Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Anda breeder atau pembudidaya ikan koi? Sudahkah Anda mengetahui tentang Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh? Berikut informasinya untuk Anda.
Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias omnivora, atau pemakan segala. Jadi, makanan kecil apapun bisa dikonsumsi oleh ikan hias ini, seperti ikan kecil, tumbuhan, belalang, remah roti, atau pelet. Namun tahukah Anda ternyata ada 2 jenis makanan yang cocok sekali untuk ikan koi? Makanan yang sesuai dengan selera ikan koi akan membuat ikan koi suka dan bertumbuh dengan baik.

Jenis Makanan Ikan Koi

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa pakan ikan koi ada 2 macamnya, yaitu makanan alami dan buatan.
Yang pertama yaitu makanan alami. Makanan alami untuk ikan koi bisa didapatkan dari alam, seperti cacing, ulat, udang, sayuran dan buah seperti jeruk atau semangka. Makanan alami diatas itu sangat bermnfaat untuk memberikan asupan protein yang berguna untuk pertumbuhan ikan koi. Pemberian pakan alami perlu dilakukan bertahap karena ada beberapa kasus jika ikan koi tidak terlalu suka dengan jenis makanan sayuran. Beberapa pakan alami yang harus dihindari karena tidak bisa dicerna oleh ikan koi adalah jenis biji-bijian, seperti jagung atau kacang.
Jenis makanan koi kedua adalah makanan buatan. Makanan buatan ini dibuat oleh manusia sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan. Pembuatan ini dilakukan oleh manusia dengan mempertimbangkan beberapa bahan alami dan bahan pelengkap nutrisi agar ikan koi bisa tumbuh besar dengan cepat.

Cara Membuat Pakan Koi Alami Supaya Ikan Cepat Bertumbuh Besar

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Bukan hanya pakan alami saja yang bisa memberikan nutrisi untuk ikan supaya bisa tumbuh besar, tetapi ada juga pakan buatan yang bisa mempercepat pertumbuhan pada ikan koi. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya.
– Siapkan bahan-bahannya, diantaranya ada udang kecil, telur, bawang putih, vitamin C, dan agar-agar.
– Campurkan semua bahan diatas hingga merata.
– Tambahkan aroma pada pakan dengan menambahkan pelet yang sudah direndam dalam air panas.
– Tambahkan bubuk agar-agar lalu masukkan dalam blender supaya lebih tercampur rata.
– Dinginkan beberapa saat, lalu potong-potong menjadi ukuran yang kecil-kecil seperti bentuk cacing. Hal ini akan mempermudah ikan untuk mengkonsumsi pakan buatan.
– Pemberian makan ini pada ikan koi dilakukan secukupnya di pagi dan sore hari.
Kandungan yang Terdapat pada Pakan Koi Buatan
– Protein
Protein menjadi salah satu kandungan nutrisi penting yang harus ada pada pakan ikan. Pasalnya protein akan mempercepat pertumbuhan ikan koi serta berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Nutrisi ini juga bermanfaat untuk menghasilkan lebih banyak sperma dan sel telur pada ikan koi.
– Lemak
Lemak pada pakan ikan berfungsi sebagai tambahan energi pada ikan. Lemak juga berperan sebagai penyedia fatty cids dan komponen penting dari membran ikan yang menyelimuti dinding sel secara menyeluruh.
– Vitamin
Pentingnya vitamin untuk ikan mengingat ikan butuh utuk terus bertumbuh. Akan tetapi pemberian vitamin pada ikan perlu secukupnya saja dan tidak berlebihan. Jika kekurangan atau kelebihan vitamin akan bisa berakibat pada gangguan klinis si ikan.
– Karbohidrat
Sumber energi ikan yang bisa ditemukan pada pakan buatan adalah karbohidrat. Karbohidrat pada pakan juga harus diberikan secara pas, tidak kurang dan tidak lebih. Hal ini karena hati ikan koi merupakan tempat menyimpan glikogen akan menurun jika terlalu banyak mendapatkan karbohidrat.
– Mineral
Mineral memiliki manfaat yang sangat mendasar untuk mempertebal metabolisme tubuh si ikan koi. Maka itu, mineral menjadi nutrisi yang tak kalah penting agar pertumbuhan ikan bisa terjaga dan ikan juga lebih cepat besar.

Cara Pemberian Pakan Ikan Koi

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Cara memberikan makanan ikan koi agar cepat besar juga perlu diperhatikan dan jangan berlebihan atau kurang. Pemberian makanan yang terlalu banyak akan mengendapkan kotoran pada dasar kolam ikan dan akan berdampak buruk bagi kualitas air di kolam bahkan menjadi racun amoniak yang membahayakan.
Ikan koi sendiri merupakan jenis ikan yang akan terus makan jika melihat makanan. Maka itu, pemberian makan harus diatur agar ikan tidak kekenyangan. Pakan ikan yang mampu dicerna oleh ikan koi sendiri adalah 5% dari berat badan ikan koi ukuran kecil. Sementara ada ikan koi dewasa adalah seberat 2 dari berat badannya.
Pakan ikan koi yang diberikan pada ikan koi harus langsung bisa habis dalam waktu kurang dari 5 menit. Sehingga makanan tidak akan tersisa pada kolam ikan.
Untuk feses ikan koi sendiri bisa menjadi momok karena mengotori kolam ikan. Namun, jika pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan alias tidak berlebihan, maka feses ikan akan normal. Pembersihan kolam bisa dilakukan dengan teratur untuk mencegah ikan stress atau tidak nyaman karena air yang kotor.
Kemudian, jika breeder hendak mengubah type makanan ikan koi maka harus dilakukan secara bertahap. Ikan bisa terkejut dengan rasa makanan yang berbeda dari biasanya. Maka itu, berikan pakan lama dan pakan baru secara bertahap dalam selang beberapa hari sampai ikan koi terbiasa dengan pakan barunya.
Pemberian pakan ikan koi yang tepat dan teratur akan sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan tubuh pada si ikan. Selain itu, kandungan-kandungan nutrisi penting yang ada pada pakan koi akan bisa membuat warna dan corak ikan koi menjadi lebih cerah dan tegas.

Jadwal Makan Ikan Koi

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Pemberian makanan pada ikan koi harus dijadwal agar teratur. Usahakan saat pemberian pakan ikan cuaca sedang baik dengan suhu air yang terkontrol. Jika suhu rendah, pemberian pakan bisa sedikit dikurangi. Untuk lebih detailnya, berikut ini informasi mengenai suhu air dan frekuensi pemberikan pakan untuk ikan koi.

Suhu air 22 sampai 26 derajat celcius Pakan diberikan 3 sampai 4 kali dengan pakan kaya nutrisi
Suhu air 18 sampai 22 derajat celcius Pakan diberikan 1 sampai 2 kali dengan kadar protein hingga 40 persen
Suhu air 16 derajat celcius Pakan diberikan 1 kali sehari dengan kadar protein 30 persen dan dicampur pakan alami
Suhu air 15 celcius Pakan diberikan 1 kali sehari namun dalam seminggu ikan tidak diberikan makan selama 1 hari. Kadar protein pakan bisa 25 persen dan dikombinasikan dengan karbohidrat.
Suhu air dibawah 15 derajat celcius  Pakan diberikan 4 sampai 5 kali seminggu atau pada saat ikan koi terlihat lapar saja.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semua tips dan langkah diatas bisa anda lakukan sesuai dengan kemampuan Anda. Namun yang pasti, pemberian pakan pada ikan koi akan memberikan hasil sesuai dengan nutrisi yang diberikan. Kami dari Agro Koi menyediakan ikan koi berkualitas dengan harga terjangkau. Anda bisa menghubungi kami jika Anda menginginkan ikan koi dari segala jenis. Kami akan pastikan Anda mendapatkan ikan koi mulai dari type indukkan hinga bibit ikan koi. Kami bertempat di Blitar dan Kediri yang siap kirim ikan koi ke beragam wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *