Kategori Perawatan Koi dengan Garam Ikan

Kategori Perawatan Koi dengan Garam Ikan

Kategori Perawatan Koi dengan Garam Ikan

Sebagaimana tertera pada tabel berikut ini :

Perawatan Manfaat Dosis Durasi
Mandi Garam (Salt Bath) Menghilangkan parasit yang menempel dan infeksi bakteri 2.5% – 3% atau kira-kira 1 kg garam untuk 50 liter air 2-5 menit, tergantung kondisi kesehatan, angkat segera bila koi kehilangan keseimbangan
Terapi Garam (Salt Therapy) Membantu koi menahan serangan parasit 0.3%-0.5% atau kira-kira 5 kg gram untuk 1 Ton air 2-4 minggu
Perawatan kolam koi (profilaktik) Agar konsentrasi garam di dalam kolam menjadi stabil 0.2%-0.4% atau kira-kira 2 kg gram untuk 1 Ton air Disesuaikan keperluan

Dimilin

Bagi anda pehobi Koi, tentunya tidak asing lagi dengan obat Dimilin. Dimilin dipercaya sangat ampuh untuk memberantas berbagai jenis parasit Krustasea Copepoda seperti Learnaea (Anchor Worm), Ergasilus (belatung insang), Argulus sp. (kutu ikan) dll.

Cara Dimilin bekerja

Serangga pada dasarnya memiliki exoskeleton (rangka) yang berada di luar, tidak seperti manusia yang memiliki rangka di dalam tubuh. Secara berkala, exoskeleton akan menua dan terlepas untuk kemudian digantikan dengan yang baru. Komponen utama dari exoskeleton serangga ini adalah zat yang disebut chitin.

Kategori Perawatan Koi dengan Garam Ikan

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Dimilin bekerja dengan menggunakan pertumbuhan chitin tersebut, pada stadium larva, serangga akan terus makan dan berkembang secara normal sampai mereka melepaskan exoskeleton lama mereka. Namun mereka akan mati karena exoskeleton baru tidak terbentu dengan baik.

Dosis :

  • Dosis yang dianjurkan adalah 1 gram / 1 ton air
  • Masa pengobatan selama seminggu
  • Perawatan kedua 10 – 14 hari tergantung ketahanan parasit

Elbayou ( Elbagin )

Obat yang berbentuk bubuk yang memiliki kandungan aktif Nifurstyrenat-Sodium. Kandungan ini sangat efektif untuk menangkal serangan bakteri, kelebihan Elbayou juga karena bahannya yang cepat diserap ke dalam tubuh koi dan menunjukkan hasil yang baik untuk melawan serangan bakteri Aeromonas. Elbayou juga ampuh untuk mengatasi penyakit yang disebabkan Penyakit Columnaris (bercak putih atau karat merah) dikenal juga sebagai penyakit Rin Rot. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Columnaris yang sering menyerang koi pada musim panas atau saat suhu dan pH tinggi.

Dosis :

5 – 10 gram per 100 liter air selama 24 jam.

Pomate

Salah satu obat yang paling populer di kalangan pecinta ikan Koi adalah POMATE, produk obat dari Singapura ini dikenal cukup ampuh untuk mengobati beberapa macam penyakit koi seperti fungus (jamur), white spot, finrot cloudy eyes dan beberapa penyakit lainnya. Obat ini juga seringkali dipakai untuk pencegahan dari serangan penyakit ketika koi dalam proses pengiriman.

Dosis :

  • Untuk pengobatan : 5 gr per 500 liter air
  • Untuk pencegahan : 5 gr per 1.000 liter air

PK (Kalium Permanganat)

Pernahkah anda mendengar istilah PK yang seringkali digunakan sebagai antiseptik di dunia perikanan? Mungkin ada sedikit salah kaprah perihal istilah PK ini yang mana seharusnya disebut KP yaitu singkatan dari Kalium Permanganat. Entah bagaimana asal-usulnya sehingga disbeut PK tapi yang jelas, PK dapat digunakan untuk pengobatan koi.

Di Eropa atau Amerika dan negara lainnya, Kalium Permanganat (PK) juga populer dikenal dengan Potassium Permanganat (PP) yang mana rumus kimianya adalah KMN04. Senyawa ini merupakan garam yang mengandung ion K + dan MnO – 4 yang berfungsi sebagai agen pengoksidasi (oksidator) yang kuat.

Bentuk fisik PK adalah berupa serbuk kristal dan jika terlarut  dalam air akan menghasilkan larutan berwarna ungu tua. Penguapan larutan ini meninggalkan kristal prismatik berwarna ungu kehitaman.

Larutan PK dapat digunakan unuk merawat kolam dan mengobati koi anda, Pk seringkali digunakan oleh para pehobi untuk mengobati ikan Koi yang terserang berbagai jenis parasit dan infeksi bakteri. Ada pula yang digunakan hanya sebatas sebagai pencegahan agar penyakit tak menyerang koi.

Penting untuk dicatat bahwa larutan PK dapat beracun atau membunuh bagi organisme air jika tidak digunakan dengan benar. Jika anda menggunakan PK untuk merawat kolam anda, maka terlebih dahulu putuskan aliran air yang menuju ke dalam ruang filter sebab PK dapat merusak sistem filter biologi.

Khasiat PK sebagai obat

Dari berbagai pengalaman dalam pengobatan koi menunjukkan bahwa PK dapat membunuh Saprolegnia Costia, Chilodinella ich, Trichodina, Gyrodactylus, Argulus Piscicola, Lernea, Columnaris dan bakteri lainnya seperti Edwardsiella, Aeromonas, Pseudomonas, Plus Algae dan Ambiphrya. Penggunaan PK khususnya untuk membunuh Argulus, Lernea and Piscicola hanya efektif digunakan dengan metode perendaman dengan dosis : 10 – 25 ppm selama 90 menit begitu pula untuk Costia dan Chilodinella.

Kategori Perawatan Koi dengan Garam Ikan

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Beberapa khasiat lain dari PK adalah sebagai disinfektan luka, dapat mengurangi aeromonoas (hingga 99%) dan bakteri gram negative lainnya, juga dapat membunuh Saprolegnia yang umum dijumpai sebagai infeksi sekunder pada Ulcer.

Indikasi

PK dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit koi antara lain : Body Ulcers (luka atau borok pada kulit Koi), Body Fungus (serangan jamur), Fin or Mouth Rot (pembusukan pada sirip dan mulut koi). Kategori Perawatan Koi dengan Garam Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *