Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi

Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi

Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh orang Indonesia. Berbagai macam kelebihan yang ada pada ikan koi membuat banyak orang menyukainya dan memutuskan untuk merawatnya dalam akuarium rumah. Jika Anda ingin menjadi salah satu orang yang memelihara ikan koi di rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yang pertama adalah jenis koi. Ada dua jenis ikan koi yang bisa Anda pelihara, yakni ikan koi biasa dan juga ikan koi super. Apa perbedaan diantara keduanya? Perbedaan yang sangat menonjol terletak pada harganya. Jika Anda ingin membeli ikan koi super, maka Anda harus siap melihat harganya yang menembus angka jutaan rupiah. Namun jika Anda hanya ingin memelihara jenis ikan koi biasa, maka harganya juga turun drastis. Dibandingkan dengan ikan koi super, harga ikan koi biasa sangat murah.

Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa ikan koi adalah jenis dari ikan hias. Anda juga perlu selektif dalam memilih ikan koi yang akan Anda jadikan ikan hias. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dan terapkan ketika akan memilih ikan koi. Yang pertama adalah menilai ikan koi melalui bentuk badannya. Ketahui terlebih dahulu bagaimana bentuk tubuh ikan koi yang ideal. Perbandingan panjang dan juga tinggi dari tubuh ikan koi yang ideal adalah 1:2 atau 1:3. Jika ikan koi yang Anda lihat sudah memenuhi perbandingan tersebut, maka lihat tubuh ikan koi dari atas. Tubuh ikan koi yang ideal dari atas akan tampak bulat dan tidak menggemuk di satu bagian saja.

 

Ciri-ciri ikan koi yang bagus dijadikan ikan hias yang kedua adalah ikan koi yang memiliki garis punggung lurus. Ikan koi yang garis punggungnya lurus akan memiliki postur tubuh yang lebih baik dibandingkan ikan koi yang memiliki garis punggung melengkung. Ciri ketiga bisa Anda lihat melalui cara ikan koi tersebut berenang. Ikan koi yang bagus untuk ikan hias akan memiliki gaya renang yang seimbang dan tidak berbelok-belok. Hal ini bisa Anda amati langsung saat akan membeli ikan koi tersebut. Gaya berenang yang seimbang ini disebabkan oleh sirip yang dimiliki oleh ikan tersebut seimbang dan sama bentuknya antara yang kanan dan yang kiri. Faktor lain yang mempengaruhi gaya berenang ikan adalah garis punggungnya. Ikan bergaris punggung lurus akan lebih seimbang dalam berenang dibandingkan yang garis punggungnya melengkung.

Hal keempat yang harus Anda perhatikan adalah bagian sirip dada dan juga sirip perut. Tidak jarang ada ikan yang bagian sirip dada dan sirip perutnya tidak sama besarnya. Namun sebagai ikan hias, ikan koi tidak boleh memiliki sirip dada dan sirip perut yang berbeda. Ukurannya harus sama besar antara satu sama lain. Sama seperti sirip dada dan sirip perut, bagian sirip punggung dan juga sirip ekor juga harus proporsional. Bagaimana cara menilai sirip yang proporsional? Sirip yang proporsional adalah sirip yang panjangnya sesuai dengan tinggi dari ikan koi tersebut. Sirip yang proporsional juga akan membuat gerakan ikan menjadi seimbang. Pilihlah ikan koi yang memiliki bentuk tegak dan juga lurus.

Selanjutnya adalah bentuk kepalanya. Meskipun wajah ikan tampak sama saja, namun ternyata satu sama lain memiliki wajah yang berbeda ukurannya. Pilihlah ikan koi yang memiliki bentuk wajah serasi dan juga proporsional. Hidung ikan koi sebaiknya tidak terlalu mancung dan tidak terlalu pesek. Awasi dan perhatikan dengan benar bagian hidung. Kalau hidung ikan selalu terbuka, maka ada kemungkinan bahwa ikan tersebut memiliki masalah yang fatal pada bagian insang.

Ikan hias tidak lengkap tanpa warna yang menarik. Warna yang bagus dan menjadi ideal dalam kategori ikan hias adalah warna yang cerah dan juga kontras. Jika memiliki pola warna, bagian tersebut harus dengan jelas terpisah dengan warna lainnya. Jika Anda kesulitan menemukan maksudnya, Anda bisa melihat contoh pada ikan koi kohaku. Ikan tersebut memiliki pola warna merah di badannya. Namun hanya pola tersebut yang berwarna merah dan yang lainnya tetap berwarna putih. Itu dia yang menarik dari pola ikan hias. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Bagaimana Memilih Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi. selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Ikan koi yang sehat adalah ikan yang enerjik, gerakannya tidak lambat dan berenangnya seimbang. Jika Anda menemukan ikan yang lebih banyak berdiam diri di bagian bawah atau dasar kolam, tandanya ikan tersebut bukanlah ikan yang sehat. Jangan membeli ikan tersebut daripada ikannya cepat mati. Perhatikan juga bagian insangnya. Sama seperti paru-paru manusia, insang yang baik adalah insang yang bergeraknya teratur, tidak terlalu cepat maupun tidak terlalu lambat. Jika ada ikan yang insangnya tampak bergerak cepat, itu tandanya ikan tersebut sedang mengalami kesulitan pernafasan dan tidak dalam kondisi yang baik.

Yang terakhir adalah komunikasi ikan yang satu dengan ikan yang lain. Ikan koi pada umumnya sangat suka bergerombol dan ikut dengan kawanan koinya. Ada beberapa ikan yang lebih suka menyendiri dibandingkan ikut bergerombol dengan temannya. Ikan tersebut tidak termasuk dalam kriteria ikan yang baik untuk dijadikan ikan hias. Bisa jadi ikan tersebut memiliki kebiasaan buruk yang tidak diketahui oleh calon pembeli atau sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Selain untuk ikan hias, tentunya Anda ada yang membeli ikan koi untuk diikutkan dalam perlombaan. Kriteria yang ditetapkan untuk ikan perlombaan tentunya jauh lebih ketat dan berat dibandingkan dengan ikan yang hanya dijadikan ikan hias. Ada tiga jenis level yang bisa mengategorikan kualitas ikan koi. Yang pertama adalah Pond Quality, yang kedua adalah ornamental quality dan yang terakhir adalah show quality. Ikan koi yang memiliki darah campuran dan tidak ada catatan sakit biasanya akan diikutkan dalam level Pond Quality. Ikan-ikan jenis ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ikan di level lain.

Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi

Level selanjutnya adalah ornamental quality. Catatan garis darah ikan akan sangat mempengaruhi penilaian ikan. Kualitas ikan yang baik akan dinilai dari bentuk tubuhnya, warnanya yang bagus dan proporsional. Ikan pada level ini biasanya memiliki motif warna yang berbias atau tidak jelas. Tipe atau level terakhir adalah show quality. Ikan-ikan dengan kualitas dan spesifikasi paling tinggi akan masuk dalam golongan ini. Sisik dari ikan biasanya tampak mengkilap dan pola warnanya seimbang. Itu dia beberapa tips untuk memilih ikan koi untuk ikan hias dan juga apa saja level dalam perlombaan ikan koi. Saat Anda akan membeli ikan koi, Anda harus tahu terlebih dahulu akan diapakan ikan tersebut. Pilihlah ikan dengan kualitas terbaik apabila ingin diikutkan lomba dan pilihlah yang paling menarik hati apabila hanya dijadikan ikan hias di dalam akuarium rumah saja. Selamat memilih jenis ikan koi yang Anda suka. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Bagaimana Memilih Ini Dia Tips Memilih Ikan Hias dan Level Dalam Perlombaan Ikan Koi. selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *