Punya Kolam Ikan di Rumah, Ikuti Panduannya Agar Ikan Koi Tetap Hidup

Punya Kolam Ikan di Rumah, Ikuti Panduannya Agar Ikan Koi Tetap Hidup

Punya Kolam Ikan di Rumah, Ikuti Panduannya Agar Ikan Koi Tetap Hidup

Punya Kolam Ikan di Rumah, Ikuti Panduannya Agar Ikan Koi Tetap Hidup – Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias yang paling banyak di pelihara oleh masyarakat.  Umumnya  ikan hias satu ini dipelihara untuk mempercantik tampilan rumah atau halaman rumahnya. Perlu diketahui bibit ikan koi ini berasal dari daratan Tiongkok dan kemudian menyebar ke Jepang. Dan  sekarang ikan koi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan Koi juga merupakan salah satu hewan yang memiliki usia panjang, bahkan di Jepang sendiri  usianya bisa sampai 200 tahun

Punya Kolam Ikan di Rumah, Ikuti Panduannya Agar Ikan Koi Tetap Hidup

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Dan ikan koi di percaya akan membawa keberuntungan bagi siapa pun yang memeliharanya. Hal ini berkaitan dengan ilmu feng shui yang menilai jika Ikan koi memliki energi yang bisa memberikan keberuntungan bagi pemeliharanya.

Banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin memelihara ikan koi. Dan terkadang untuk pemelihara ikan koi yang masih pemula sering mengalami ikan koinya cepat mati.  Jika ingin ikan koi Anda bisa hidup lebih lama Anda perlu memperhatikan kesehatan dari kolam ikan kloi sendiri. Selain juga memperhatikan kesehatan dari ikan koi.

Salah satu indikator kesehatan air ikan koi adalah kandungan garam. Kolam ikan berisi air tawar, kandungan airnya boleh mengandung sedikit garam. Mengapa? Karena garam bisa menetralkan zat amonia dan nitrat. Amonia adalah limbah yang dihasilkan melalui pembusukan kotoran ikan.

Dalam kapasitas tertentu, kadar amonia bisa berbahaya bagi ikan itu sendiri. Kadar garam yang diizinkan untuk air kolam ikan koi adalah 0,15—0,20%. Kandungan garam yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan tanaman air. Kadar garam yang terlalu tinggi juga akan mengganggu kerja batu zeolit pada bagian filter.

Ada banyak kegunaan kandungan garam di dalam air kolam. Kandungan garam bisa mengurangi gesekan air dengan badan ikan sehingga ikan bisa berenang dengan mudah. Dengan demikian, energi ikan bisa tersimpan dan digunakan untuk sistem kekebalan ikan dalam melawan penyakit.

 

Untuk mengukur kadar garam, Anda bisa menggunakan salinity meter. Untuk menjaga kesehatan air kolam ikan koi juga diperlukan filter air. Jika kolam ikan koi terlanjur berwarna hijau karena airnya mengandung banyak alga, penggunaan obat pembasmi lumut bisa jadi solusi paling mudah. Namun, penggunaan obat ini harus tepat, karena salah-salah pemakaiannya malah membunuh semua lumut yang sebenarnya berguna bagi ikan koi.

Punya Kolam Ikan di Rumah, Ikuti Panduannya Agar Ikan Koi Tetap Hidup

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Daripada merepotkan seperti ini, sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah pencegahan agar kolam koi Anda tak berwarna hijau. Langkah pencegahannya adalah dengan membersihkan ruang filter secara bertahap. Jika semua bagian filter dibersihkan sekaligus, ibaratnya Anda sudah punya kolam baru. Selain alga, gangguan di kolam koi juga datang dari air hujan. Air hujan bisa membawa penyakit dan mengakibatkan kelembaban kolam naik turun secara drastis. Bahkan, air hujan bisa menyebabkan ikan koi stres dan mati secara massal.

Namun, jangan khawatir karena bahaya air hujan bisa dihindari dengan penggunaan filter yang bagus dan memenuhi syarat. Seandainya filter kolam koi belum cukup memadai, langkah yang bisa dilakukan adalah mengganti air pada awal musim hujan. Caranya, ganti separuh volume air dengan air endapan setiap kali hujan datang. Pengurasan ini tak perlu dilakukan setelah air hujan tak lagi terlalu kotor.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana merawat ikan koi agar ikan koi Anda bisa bertahan hidup lebih lama? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk And. Apalgi untuk Anda yang masih pemula untuk memelihara ikan koi. Ikuti Panduan Agar Ikan Koi Tetap Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *