembuahan ikan koi ini tidak bisa dilakukan di kolam yang sama seperti tempat tinggal ikan koi. Dibutuhkan kolam khusus untuk sesi pemijahan ini. Jam-jam kritis dan paling pas digunakan untuk pemijahan adalah sore hari sekitar pukul 16.00 sampai tengah malam. Anda harus menyiapkan kolam tersendiri atau kolam khusus untuk pemijahan. Kolam pemijahan ini juga tidak sembarangan. Anda harus mengetahui beberapa hal yang harus dipenuhi oleh sebuah kolam pemijahan. Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Biasanya, anak ikan tidak akan langsung dipindah ke kolam utama, karena masih rentan. Sehingga biasanya mereka akan ada di dalam kolam pemijahan. Anak ikan yang menetas 3 sampai 5 hari biasanya masih tidak membutuhkan makanan karena saat lahir mereka juga sudah dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanannya. Hal ini akan sedikit meringankan beban Anda untuk memberi makan ikan. Anda juga harus memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam pelet anak ikan. Anak ikan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk berkembang dibandingkan dengan ikan koi yang sudah dewasa. Ragam Makanan atau Pelet Untuk Ikan Koi

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari membuat pelet atau makanan ikan untuk koi. Koi memang tidak membutuhkan perawatan yang rumit, namun jangan sampai meremehkan makanan dan asal saja memberikan kepada ikan. Ikan berhak untuk mendapatkan nutrisi melalui makanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *