Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam – Keberadaan air hijau tentu akan mengganggu pemandangan kolam. Namun demikian sesungguhnya Koi justru lebih suka hidup di air hijau. Air kolam yang tampak hijau sebenarnya adalah warna dari tumbuhan bersel satu yang di kenal dengan Algae.

Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Terdapat berbagai jenis algae yang memiliki bermacam-macam warna. Biasanya yang seringkali di temukan di kolam adalah algae yang berwarna hijau atau sedikit kecoklatan, Algae bukanlah lumut yang menempel di dinding kolam, namun keduanya sangat bermanfaat bagi Koi. Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Manfaat Algae bagi Kehidupan Koi

Algae adalah sejenis tumbuhan ganggang bersel satu dan tidak terlihat tanpa menggunakan alat ( mikroskop ). Yang tampak hanya sebatas warnanya yang hijau. Algae sangat mudah tumbuh di air kolam apa lagi untuk kolam di luar rumah yang mana terkena sinar matahari penuh sepanjang hari. Algae hidupnya melayang-layang di dalam air kolam.

Sinar matahari adalah faktor utama yang mempercepat tumbuhnya algae. Semakin tinggi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kolam anda, maka semakin besar pula kemungkinannya bagi algae untuk tumbuh dan berkembang-biak. Algae juga berperan dalam mengurangi kadar Ammonia di dalam air kolam, sebab Algae juga mengkonsumsi Nitrogen sebagai makanannya. Selain itu dari proses fotosintesis juga menghasilkan surplus oksigen.

Keberadaan Algae sesungguhnya adalah bagian dari filter alami yang berguna untuk mengurangi kadar ammoniak sekaligus menambah oksigen yang larut di dalam air kolam.

Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Bagaimana cara mengatasi air hijau?

Ini adalah hal yang paling sering ditanyakan oleh para pemelihara koi. Hampir semua pemilik kolam outdoor menanyakan hal yang sama terkait dengan kondisi air kolamnya yang berwarna hijau. Sebagaimana telah di paparkan di atas, bahwa faktor dominan yang menyebabkan tumbuhnya algae adalah sinar matahari. Oleh sebab itu, cara termudah untuk mengurangi kepekatan air hijau di kolam anda adalah dengan cara menghalangi atau mengurangi tingkat intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kolam. Jika kolam anda berada di luar rumah terkena sinar matahari langsung, ada beberapa cara yang bisa di lakukan antara lain :

  1. Dengan memasang penutup (gazebo) atau dengan menggunakan jaring (paranet). Bisa juga dengan menanam pohon yang daunnya rimbun di sekitar kolam. Selain menambah kesan natural, hal ini diharapkan dapat mengurangi intensitas sinar matahari karena terhalang oleh rimbunnya dedaunan.
  2. Alternatif lainnya adalah dengan memperbesar ruang filter. Dengan bertambahnya volume ruang filter maka kapasitas filter biologi juga akan meningkat, sehingga hal ini dapat mengurangi pertumbuhan algae.
  3. Memperbanyak tanaman air sebagai media filter, semakin banyak tanaman air yang ada maka semakin mengurangi kemungkinan tumbuh algae penyebab air hijau.
  4. Bila dengan menggunakan cara di atas belum bisa menyelesaikan permasalahan, maka alternatif terakhir yang bisa di lakukan adalah dengan memasang lampu UV ( Ultra Violet ). Manfaat dari Air Hijau ( Green Water ) Pada Air Kolam

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *