Membuat Kolam dari Batu Bata yang Anti Bocor

Membuat Kolam dari Batu Bata yang Anti Bocor

Membuat Kolam dari Batu Bata yang Anti Bocor

Para petani atau penghobi ikan koi tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik untuk ikan-ikan koi kesayangan supaya bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk selalu memastikan ikan koi kesayang merasa nyaman adalah dengan membuat kolam ikan koi yang memadai.

Cara membuat kolam ikan koi sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda mengetahui dasar-dasarnya. Ada banyak sekali material yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kolam ikan. Salah satunya adalah kolam koi dari batu bata. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat kolam ikan koi dari batu bata yang anti bocor. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Membuat Kolam dari Batu Bata yang Anti Bocor

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Dalam memelihara atau budidaya ikan, kolam menjadi salah satu hal penting yang harus mendapatkan perhatian lebih. Hal ini karena keberhasilan dalam membuat sebuah kolam ikan sangat berpengaruh pada keberhasilan kita nantinya dalam budidaya ikan.

Pada intinya, ikan koi dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis kolam ikan. Yang paling penting adalah kolam ikan harus selalu dalam keadaan yang bersih dan air yang Anda gunakan tidak tercemar oleh bahan kimia. Selebihnya, ikan koi peliharaan Anda akan tumbuh dengan baik dengan perawatan standar.

Membuat kolam untuk ikan koi bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika Anda membuat kolam koi secara sembarangan maka sudah pasti kolam yang sudah jadi nantinya tidak dapat berfungsi dengan baik dan ikan koi peliharaan atau budidaya Anda bisa menjadi sangat tidak betah berada di dalamnya. Maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal penting dalam pembuatan kolam ikan koi.

Saya pribadi sempat mendapatkan ilmu penting dari seorang kenalan yang sudah sering membuat kolam ikan permanen dari batu bata, namun ia sendiri lebih suka untuk memelihara ikan koi daripada memelihara ikan konsumsi. Namun meskipun demikian saya berfikir kalau ilmu yang telah dia berikan sangat berguna, walaupun nantinya akan diterapkan pada budidaya ikan lainnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun batu batanya terlebih dahulu sebagai dinding untuk menahan air kolam. Untuk batu batanya ini usahakan untuk memilih batu bata yang memiliki kualitas bagus. Sementara itu, untuk pasir atau abu batu nantinya akan digunakan sebagai perekat atau (spesi) juga usahakan untuk menggunakan pasir dengan kualitas baik.

Jika perlu untuk semennya sebaiknya Anda menggunakan semen gresik, karena menurut teman saya semen gresik ini mempunyai tingkat kekuatan yang bisa dibilang sangat baik dalam menahan tekanan air serta rembesan air. Apabila campuran antara pasir dan semennya bagus, maka dapat dipastikan bahwa dinding bata ini nantinya sudah mempunyai kemampuan kedap air yang cukup baik.

Jika dinding sebagai penahan kolam sudah jadi dibuat, maka dinding harus semakin diperkuat dengan cara melapisinya dengan bahan campuran antara semen dan pasir (plester). Lapisan ini dapat Anda buat dengan kondisi yang kasar terlebih dahulu. Jika sudah maka baru setelah itu lapisi plester tersebut menggunakan acian semen.

Dalam pembuatan acian dinding ini, jangan sampai Anda membuat secara langsung yang tebal, tetapi sebaiknya Anda buat secara berlapis-lapis terlebih dahulu dengan acian yang tipis, lapisan aci ini minimal harus dibuat sampai tiga lapis.

Jadi, dalam mengaci Anda  bisa memakai kuas supaya lapisan yang akan dihasilkan bisa cukup tipis. Jika sudah selesai untuk mengaci yang pertama maka Anda harus menunggu hingga lapisan tersebut benar-benar kering. Kemudian tambahkan lagi lapisan yang berikutnya pada atasnya, lakukan hingga tiga lapisan.

Pada lapisan aci yang terakhir Anda harus menggunakan campuran antara semen dan lem, untuk lem disini Anda bisa menggunakan lem fox putih. Sebenarnya teman saya juga menyarankan supaya lapisan yang paling akhir ini dibuat lebih dari sekali, untuk caranya pun tetap sama yaitu jika Anda sudah selesai melapisi yang pertama, maka Anda harus menunggunya sampai benar-benar kering kemudian diberi lapisan yang baru lagi di atasnya.

Sebenarnya satu lapisan saja bisa dibilang sudah cukup kuat, tetapi meskipun demikian semakin banyaknya lapisan sudah pasti kekuatannya juga akan lebih baik.

Jika menurut Anda pribadi lapisan paling akhir tersebut sudah cukup kuat, maka jika Anda sudah selesai untuk melapisi permukaan kolam terkhir tersebut Anda harus menaburkan bubuk-bubuk semen tepat di bagian atas lapisan yang paling akhir tersebut. Hal ini bertujuan supaya lapisan tersebut nantinya bisa menjadi lebih kuat lagi.

Sebagai lapisan finishing, dinding pada kolam ikan bisa Anda berikan cat pelapis anti bocor. Untuk merk chatnya pun bisa apa saja tergantung Anda sendiri, namun yang paling sering digunaan adalah nodrop atau aquaproof, atau bisa juga menggunakan cat pelapis anti bocor  lainnya yang sejenis dengan itu.

Namun teman saya menyarankan apabila kolam ikan yang sedang Anda buat tersebut nantinya dipakai untuk memelihara ikan koi, maka cat pelapis anti bocor yang paling direkomendasikan untuk digunakan adalah merk flexycoat.

Membuat Kolam dari Batu Bata yang Anti Bocor

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Menurut teman saya, cat pelapis anti bocor dengan merek flexycoat lebih bisa ditoleransi oleh ikan koi. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa ikan koi memang membutuhkan perhatian secara khusus yang melebihi ikan hias jenis lainnya.

Memang dengan menggunakan bahan bangunan yang memiliki kualitas bagus, maka biaya yang akan Anda keluarkan nantinya sudah pasti bisa menjadi lebih banyak. Namun sebenarnya dengan menggunakan bahan bangunan yang memiliki kualitas baik Anda bisa mendapatkan untung di lain waktu penggunaan kolam ikan. Hal ini karena Anda tidak perlu khawatir lagi masalah kebocoran ataupun kerusakan kolam ikan koi dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Jika sudah selesai dalam pembuatan kolam ikan koi ini jangan sampai Anda langsung mengisi kolam tersebut dengan air sekaligus memasukkan ikan. Sebab dikhawatirkan masih ada sisa bahan bangunan yang belum kering atau masih menempel sehingga dapat meracuni ikan koi Anda.

Saya saran untuk mengisi kolam tersebut dengan air terlebih dahulu sampai penuh, kemudian setelah beberapa hari kolam tersebut dikuras. Baru setelah itu kolam ikan koi yang Anda buat sudah bisa digunakan untuk memelihara ikan. Jika pembersihan kolam ikan koi ini Anda lakukan sampai beberapa kali maka hasilnya tentu akan lebih maksimal lagi.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan kali ini mengenai cara membuat kolam dari batu bata yang anti bocor. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua terutama bagi Anda yang sedang ingin membudidayakan ikan koi sehingga dapat memudahkan Anda dalam membuat kolam ikan koi serta ikan koi Anda nantinya bisa nyaman dan tumbuh dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *