Jenis Kolam Koi Ideal dan Proses Pembuatannya

Jenis Kolam Koi Ideal dan Proses Pembuatannya

Jenis Kolam Koi Ideal dan Proses Pembuatannya

Taman adalah salah satu bagian di rumah yang paling cocok dijadikan untuk bersantai. Ada banyak pemandangan indah yang bisa Anda dapatkan dengan duduk bersantai di taman. Jika Anda menyukai taman dan kebetulan juga menyukai berbagai macam jenis ikan hias, maka Anda harus bersyukur. Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara. Salah satu diantaranya adalah ikan koi. Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara di rumah.

Jenis Kolam Koi Ideal dan Proses Pembuatannya

Ikan koi hanya membutuhkan kolam ikan dan peralatan untuk merawatnya saja. Anda bisa memulai dengan mempersiapkan alat dan bahan. Yang pertama kali harus Anda persiapkan adalah design dari kolam ikan yang Anda inginkan. Gambaran tentang bagaimana model kolam, akan berbentuk apa dan akan dihias apa harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum mulai untuk membangun kolam. Setelah Anda tahu bagaimana design lanjutan dari kolam yang akan Anda bangun, mulailah untuk mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan ini berbeda-beda, tergantung apa saja yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda pasti akan membutuhkan alat untuk menggali tanah seperti sekop dan juga cangkul. Anda juga akan membutuhkan meteran untuk mengukur berapa diameter dan juga kedalam kolam. Tentang bahan, ada baiknya Anda pergi ke toko bangunan sambil bertanya apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk membangun kolam ikan. Orang yang bekerja di toko bangunan tentunya akan lebih mengerti dibandingkan dengan orang awam.

Jangan lupa untuk menyiapkan tanaman air. Tentunya Anda tidak bisa membiarkan kolam ikan tersebut sepi tanpa hiasan atau tanaman apapun bukan? Beli saja apa yang sekiranya tidak berat. Jika nanti setelah kolam berdiri masih kurang, maka tinggal menambahkan saja hiasan dan juga tanaman air yang ada di dalam kolam. Hal penting lainnya yang tidak boleh sampai ketinggalan adalah jenis tanah yang akan digunakan.

Anda perlu sekali untuk menganalisa, jenis tanah apa yang dimiliki oleh lahan yang akan dijadikan kolam ikan. Apakah tanah tersebut tanah liat, tanah berbatu atau jenis tanah yang lainnya. Alat dan bahan persiapan pembuatan kolam tentunya juga perlu menyesuaikan dengan jenis tanah yang ada. Tidak mungkin tanah berbatu hanya akan dibekali dengan sekop saja tanpa alat yang lainnya. Membangun kolam ikan adalah pekerjaan yang cukup berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri. Anda bisa saja meminta tolong kepada teman atau saudara untuk membantu. Namun jika tidak ingin merepotkan, tentu Anda bisa meminta tolong kepada tukang bangunan dan didatangkan ke rumah. Anda juga bisa memaparkan ide dan design yang Anda inginkan untuk kolam ikan hias.

Jenis Kolam Koi Ideal dan Proses Pembuatannya

Masalah ukuran, ada banyak sekali variasi ukuran kolam ikan yang bisa Anda pilih. Ukuran kolam akan sangat bergantung kepada lokasi yang Anda pilih. Untuk bentuk, kolam ikan ini bisa dibentuk memanjang, melingkar, persegi, atau bentuk yang tidak beraturan sesuai dengan design dan juga gambaran yang Anda buat. Namun ada satu hal yang perlu diingat sebelum membuat kolam dengan design sendiri. Usahakan untuk tidak ada satupun sudut mati di dalam kolam. Yang dimaksud dengan sudut mati adalah sudut yang sulit untuk mendapatkan aliran air saat sedang ada pengaliran air atau pergerakan air. Anda bisa mengakali sudut mati ini dengan meletakkan pancuran di tempat sudut mati, atau membuat bagian tepi dari sudut mati ini menjadi miring.

Ada beberapa jenis kolam ideal yang bisa Anda jadikan referensi. Kolam ikan koi yang bagus adalah kolamnya terletak di bagian bawah permukaan tanah. Jika kolam menunjukkan bagian punggung ikan koi secara keseluruhan, maka kolam tersebut termasuk kolam yang ideal. Keindahan punggung ikan koi ini bisa Anda nikmati setelah kolamnya jadi. Mari berlanjut ke kolam ideal yang bisa dijadikan referensi. Yang pertama adalah kolam berbentuk setengah persegi panjang. Jika Anda memiliki pohon di salah satu tepian, maka Anda bisa membuat sudut terseut menjadi 90 derajat mengikuti bentuk pohon yang sudah ada. Di dalam kolam ini juga ada dua pancuran air yang digunakan untuk pengaliran air juga. Pancuran ini diletakkan bersebelahan dan letakknya diatas melebihi dari tinggi kolam keseluruhan. Dengan kolam model ini, ikan koi akan tampak sangat indah dan pergerakan dari ikan koi juga bisa semakin terlihat.

Model kedua adalah dengan tertutup kayu. Ada orang yang memiliki rumah namun lantainya adalah lantai kayu. Anda bisa meletakkan atau membuat kolam ikan di bawah lantainya. Misalnya setengah kolam dan setengah lantai. Anda bisa menambahkan dekorasi lain agar tampak natural, seperti batu atau daun-daunan. Pancuran bisa diletakkan di bagian pinggir dari lantai. tambahkan juga sedikit batu yang bisa dijadikan pijakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membersihkan kolam.

Jika Anda ingin kolam ikan yang minimalis, Anda bisa membentuk kolam ikan Anda seperti di Jepang. Bentuknya seperti selokan yang lebar, ditambah dengan tumbuhan-tumbuhan berwarna hijau. Dengan model kolam seperti ini, Anda bisa memastikan bahwa ikan akan mendapatkan asupan sinar matahari yang pas dan juga dibutuhkan untuk kesehatan si ikan. Pancuran bisa diletakkan agak tinggi di bagian dinding atau juga bisa di bagian pinggiran kolam. Tambahkan ubin kasar di bagian pinggir kolam agar memudahkan Anda untuk membersihkan kolam jika sudah tiba waktunya.

Jenis Kolam Koi Ideal dan Proses Pembuatannya

Bagian dasar dari kolam ikan koi lebih baik bila dibuat miring. Mengapa demikian? Dasar yang miring ini bisa memudahkan Anda untuk melakukan pengurasan atau pengurangan air. Tentunya Anda harus membersihkan kolam sekitar 2 sampai 3 bulan sekali agar tidak ada kotoran yang mengganggu kesehatan ikan. Selain memudahkan proses pembersihan, dasar yang miring ini juga nyaman untuk ikan. Ikan tidak akan suka dengan tempat yang rendah karena mereka berkelompok-kelompok. Hal ini akan membuat ikan tidak akan mendekati bagian paling bawah. Kolam Koi Ideal

Di sisi lain, kotoran ikan akan turun menuju tempat yang paling rendah sehingga kemungkinan ikan keracunan kotorannya sendiri sangat kecil. Jangan lupa juga untuk membuat saluran pembuangan ikan. Backwash atau pencucian kolam adalah hal yang sangat penting dan sulit untuk dilakukan apabila tidak ada saluran pembuangan di dalam kolam. Jika Anda tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan teknologi yang bisa mengganti air di dalam kolam ikan dengan air mengalir. Tinggal dipasang saja dan air akan terganti dengan sendirinya. Namun ini juga tidak boleh menjadi alasan tidak membersihkan kolam ikan, karena kotorannya juga masih akan menumpuk disana. Itu dia beberapa model dan penjelasan tentang kolam ikan koi. Semoga Anda bisa menciptakan kolam ikan koi sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Semangat membuat kolam dan merawat ikan hias jenis koi di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *