Manfaat Pelihara Ikan Koi di Rumah

Manfaat Pelihara Ikan Koi di Rumah

Manfaat Pelihara Ikan Koi di Rumah

DuniaKoi – Memelihara ikan di akuarium atau kolam ikan di rumah memang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh para pemelihara ikan koi adalah rasa nyaman ketika melihat ikan berenang dengan bentuk dan warna yang unik-unik.

Manfaat Pelihara Ikan Koi di Rumah

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Ikan koi merupakan jenis ikan mas yang berasal dari Jepang. Ikan yang memiliki corak indah dan juga beragam ini banyak digemari oleh orang Indonesia.

Namun menurut fengshui, ikan koi dipercaya akan mendatangkan keberuntungan di bidang karier maupun rumah tangga bagi yang memeliharanya. Sehingga banyak orang yang termotivasi untuk memelihara ikan koi di rumah.

Selain itu dengan memelihara ikan koi dapat menambah nilai estetika yang bisa membuat rumah menjadi elegan dan bisa memperindah rumah jika kamu memilhara ikan koi. Berikut manfaat memeliharaikan koi yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/8/2019).

  1. Mengurangi stres

Memelihara ikan koi dapat menghilangkan stres. Ada efek menenangkan dari suara gemercik air akuarium atau kolam ikan dan warna-warna ikan koi yang beragam. Sehingga akan membuat suasana hati tenang. Nikmati bermain dengan ikan koi kamu di rumah.

  1. Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan jenis penyakit demensia atau pikun. Jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan fungsi daya ingat, memecahkan masalah, dan gangguan fungsi otak lainnya.

Namun penyakit ini bisa diobati secara perlahan. Salah satu cara mengobati penyakit alzheimer adalah dengan melihat ikan koi secara rutin.

Gerakan ikan yang gesit dapat membuat seseorang mudah berpikir. Hal ini tanpa disadari dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu dengan membiasakan melihat ikan koi, psikis dan tingkah laku penderita Alzheimer dapat diperbaiki.

3.      Membantu Penyakit Autis pada Anak

Penyakit autis merupakan penyakit yang sering diderita pada usia anak-anak. Jenis penyakit yang terjadi karena gangguan komunikasi serta gagguan interaksi sosial seseorang.

Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit ini. Salah satunya dengan melakukan terapi memelihara ikan koi di rumah akan membuat emosi dari anak penderita Autis akan kembali ke dalam keadaan yang normal lagi.

4.      Memelihara Ikan Koi Menambah Nilai Estetika Rumah

Selain menjadi penghilang stres, memelihara ikan koi dapat menambah estetika dan mempercantik rumah. Ikan koi dan akuarium atau kolam ikan biasanya memiliki warna yang menarik dan enak dipandang mata.

Namun keindahan itu tentunya dengan dukungan tata letak akuarium atau kolam ikan yang baik pula.

5.      Mendatangkan Keberuntungan

Dari segi mitos, beberapa jenis ikan koi yang memiliki harga fantastis diyakini mampu mendatangkan hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya.

Namun, dari segi pebisnis, memelihara ikan koi bisa mendatangkan keberuntungan karena ikan peliharaannta dapat dijual kembali dengan harga yang juga fantasis. Dengan cara mengembangbiakkan ikan koi, seorang pemelihara ikan yang sudah mahir akan semakin meraup keuntungan.

Keuntungan memelihara kolam koi di dalam rumah.

  1. Kolam ikan koi meningkatkan kadar estetika dari sebuah rumah

Tidak ada seorang pun yang menyanggah adanya penampilan estetik dari sebuah kolam ikan koi sebagai properti rumah. Tidak masalah rumahmu memiliki desain apa, sebuah kolam ikan koi di dalam rumah bisa menambahkan nilai estetika yang bisa membuat rumah menjadi lebih elegan dan bisa memperindah taman atau rumah.

  1. Memiliki kolam ikan koi di rumah bisa menormalkan tekanan darah

Memiliki sebuah kolam ikan koi di rumah atau di taman adalah salah satu pelepas stress yang kamu alami. Apalagi dengan adanya tekanan dari pekerjaan yang sering dialami membuat tekanan darah juga ikut naik. Adanya penyakit dan juga anxiety disorder bisa dialami oleh siapapun.

Dengan memiliki kolam ikan koi di rumah rupanya bisa menjadi salah satu stress reliever yang manjur. Selain itu, kolam ikan koi juga mampu menghilangkan perasaan negatif dalam diri. Aliran air yag ada di kolam ikan koi bisa meningkatkan rasa nyaman pada waktu yang sama.

  1. Ikan Koi adalah hewan peliharaan terbaik

Jika kamu ingin memiliki alasan untuk bermain-main di tamanmu, kamu bisa bermain dengan ikan koi di kolam ikan koi. Ikan koi sangat menyukai sesi ketika berinteraksi dengan manusia, apalagi ketika sedang makan.

Ikan koi juga tidak butuh banyak perawatan dan sangat jinak dengan manusia. Kolam ikan koi memiliki biaya perawatan yang rendah sehingga bisa diaplikasikan dengan mudah.

Dengan merawat kolam ikan koi, kamu juga bisa mengajari anak-anak untuk bertanggung jawab ketika merawat ikan di dalam kolam ikan koi. Dengan adanya kolam ikan koi ini, kamu bisa merasakan lingkungan alam yang sehat sekaligus pengalaman belajar yang menyenangkan buat anak kecil.

  1. Kolam ikan koi bisa membawa keuntungan sosial yang tinggi

Mungkin agak terkejut ketika mendengar apa sebenarnya keuntungan sosial dari memiliki kolam ikan koi. Tapi ketika kamu memiliki kolam ikan koi di rumah, kolam ini akan membantumu untuk berhubungan dengan keluarga atau orang lain untuk berbagi passion atau hobi memelihara ikan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam.

Manfaat Pelihara Ikan Koi di Rumah

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Orang yang memiliki kolam ikan koi sendiri di rumah sangat suka berbagi pengalaman tentang merawat kolam ikan koi mereka melalui social gathering bersama dengan orang yang memiliki hobi yang sama.

  1. Kolam ikan koi dipercaya membawa kuntungan bagi pemiliknya

Dalam kepercayaan yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, memiliki kolam ikan koi sendiri dipercaya akan selalu mendapat keberuntungan. Dari negara asalnya, Jepang, ikan koi memiliki 174 jenis namun yang dikenal memang hanya beberapa saja seperti ikan koi kohaku, ikan koi sanke dan ikan koi showa.

Memiliki kolam ikan koi di rumah dipercaya membawa keberuntungan karena sifat dari ikan koi yang berumur relatif panjang hingga 200 tahun, warna-warni yang beragam, lemah lembut dan jinak. Kata koi sendiri dalam penulisan Jepang memiliki dua makna. Yang pertama adalah koi untuk ikan dan makna yang kedua adalah koi untuk murni atau sempurna.

Dari kepercayaan tersebut, adapun kolam ikan koi dibagi berdasarkan warna dari ikan koi itu sendiri. Diantaranya:

  • Ikan koi emas menyimbolkan kekayaan dan kesejahteraan
  • Ikan koi perak menyimbolkan kesuksesan dalam usaha
  • Ikan koi hitam yang memiliki makna kesuksesan dalam berusaha
  • Ikan koi putih yang memiliki simbol makna keunggulan dalam kedudukan sosial baik dalam karier maupun dalam berkeluarga
  • Ikan koi merah yang memiliki simbol sukses dalam urusan percintaan dan romansa.

Selain dalam kepercayaan Jepang, adapun menurut kepercayaan feng shui, jumlah ikan koi yang ada di kolam ikan koi juga bisa mempengaruhi keberuntungan. Dalam kepercayaan tersebut angka ganjil seperti 3 dan 7 adalah simbol dari keberuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *