Mau Kolam Ikan Bersih? Mudah! Harus Diperhatikan Hal ini!

Mau Kolam Ikan Bersih? Mudah! Harus Diperhatikan Hal ini!

Mau Kolam Ikan Bersih? Mudah! Harus Diperhatikan Hal ini!

Anda Mau Kolam Ikan Bersih, Ini Hal yang Harus Diperhatikan! Mudah!

Kolam Ikan Bersih –  Para pecinta ikan koi pasti setuju jika Kolam yang baik, selain sehat untuk pertumbuhan ikan, tentunya harus menambah nilai estetika pada rumah Anda. apalagi  jika kolam ikan Anda di isi oleh berbagai ikan hias yang sangat menarik. Seperti ikan koi misalnya atau ikan hias air tawr lainnya.

Mau Kolam Ikan Bersih? Mudah! Harus Diperhatikan Hal ini!

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Keberadaan kolam sebagai penghias rumah bisa dibuat di dalam atau di luar rumah sesuai ketersediaan ruang. Bahkan ada juga yang membuat kolam di atas rumah. Hal ini untuk menambah keunikan karena keterbatasan ruang.

Namun, yang perlu diperhatikan saat merancang kolam hal yang penting untuk diperhatikan adalah rancangan bentuk dari kolam ikan yang Anda buat.

Selain itu dalam pembuatannya harus teliti agar tidak terjadi kebocoran yang merepotkan dan boros air kolam.

Dalam membuat kolam ikan juga harus memperhatikan bahannya juga, berdasarkan bahan ada beberapa jenis kolam yaitu  kolam semen (beton), kolam tanah, kolam fiber, dan kolam plastik.

Dan yang   paling sering menghiasi rumah adalah kolam semen. Hal ini  karena bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan selera, ketersediaan lahan, dan kedalaman yang diperlukan.  Maka itu  kolam semen  ini menjadi banyak pilihan para pecinta ikan koi.

Kolam ikan Formal atau Kolam ikan  Informal?

Perlu Anda ketahui bahwa secara umum kolam ikan dibedakan dalam 2 macam, yaitu kolam  ikan  formal dan kolam  ikan informal.

Untuk Bentuk kolam  ikan formal umumnya simetris dengan garis tepi yang tegas dan kaku. Untuk kolam jenis ini sesuai gaya rumah minimalis saat ini, kolam gaya formal sering dipilih sehingga orang sering menyebutnya kolam gaya minimalis tropis atau modern minimalis.

Dan sebaliknya kolam informal bentuknya tidak lurus melainkan lebih bervariasi, misalnya bulat, oval, berkelok, atau bahkan angka delapan.

Dan di antara kedua pilihan tersebut berkembanglah bentuk kolam yang mengikuti budaya tertentu, misalnya gaya Jepang, Eropa, atau Bali. Yang saat ini lumayan di gandrungi oleh para pecinta ikan koi.

Perawatan Kolam ikan

Apabila kolam ikan Anda dilengkapi dengan sistem filterisasi yang baik, maka ke depannya perawatan kolam dan ikan koi di dalamnya pun akan mudah karena air yang telah difilter sudah dianggap aman.

Naah… Agar kolam ikan terjaga kesehatannya, perhatikan lingkungan di sekitar kolam, untuk lingkungan perhatikan beberapa hal berikut :

 

  1. Sampah yang jatuh ke dalam kolam harus segera diambil.

Hal ini sangat penting. Jangan sampai sampah membusuk dan menyebabkan tumbuhnya bakteri yang nantinya bisa ikut merebut pasokan oksigen di dalam kolam. Sampah yang membusuk juga menghasilkan amonia yang bisa meracuni kolam.

  1. Menaburkan zat antibiotik, zat pencegah penyakit, dan pencerah warna setidaknya 30 hari sekali sesuai kapasitas kolam.

Dalam kolam ikan Zat ini dibuat sedemikian aman agar tidak menghambat atau mematikan bakteri yang bermanfaat di dalam filter.

  1. Perhatikan, jika air sering menyusut secara drastis, berarti telah terjadi kebocoran pada kolam.

Hal ini  bisa terjadi jika beton atau lapisan waterproofing rusak sehingga air merembes.sehingga air dalam kolam. Jika Anda mengalami ini untuk mengatasinya tak ada cara lain, selain menguras dan menambal daerah yang diduga menjadi sumber kebocoran.

Mau Kolam Ikan Bersih? Mudah! Harus Diperhatikan Hal ini!

Bagaimana? Sudah tahu bukan hal apa yang harus Anda perhatikan dalam membuat kolam ikan dan juga merawatn kolam ikan agar selalu bersih da tida mudah kotor. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *