Jenis Ikan Koi Shusui dan Ciri-cirinya

Jenis Ikan Koi Shusui dan Ciri-cirinya

Jenis Ikan Koi Shusui dan Ciri-cirinya

Jenis Ikan Koi Shusui dan Ciri-cirinya – Shusui merupakan ikan koi hasil persilangan (cross breeding) antara Asagi dengan Koi tanpa sisik atau disebut Doitsu (baca doits) akan menghasilkan Shusui. Pada punggung Shusui terdapat sebaris sisik yang berjajar dengan warna biru tua.

Jenis Ikan Koi Shusui dan Ciri-cirinya

Awal mula Shusui adalah ketika pada tahun 1910, seorang penangkar Koi di Jepang. Yoshigoro Akiyama mengawinkan Asagi-Sanke dengan ikan karper kaca (Mirror Carp) tanpa sisik. Hasil budidayanya ini, menghasilkan Koi yang memiliki sebaris sisik yang memanjang di punggungnya yaitu dari bagian leher sampai ke ekor.

Pola Shusui

Bagian kepala Shusui sebaiknya berwarna biru muda dan warna sisik dipunggungnya adalah biru menyerupai warna biru langit. Baik warna maupun bentuk sisiknya tampak jelas (tidak buram atau samar). Shusui yang baik, pada bagian pipi (penutup insang), bagian perut dan pada pangkal sirip dadanya terdapat pola warna merah yang menyala. Semua Koi dari keluarga Doitsu memiliki warna yang lebih pekat dibanding Koi bersisik dengan batas pola yang rapi. Khususnya untuk deretan sisik pada punggung Shusui sebaiknya berwarna biru dengan susunan sisik yang rapat, sambung menyambung (tidak terputus) dan tampak rapi.

Ada pun sisik yang berada di antara barisan sisik di atas punggung dengan bagian perut disebut mudagoke atau redundant scale yaitu sisik yang tak berguna (mubazir). Biasanya sisik ini tidak banyak atau hanya ada beberapa saja yang sesungguhnya tidak perlu ada sebab justru memberi kesan tidak rapi/mulus.

Hana Shusui

Shusui yang memiliki pola warna merah yang memanjang antara deretan sisik atas dan bagian perutnya disebut Hana Shusui.

Jenis Ikan Koi Shusui dan Ciri-cirinya

Hi Shusui

Jika warna merah menyebar dari bawah ke atas hingga menutupi seluruh area dorsal (punggung) maka disebut Hi Shusui.

Ki Shusui

Ini adalah Shusui dengan warna kuning.

Morfologi Ikan

Ikan cantik ini mempunyai segi yang semakin besar dari pada type koi yang lain, serta berkulit lembut. Kecantikannya ditambah dengan warna biru gelap pada punggung, serta ujung hidung, perut, lipatan sirip serta perutnya berwarna merah. Keindahan yang lain dapat dilihat saat ikan ini dilihat dari atas. Terlihat sisi-sisik yang tersusun rapi serta memanjang pada punggungnya. Sisi kepala tanpa ada cela, bersih, bercorak kemerah-merahan simeteris.

Membedakan Shusui

Ikan Shusui juga mempunyai sebagian varietas. Hana Shusui mempunyai ciri khas kulit berwarna baru serta ada sinyal merah yang terdapat di garis sisik pada perut serta punggungnya. Lain lagi dengan Hi-Shusui yang beberapa besar punggungnya tertutup oleh warna merah. Sesaat Shusui kuning berciri khaskan hijau gelap hingga ungu pada punggungnya. Type ini lalu diberinama Ki-Shusui. Ki-Matsuba-Doitsu, di segi lain, mempunyai warna punggung nyaris kehitaman, tak seperti Ki-Shusui yang miliki wara ungung serta hijau. Untuk Shusui dengan warna keperakan pada sisik punggungnya, mereka dimaksud Pearl Shusui.

Panduan Pilih Shusui

Banyak pengagum ikan type koi, terutama Shusui bikin mereka harus hati-hati dalam pilih Shusui yang baik serta sehat. Pada intinya, trick serta panduan pilih ikan type Shusui sama saat mempunyai ikan Asagi karna kemiripannya yang begitu dekat. Hal pertama yang dapat diliat dengan cara terang yaitu sisiknya. Sisik ikan ini cuma diketemukan di selama punggung. Warna sisik ini biru indigo atau nila. Supaya senantiasa bisa memperoleh ikan yang baik, hal-hal lain yang perlu dicermatai yaitu pola segi yang di punggung. Segi punggung harus terlihat rapi, memanjang dari bawah kepala sampai punggung. Bila temukan ini di market, cermati kalau sisiknya mesti rapi serta rapat, dalam pengertian tak ada sela. Sisik ikan Shusui juga cuma ada pada selama punggung. Tak ada segi yang lain yang bakal diketemukan. Bila ada, jadi ikan itu buka Shusui tetapi Mudagoke.

Panduan Perawatan

Ukuran ikan koi yang besar bikin ikan koi lebih pas dirawat di kolam semen. Ikan ini membutuhkan space yang luas hingga dapat leluasa. Tetapi, Shusui tetaplah dapat dipelihara didalam akuarium dengan cost yang cukup besar. Pertama, ukuran akuarium mesti besar. Minimum, dimensi akuarium mesti memiliki ukuran 1. 5x1x0. 5 mtr.. Optimis akuarium maupun bak tak terserang cahaya matahari atau UV karna dapat mengakibatkan warna ikan jadi pucat. Air mesti senantiasa bersih serta mempunyai pH ideal yakni pada 6. 5-8. 5. pH ideal bakal jadi tempat yang ideal untuk perkembangan jual ikan koi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *