Kolam Renang Milik Pemda Ciamis Di Sulap Jadi Budaya Ikan Koi

Kolam Renang Milik Pemda Ciamis Di Sulap Jadi Budaya Ikan Koi

Kolam renang Tirta Winaya milik Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis tidak terurus.Hal ini dikeluhkan para pengunjung yang sengaja ingin berenang di kolam renan yang dibangun sejak zaman Belanda itu.

Dalam pantauan di lapangan, sejumlah fasilitas di dalam kolam renang Tirta Winaya sudah banyak yang rusak.Terlihat dari fasilitas yang ada di dalamnya tidak terawat, di toilet kolam renang banyak corat coret sehingga terkesan kumuh. Selain itu toilet juga bau pesing sementara pembuangannya tersumbat. Sehingga mengakibatkan lantai toilet tergenang air.

Selain toilet, lantai kolam renang terlihat berwarna hitam, sementara air kolamnya pun berwarna hijau. Pengunjung mengatakan apabila pihak pemerintah tidak sanggup untuk merawat dan mengelolanya, coba bekerja sama dengan pihak swasta agar nantinya bisa dikelola secara profesional.

Apalagi kolam renang Tirta Winaya sering dipakai latihan oleh atlet muda Ciamis untuk persiapan mengikuti kejuaraan-kejuaraan renang ataupun selam.Selain kondisinya yang perlu pembenahan, pengunjung juga merasakan gatal-gatal sesudah berenang di kolam renang Tirta Winaya tersebut.

Sangat prihatin dan menyayangkan dengan kondisi kolam renang ini. Sebab, selain tidak sehat juga perlu pengelolaan dan perawatan yang benar.Jika kolam renang tersebut dikelola dan dirawat dengan baik, tentunya akan menjadi salah satu pendapatan asli daerah (PAD).

Kolam Renang Milik Pemda Ciamis Dijadikan Budidaya Ikan KOI
Foto udara pengunjung berenang di Kolam Renang Tirta Winarya, Sindangrasa, Kabuapten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). . ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

PEMKAB Ciamis Kembangkan Pariwisata Berbasis Perikanan

Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini bekerja sama dengan Pembudi Daya Perikanan Ciamis (PPC) mengembangkan pariwisata yang berbasis perikanan di kawasan bekas kolam renang Tirta Winaya di Kecamatan Ciamis yang nanti terintegrasi dengan konsep wisata lain di Ciamis.

Bupati mengapresiasi gerakan pengurus PPC yang sudah berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan budidaya ikan dan pariwisata berbasis perikanan.

Bupati juga mengintruksikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)yang menangani pemeliharaan dan pengelolaan tempat wisata agar menjaga benih ikan koi untuk dirawat dan dipelihara sehingga nanti memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Pembudidayaan ikan koi memiliki potensi yang bagus dari segi bisnis karena menjanjikan dengan harganya yang mahal dan peminatnya juga banyak.

Benih Ikan KOI 4 Ribu Ditebar Bupati Ciamis Di Bekas Kolam Tirta Winaya
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menebar 4 ribu benih ikan koi pada acara Sinergitas Pembudayaan Perikanan Ciamis (PPC) dengan Pemerintah Daerah Ciamis di bekas kolam renang Tirta Winaya, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan/Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut diselenggarakan PPC dalam rangka Penebaran Benih Ikan Koi untuk Pengembangan Pariwisata Berbasis Perikanan. Benih ikan tersebut merupakan hibah yang diberikan oleh PPC kepada pemerintah Kabupaten Ciamis.

Ia mengingatkan kepada SKPD teknis yang menangani pemeliharaan dan pengelolaan tempat wisata agar benih ikan koi yang ditebar dirawat dan dipelihara.

Kolam Renang Milik Pemda Ciamis Dijadikan Budidaya Ikan KOI
Foto udara pengunjung berenang di Kolam Renang Tirta Winarya, Sindangrasa, Kabuapten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). . ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Menurut Herdiat, pembudidayaan ikan koi termasuk potensi yang bagus dari segi bisnis menjanjikan dengan harganya yang mahal dan peminatnya juga banyak.

Melalui penebaran ikan koi ini, diharapkan mampu memotivasi masyarakat dalam usaha pembudidayaan ikan.

Bupati Ciamis pun juga merencanakan untuk membangun wisata Tirta Winaya untuk menjadi tempat wisata yang terintegrasi.

Sementara ketua PPC, menuturkan kegiatan penebaran ikan koi ini diharapkan bisa memberikan andil di bidang pariwisata di Ciamis.

Ia juga menerangkan PPC merupakan wadah silaturahmi antara pembudidaya perikanan di Kabupaten Ciamis.

Sumber : suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *