Lampu UV Mencegah Air Hijau di Kolam Koi

Lampu UV Mencegah Air Hijau di Kolam Koi

Lampu UV Mencegah Air Hijau di Kolam Koi

Lampu UV Mencegah Air Hijau di Kolam Koi – Lampu UV sebagaimana namanya adalah sebuah lampu yang menghasilkan sinar UltraViolet (UV). Lampu UV banyak di yakini sebagai senjata ampuh untuk menghilangkan air hijau di kolam Koi. Sepintas tak ada masalah dan memang benar, bahwa lampu UV bisa digunakan untuk memberantas air hijau.

Lampu UV Mencegah Air Hijau di Kolam Koi

Radiasi Sinar UV

Sebelum jauh melangkah ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, tentang apa yang disebut sinar Ultra Violet? Ini sangat penting untuk diketahui oleh pemelihara Koi, bahwa Sinar Ultra Violet atau Ultra Ungu secara teoritis adalah sinar dengan panjang gelombang antara 100 s/d 400 mn. Semakin panjang gelombangnya maka semakin besar dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Sinar UV adalah bagian dari sinar matahari, oleh sebab itulah mengapa kulit kita menghitam kala terkena sinar matahari di siang hari karena dampak dari sinar ini.

Meski demikian, radiasi sinar UV banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk diantaranya adalah dalam proses sterilisasi air, sebab sinar ini dalam jarak tertentu dapat membunuh mikroorganisma. Tak heran bila lampu UV sangat besar manfatnya yaitu terutama digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman dalam industri yang memproses air minum dalam kemasan.

Lampu UV

Apa itu lampu UV? Lampu UV yaitu lampu untuk memproduksi sinar ultra violet buatan. Karena panjang gelombangnya sama dengan sinar UV pada sinar matahari, maka radiasi dari lampu UV juga memberi dampak kerusakan.

Lampu UV tak bisa memilih mikroorganisma mana yang di rusak atau tidak di rusak. Semua mikroorganisma yang terkena sinarnya pada jarak tertentu pasti akan mati, tidak pandang bulu. Hal ini sangat penting harus di pahami ketika akan menggunakan lampu UV di dalam kolam Koi.

Sebagaimana diketahui, bahwa di dalam air kolam terdapat banyak sekali mikroorganima yang tidak kasat mata yaitu berupa bakteri dan Algae (tumbuhan bersel satu). Sedangkan bakteri yang ada di dalam kolam koi yaitu dalam hal ini adalah bakteri nitrifikasi, sangat bermanfaat untuk mengurai Ammonia. Jadi, ketika anda menggunakan Lampu UV dengan tujuan untuk membunuh Algae maka pada saat yang sama, bakteri yang bermanfaat tersebut juga ikut mati. Oleh sebab itu anda harus menggunakannya dengan cara yang benar.

Mengapa harus menggunakan Lampu UV?

Ini adalah pertanyaan yang sangat mendasar, sedangkan kita tahu bahwa sinar UV (Ultra Violet) bisa merusak bakteri bermanfaat yang ada di kolam Koi. Oleh karena adanya dampak pengerusakan pada mikroorganisma maka sesungguhnya penggunaan lampu UV di kolam Koi tidak disarankan.

Mengapa demikian?

Sebab bila anda sekadar ingin agar kolam Koi anda bening, tentu masih ada cara lainnya yang lebih bersahabat dengan ekosistem di dalam kolam. Jangan mudah menyerah dan mencari jalan pintas dengan menggunakan lampu UV untuk menyelesaikan masalah air hujan di kolam anda. Terlebih dahulu, usahakan membangun sistem filtrasi yang baik dan benar, agar air kolam anda bening secara alami tanpa menggunakan Lampu UV.

Lampu UV Mencegah Air Hijau di Kolam Koi

Kotoran Koi dan sisa pakan yang mencemari air kolam juga dapat mempercepat tumbuhnya Algae, oleh sebab itu sediakan ruang filter dengan kapasitas yang cukup memadai sehingga proses filterasi dapat berfungsi dengan baik.

Bagaimana bila sudah menggunakan Sistem Filtertapi air kolam  masih tetap hijau?

Apa boleh buat? Jika terpaksa menggunakan lampu UV untuk membasmi Algae, maka tempatkan lampu UV pada posisi yang tepat.

Dimana sebaiknya lampu UV di pasang?

Tempatkan Lmpu UV di dalam bakfilter yaitu pada ruang kosong terakhir dimana tidak terdapat media filter sebab koloni bakteri nitrifikasi banyak terdapat di sela-sela media filter. Dengan demikian, tingkat pengerusakan terhadap bakteri nitrifikasi dapat dikurangi. Lokasi lainnya sebagai penempatan lampu UV bisa juga di dalam kolam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *