Jenis-jenis Ikan Koi Paling Mahal di Dunia, Harganya Fantastis

Jenis-jenis Ikan Koi Paling Mahal di Dunia, Harganya Fantastis

Jenis-jenis Ikan Koi Paling Mahal di Dunia, Harganya Fantastis

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara di rumah. Banyak orang yang suka untuk memelihara ikan hias jenis yang satu ini karena perawatannya yang mudah dan tidak terlalu memakan banyak waktu. Keindahan punggung dari ikan koi juga bisa memberikan sensasi ketenangan tersendiri bagi yang melihatnya. Harga yang dibanderol untuk bisa mendapatkan ikan koi juga berbeda-beda tergantung pada jenis dan juga corak pada bagian punggungnya. Untuk beberapa jenis ikan koi, harga yang dibanderol bisa sampai ratusan juta rupiah. Ada beberapa jenis ikan yang paling mahal di dunia. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan koi yang paling mahal di dunia.

Jenis-jenis Ikan Koi Paling Mahal di Dunia, Harganya Fantastis

Jenis ikan koi yang pertama Ginrin Showa. Ikan koi jenis ini disebut-sebut sebagai jenis koi yang paling mahal di dunia. Seperti yang sudah diduga dari namanya, ikan koi jenis Ginrin Showa ini berasal dari negara Jepang. Seorang penangkar koi di Jepang mampu untuk memelihara jenis ikan ini dalam jangka waktu yang sangat panjang, yakni 15 tahun. Tentunya tidak mudah untuk bisa mempertahankan masa hidup ikan koi sampai lama sekali seperti itu. Panjang ikan koi jenis Ginrin Showa yang satu ini mencapai 76 cm. Sangat besar untuk ukuran sebuah ikan koi. Tidak hanya menjadi ikan hias, ikan Ginrin Showa ini juga menjadi salah satu ikan kontes. Ginrin Showa mampu memenangkan berbagai macam kontes yang diadakan pada tahun 1976, 1977, 1979 dan juga tahun 1980. Rekor ikan termahal ini masih belum bisa direbut dari ikan Ginrin Showa. Ikan ini memiliki corak punggung dengan tiga warna, yakni warna putih, hitam dan juga warna merah keorenan. Di tahun 1986, ikan ini terjual dengan harga 425 juta rupiah atau setara dengan 17 juta yen. Pembeli dari ikan koi termahal sepanjang sejarah ini adalah Derry Evans. Derry Evans adalah seorang pemilik dari Kent Koi Center yang ada di Inggris. Kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini, harga ikan ini mencapai 1,8 milyar. Harga yang cukup fantastis untuk sebuah ikan.

Blue showa adalah ikan koi yang menjadi salah satu ikan paling mahal di dunia. Ukuran dari ikan yang satu ini mencapai 40 cm. Ukuran tersebut adalah ukuran ketika ikan ini mencapai usia 1 tahun. Orang yang memelihara ikan ini berasal dari Narita Koi Farms yang ada di Jepang. Pada tanggal 22 April 2014, pelelangan untuk mendapatkan ikan ini diselenggarakan. Narita Koi Farms ini memang sudah sering melakukan kegiatan pelelangan ikan untuk menjual ikan dengan kualitas super. Saat pelelangan, ada orang yang berani menawar sebesar 7 juta yen atau setara dengan 700 juta rupiah saat itu. Dan ternyata orang yang memenangkan Blue Showa adalah Koikichi Fish dari Thailand. Dengan harga tersebut, ikan ini mampu menempati posisi kedua ikan termahal di dunia.

Jenis ikan koi ketiga yang menjadi ikan paling mahal di dunia adalah sansai sanke. Ikan ini tidak setua Ginrin Showa namun juga tidak semuda Blue Showa. Ikan ini mencapai panjang 71 cm ketika menginjak usia 3 tahun. Ikan ini dilelang di Sakai Fish Farm Jepang dan akhirnya terjual di angka 1 juta yen atau setara dengan 100 juta rupiah pada saat itu. Ikan ini memiliki corak yang cukup unik. Di dekat sirip bagian kanan terdapat corak kecil berwarna hitam yang seolah mampu merebut semua atensi. Bagian kepalanya berwarna krem seperti daging sushi dan bagian belakangnya memiliki 3 paduan warna, yakni merah, hitam dan juga putih. Coraknya sangat rata dan tampak sangat bagus, apalagi saat ikan ini mulai berenang dengan indahnya.

Ikan yang keempat adalah jenis Dainichi Showa. Di abad 21, mungkin jenis ikan Dainichi Showa inilah ikan yang paling mahal. Ikan ini terjual di angka 21,5 juta yen atau setara dengan 2,15 milyar rupiah. Banyak pecinta ikan yang menilai ikan ini sangat unik dan mungkin hanya satu-satunya di dunia. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan Nisai Showa. Ikan koi jenis Nisai Showa sendiri adalah keturunan darah dari jenis Oyagoi Gacchami. Ikan ini terjual pada tangga 27 November 2013 di dalam sebuah pelelangan ikan.

Jenis-jenis Ikan Koi Paling Mahal di Dunia, Harganya Fantastis

Koi Maruten Kohaku mungkin akan menjadi jenis ikan koi mahal pertama yang tidak berasal dari garis darah Showa. Ikan ini terjual pada sebuah lelang yang diadakan di Niigata, Jepang. Pelelangan ini dilakukan pada tanggal 9 November 2010. Pada saat pelelangan itu, penawaran tertinggi yang diberikan oleh audience yang datang adalah 1.1 milyar rupiah atau setara dengan 11 juta yen. Ikan Kohaku Dainichi ini memiliki jenis kelamin betina. Panjang dari ikan yang satu ini adalah 63 cm. Ukuran ini adalah ukuran yang cukup besar untuk sebuah ikan koi berjenis kelamin betina.

Jepang nampaknya memang menjadi surga dunia bagi para pecinta ikan koi. Ikan koi termahal yang selanjutnya datang lagi dari Jepang bernama Black Dragon. Ikan koi ini mencapai usia dua tahun saat panjangnya sudah 57 cm. Ikan koi yang satu ini juga berjenis kelamin wanita, sama seperti jenis ikan Maruten Kohaku yang sebelumnya. Harga tertinggi yang didapatkan saat pelelangan terjadi adalah 2,68 milyar rupiah atau setara dengan 26 juta yen. Harga ini tentu lebih mahal dibandingkan jenis ikan-ikan yang sebelumnya. Ikan koi yang satu ini berhasil terjual dalam sebuah pelelangan ikan yang diadakan oleh Momotaro Farm, tepatnya di kota Okayama, Jepang. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa black dragon ini bisa menyentuh angka fantastis tersebut. Yang pertama adalah breeder yang mengembangkan ikan ini adalah breeder ternama di jepang. Tentunya mereka memberikan jaminan pasti bahwa ikan ini adalah ikan yang memiliki kualitas luar biasa bagus. Faktor kedua adalah corak yang dimiliki oleh black dragon ini sangatlah unik. Corak seperti ini hampir tidak dimiliki oleh jenis ikan yang lainnya.

Ikan jenis black dragon ini memiliki tubuh yang sempurna tidak ada cacat sama sekali. Tubuhnya tampak tidak terlalu gemuk dan proporsional. Bentuk tubuhnya keseluruhan tampak seperti torpedo sehingga semakin menggugah semangat para pecinta koi untuk memberikan penawaran tertinggi yang mereka sanggupi. Segi keturunan juga ikan ini memiliki rekam jejak yang sangat bagus. Itu dia yang mengakibatkan harganya bisa sangat melambung tinggi. Itu dia beberapa jenis ikan koi yang dijual dengan harga tertinggi di dunia. Meskipun ikan adalah makhluk hidup yang bisa mati kapan saja, hal ini tidak menyurutkan semangat dari para breeder untuk mengawinkan koi yang mereka miliki dengan ikan koi lain yang memiliki kualitas super. Anda bahkan juga bisa memiliki salah satu diantara ikan super ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *