9 Langkah Mudah Membuat Kolam Ikan di Rumah, Jangan Lupa Tabur Garam Daur!

9 Langkah Mudah Membuat Kolam Ikan di Rumah, Jangan Lupa Tabur Garam Daur!

9 Langkah Mudah Membuat Kolam Ikan di Rumah, Jangan Lupa Tabur Garam Daur!

Langkah membuat Kolan Ikan di Rumah – Halo ikan koi lovers… Apakah Anda penggemar ikan Koi? Jika iya sebagai pecinta ikan Koi  tidak bisa dipungkiri jika memelihara ikan koi pastinya kolam ikan menjadi hal yang paling penting untuk Anda perhatikan. Jika anda telah menentukan lokasi dan gayanya, buatlah sketsa atau gambar rancangan kolam ikan koi terbaik yang bisa Anda buat. Hal ini karena dengan kolam ikan koi yang terbaik yang bisa Anda siapkan tentunya akan membuat ikan koi  yang memiliki warna elegan dan indah akan semakin bersinar dengan kolam ikan koi dengan desan yang maximal.

Langkah membuat Kolan Ikan di Rumah

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Kesehatan air kolam ikan koi salah satunya adalah kandungan garam. (joeleriksson.com)

Selain menyiapkan desain da gaya kolam ikan kemudian, persiapkan juga material untuk membuat kolam ikan koi Anda. untuk bahan – bahan yang perlu Anda persiapkan yaitu semen, pasir, waterproofing, filter, keramik, serta rangka besi.

Mengenai bahan kerangka besi ini menurut konsultan lanscape Pradipto dari Lanscape Incorporated yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pradipto menyatakan bahwa rangka besi yang diperlukan untuk memuat kolam ikan di rumah paling tida harus berukuran 10 mm sebagai penguat dan penyambung cor-coran.

Berdasarkan gambar rancangan kolam, lakukanlah proses kerja secara berurutan agar hasil akhirnya memuaskan. Untuk proses pengerjaan pembuatan ikan kolam di rumah yaitu sebagai berikut :

  1. Penggalian tanah harus dilakukan sesuai kedalaman yang dibutuhkan.

Untuk koi lokal kedalamannya 80—100 cm, sedangkan koi impor membutuhkan kedalaman 100—200 cm. Persiapkan juga instalasi pipa filter dan saluran air dengan benar.

  1. Setelah lantai kerja siap, pasanglah rangka besi pada seluruh “badan” kolam.
  2. Lakukan pengecoran ke seluruh lantai kerja di kolam, juga di area filter.

Dalam proses ini yang perlu diperhatikan, kondisi tanah harus sudah kering dan pengecoran dilakukan secara sekaligus agar terhindar dari kemungkinan retak di kemudian hari.

  1. Langkah selanjutnya adalah memplester dan mengaci.

Untuk tahapan terakhir, berilah lapisan waterproofing untuk mencegah air kolam merembes ke luar. Yang selanjutnya, permukaannya bisa juga ditutup dengan keramik atau batu alam sesuai selera.

  1. Setelah kolam kering, jangan langsung diisi ikan karena airnya masih berbau semen.

Selanjutya adalah Sistem filterisasi dan pompa juga mesti diuji coba dulu hingga Anda yakin telah berfungsi dengan baik.

  1. Setelah dirasa cukup kering, kolam diisi air dan dibiarkan semalam, lalu pagi harinya air dikuras.

Dalam proses ini lakukan pengurasan 4 hari berturut-turut, bahkan lebih baik lagi jika sampai 2 minggu.

  1. Taburkan probiotik ke dalam kolam.

Probiotik adalah bakteri starter berupa serbuk atau cairan yang bisa ditaburkan di kolam filter ataupun langsung di kolam ikan. Pemberian probiotik ini memiliki tujuan agar kolam bisa cepat diisi ikan koi.  Pastinya anda juga tidak sabar bukan agar segera bisa menaruh ikan koi Anda di kolam.

Langkah membuat Kolan Ikan di Rumah

  1. Terakhir, beri garam dapur sebagai penetralisir air, dan taburkan obat pembasmi jamur dan kutu.
  2. Selanjutnya, jika airnya sudah jernih yaitu sekitar 7—10 hari, kolampun siap dihuni koi.

Untuk kolam yang masih baru mulai dengan koi “biasa”. Jika dalam 2 bulan terlihat tetap sehat, berarti kondisi air sudah bagus, dan Anda tak perlu khawatir memasukkan koi-koi pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *