Mengenal Arwana & Ikan Koi, Ikan Pembawa Keberuntungan

Mengenal Arwana & Ikan Koi, Ikan Pembawa Keberuntungan

Mengenal Arwana & Ikan Koi, Ikan Pembawa Keberuntungan Seharga Miliaran Rupiah

Mengenal Arwana & Ikan Koi, Ikan Pembawa Keberuntungan – Di dunia ini ada banyak sekali ikan hias yang menarik. Mulai dari ikan loohan, ikan arwanan dan ikan koi. Namun tidak semua jenis ikan hias diminati banya orang. Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis ikan hias yang banyak dicari.

Mengenal Arwana & Ikan Koi, Ikan Pembawa Keberuntungan

Salah satu ikan hias itu adalah ikan hias loohan. Ikan hias lohan pernah sangat booming di Indonesia, namun sebelum ikan lohan ini booming ternyata ada ikan yang sebelumnya boomoing di Indonesia yaitu  ikan arwana yang justru telah lama menjadi primadona di kalangan pencinta ikan hias di Indonesia. Ciri khas ikan ini memiliki badan yang panjang dengan bentuk sirip dubur yang terletak jauh di belakang badan. Beberapa jenis ikan arwana memiliki warna sisik yang berbeda-beda.

Dilihat dari asal usulnya, arwana termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah. Banyak nama yang melekat pada ikan tersebut, di antaranya, ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan kelasa.

Ikan Arwana ini juga tersebar di sejumlah negara, termasuk di kawasan Asia Tenggara. Di kawasan ini ikan tersebut sering disebut Arwana Asia atau ikan siluk, dan umumnya memiliki warna keperak-perakkan. Arwana sering juga disebut dengan istilah “ikan naga” karena selalu dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Terdapat sebuah mitos di masyarakat jika memelihara ikan arwana, bisa mendatangkan keberuntungan dan dipercaya bisa menjaga rumah dari arwah pengganggu.

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada empat varietas arwana dengan warna sirip yang berbeda, diantaranya arwana hijau yang dapat ditemukan di sungai-sungai besar di Pulau Sumatera dan Kalimatan. Namun ada juga arwana emas dengan ekor merah, arwana emas, dan arwana merah.

Berbicara soal harga, arwana hijau tergolong paling terjangkau, karena populasinya yang masih cukup banyak dan warna sisiknya yang kurang menyolok.

Arwana yang paling mahal adalah jenis arwarna super red yang berasal dari Kalimantan Barat, tepatnya di Danau Sentarum dan Sungai Kapuas. Sesuai dengan namanya, ciri khas ikan ini memiliki tubuh dan sisik yang berwarna dasar merah. Semakin dewasa akan semakin merah pula warna tubuhnya.

Untuk jenis super red sendiri dibagi menjadi 4 kelompok, arwana Blood Red, arwana Chili Red, arwana Orange Red, dan arwana Golden Red. Harga ikan ini berkisar Rp4 juta – Rp15 juta, semua tergantung pada ukuran dan kondisi si ikan.

Nah, selain ikan arwana, ternyata ada satu lagi jenis ikan hias yang dibanderol dengan harga fantastis, yaitu ikan koi. Berbeda dengan ikan arwana, ikan koi akan semakin mahal jika motif dan warna sisiknya dianggap sempurna dan memenuhi standar.

Untuk  jenis ikan koi paling mahal dan langka di dunia adalah Black Dragon. Bayangkan saja, pada ajang pelelangan ikan koi yang berlangsung di Momotaro Farm, Okayama, Jepang, seekor Black Dragon berhasil dijual seharga hampir Rp2,9 miliar.

Menurut penuturan para ahli, harga tersebut disesuaikan dengan coraknya yang unik dan memiliki tubuh yang sempurna tanpa cacat.

Mengenal Arwana & Ikan Koi, Ikan Pembawa Keberuntungan

Bagaimana? Tertarik untuk memelihara ikan arwana, ikan koi atau ikan loohan? Tentunya berbagai ikan hias ini memiliki penggemarnya sendiri. Termasuk ikan koi yang saat ini menjadi primadona ikanhias di indonesia. Ini tidak terlepas juga dari mitos yang memelihara ikan koi akan mendapatkan keberuntungan. Selain juga karena ikan koi memiliki warna yang sangat indah dan elegan.

Semoga Artikel ini bisa mermanfaat dan membuat Anda tertarik untuk memelihara ikan hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *