Perencanaan Sebelum Membangun Kolam Koi

Perencanaan Sebelum Membangun Kolam Koi

Perencanaan Sebelum Membangun Kolam Koi

Perencanaan Sebelum Membangun Kolam Koi – Jika anda ingin membangun kolam koi, maka sebelumnya perlu pertimbangan dan perencanaan yang baik agar sesuai yang di inginkan. Pertama-tama yang harus dipertimbangan adalah ketersediaan lahan, seberapa luas lahan yang ada dan sekaligus apakah kolam yang akan anda bangun dapat menambah estetika untuk rumah anda. Apakah penempatan kolam akan berada di dalam ruangan atau di luar ruangan dll.

Perencanaan Sebelum Membangun Kolam Koi

Kolam Koi boleh saja di bangun di dalam atau pun di luar rumah. Bila kolam Koi berada di luar rumah, tentu relatif lebih banyak terkena sinar matahari langsung bila di bandingkan dengan kolam yang berada di dalam rumah.

Jika terdapat alternatif membangun kolam di dalam ruangan (indoor pond) atau di luar ruangan (outdoor pond), berikut ini beberapa pertimbangannya.

Pertanyaan mendasar mengenai hal ini adalah apa untung ruginya antara kola indoor dan outdoor?

  • Intensitas Sinar Matahari

Sebagaimana diketahui, sinar matahari di butuhkan oleh semua makhluk hidup untuk pertumbuhan dan juga menyokong proses penggantian sel-sel yang rusak. Demikian juga dengan Koi oleh sebab itu, Koi yang di pelihara di kolam outdoor tentu akan lebih cepat pertumbuhannya di bandingkan dengan Koi yang berada di dalam rumah. Namun demikian, akibat adanya intensitas matahari penuh, maka dampaknya adalah pertumbuhan ganggang / lumut dan alga bersel satu penyebab air hujan juga begitu pesat. Jadi tidak heran bila air kolam outdoor akan cepat sekali berwarna hijau.

  • Pengaruh Cuaca

Kolam outdoor lebih rentan terhadap perubahan cuaca apa lagi di musim hujan. Curah hujan yang cukup besar sangat mempengaruhi air khususnya untuk kolam mini. Seringkali terjadi masalah terhadap kesehatan Koi setelah turun hujan lebat. Kolam outdoor juga sangat di pengaruhi perubahan suhu udara di luar. Sangat berbeda kondisinya dengan kolam indoor, dimana semuanya itu tak banyak terjadi.

Untuk mengurangi dampak perubahan kondisi air yang ekstrim, dapat di pasang penutup sementara ketika musim hujan tiba.

Perencanaan Sebelum Membangun Kolam Koi

  • Pertumbuhan dan Kualitas Warna Koi

Koi yang terkena sinar matahari langsung, perkembangan warnanya dapat tumbuh dengan sempurna. Beberapa warna tertentu dari Koi antara lain merah, coklat dan khususnya kuning, sangat di pengaruhi oleh intensitas sinar matahari.

Untuk Koi jenis tertentu misalnya Yamabuki Ogon, Hariwake, Chagoi, Ochiba Shigure, Kumonryu dll. Jika di tempatkan pada kolam indoor maka lambat laun warnanya bisa memudar.

  • Perawatan Kolam (Pond Maintenance)

Kolam di luar rumah memerlukan perawatan ekstra, sebab di sana mungkin berada di antara tanaman dan perlu pengawasan terhadap keberadaan binatang lain  sebagai predator yang bisa menganggu atau menularkan penyakit.

Daun-daun kering yang berguguran ke dalam kolam, harus segera di angkat agar tak mengganggu kualitas air kolam. Namun demikian, kolam outdoor sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi filter biologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *