Pakan Koi Yang Baik Untuk Ketahanan Tubuh dan Infeksi Penyakit

Pakan Koi Yang Baik Untuk Ketahanan Tubuh dan Infeksi Penyakit

            Sama halnya dengan manusia. Ikan koi juga membutuhkan banyak vitamin seperti vitamin A, B, C, D, dan K yang sangat penting untuk pertumbuhan ikan koi terutama ikan koi yang masih muda. Fungsi utama dari vitamin ini adalah untuk mencegah segala macam penyakit yang biasa menyerang ikan koi.

Apabila kadar vitamin di dalam tubuh ikan koi kurang maka ikan koi akan sangat rentan untuk terserang penyakit. Misalnya saja vitamin C, vitamin ini akan membantu pembentukan jaringan atau sel baru dan melawan infeksi kuman. Selain itu, vitamin C juga akan membantu dalam penyerapan zat besi dari usus dan dapat memperkuat pembuluh darah. Vitamin penting lainnya yang dibutuhkan oleh ikan koi adalah vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menstabilkan selaput setiap sel, dan mampu melindung sel dari kerusakan. Adapun beberapa penyakit yang dapat menjangkit ikan koi jika kekurangan vitamin adalah sebagai berikut :

Pakan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

  • Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan ikan koi terkena penyakit “popeye”, keterlambatan dalam pertumbuhan, serta menurunnya kualitas kulit atau sisik.
  • Kekurangan vitamin B atau biotin bisa menyebabkan ikan koi menjadi kejang-kejang dan muncul kerusakan jaringan kulit.
  • Kekurangan vitamin B12 pada ikan ikon akan menyebabkan anemia dan nafsu makan akan menjadi berkurang.

Apabila pakan ikan koi yang kita miliki ternyata masih belum  mengandung vitamin, dan karena vitamin merupakan suplemen yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, maka berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan vitamin pada pakan atau pelet:

  1. Siapkan vitamin yang akan ditambahkan dalam pakan, segelas air putih yang matang, semprotan kosong dan juga 1 kg pakan.
  2. Larutkan 2 butir vitamin yaitu 2 butir vitamin C serta 2 butir vitamin B complex
  3. Tuangkan vitamin tersebut kedalam semprotan, kemudian semprotkan secara merata ke pakan koi.

Pakan yang akan dicampurkan vitamin  jangan berlebihan, karena justru akan basah atau bahkan jamuran. Apabila sudah ditambahkan dengan vitamin C maka pakan harus disimpan pada tempat yang teduh, jangan sampai terkena sinar matahari karena vitamin C nya akan puda jika terkena panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *