Jenis Ikan Koi Asagi dan Ciri-cirinya

Jenis Ikan Koi Asagi dan Ciri-cirinya

Jenis Ikan Koi Asagi dan Ciri-cirinya

Jenis Ikan Koi Asagi dan Ciri-cirinya – Asagi memiliki perpaduan antara warna biru dan warna merah yang sangat indah. Awal mula ditemukan Asagi berasal dari indukan ikan kerper hitam atau yang dikenal dengan Magoi pada sekitar 200 tahun yang lalu di Jepang. Ciri-ciri Asagi dapat di tengarai yaitu padabagian punggungnya terdapat susunan sisik yang menyerupai jala atau mata jaring yang berwarna biru atau kebiruan.

Ikan Koi Asagi

Kualitas Asagi ditentukan oleh beberapa hal berikut :

  1. Bagian Kepala

Bagian ii adalah hal terpenting yang harus dipertimbangkan dalam memilih Asagi, Asagi yang berkualitas yaitu pada bagian kepalanya tampak bersih, berwarna putih susu dan tidak terdapat bercak atau bintik-bintik warna (spots). Kemudian pada kedua pipi atau penutup ingsangnya terdapat warna merah menyala.

  1. Bagian Punggung

Sepanjang punggung Asagi tampak seperti terbungkus jaring-jaring berwarna biruatau kebiruan. Pola jaring-jaring pada Asagi yang baik adalah merata dan warna birunya tampak jelas (tidak samar).

  1. Bagian Sirip Dada (Pectoral Fins)

Pada bagian sirip dada Asagi terdapat warna merah menyala. Komposisi warna merah dan pola pada bagian ini simetris, antara siripkiri dan kanan, Pola warna merah pada pangkal sirip Asagi ini dikenal dengan Motoaka atau Sushui Fin.

  1. Bagian perut

Periksa pada bagian perut agar terlihat penyebaran warna merah dari bagian dada yang memanjang hingga anus.

Tips Memilih Asagi Tosal

Keindahan Asagi akan semakin terlihat jika sudah berumur 3 tahun (Sansal) dan tentu harganya pun juga relatif tinggi. Namun demikian, jika ingin memelihara Asagi sejah masih kecil, maka beberapa tips berikut dapat di gunakan sebagai pedoman agar nanti setelah dewasa dapat diperoleh Asagi dengan kualitas yang baik.

Jenis Ikan Koi Asagi dan Ciri-cirinya

Asagi yang masih berumur kurang dari setahun (Tosal) pada sisiknya belum menampakkan pola jaring-jaring secara jelas atau dengan kata lain masih samar-samar. Namun seiring dengan pertumbuhannya, pola jaring dan warna birunya secara bertahap akan bertambah jelas dan tegas.

  1. Asagi Jantan (Male) dan betina (Female)

Secara umum warna biru pada Asagi jantan (male) akan tampak lebih pekat bila dibandingkan dengan Asagi betina (female).

Namun demikian bukan berarti Asagi betina yang berwarna birunya masih samar maka selamanya akan tetap samar, sebab Asagi Tosai female rata-rata memang belum tumbuh warna dan pola jarinnya pada bagian kepalanya tampak sedikit kekuningan.

Bila ingin memiliki Asagi betina, maka pilihlah yang warna birunya masih tipis, tapi merata. Asagi betina bila sudah besar, bentuk badannya lebih disukai karena tampak lebih berisi (bulky) atau seperti gulungan benang (spindle shape). Sedangkan Asagi jantan, bentuk badannya relatif tampak ramping.

  1. Bagian Sirip (pectoralfins)

Pilihlah Asagi kecil yang kedua sirip dadanya berwarna merah merata. Semakin pekat warna merah pada bagian sirip maka semakin bagus masa depannya. Namun demikian bila ada Asagi kecil yang warna merahnya sudah pekat, maka kemungkinan itu adalah Asagi jantan.

  1. Bagian Penutup Insang

Pastikan bahwa pada pipi atau penutup insangnya terdapat warna merah meski tidak melebar atau setidaknya sudah ada tanda-tanda akan tumbuh warna merah. Sebab nanti bila dewasa kepekatan warna merah akan meningkat dan melebar.

  1. Bagian Dada dan Perut

Amati bagian bawah, apakah sudah ada warna merah yang memanjang dari bagian dada, perut sampai menjelang anus, meski belum melebar. Nanti setelah 2 atau 3 tahun kemudian warna merah itu akan naik sampai separuh badan (bila dilihat dari samping).

  1. Sisik Asagi

Pastikan bahwa susunan sisiknya rapi dan simetris antara bagian kiri dan kanan, terutama pada leher (antara kepala dan punggung). Biasanya di bagian itulah susunan sisik Asagi kurang beraturan bila sudah dewasa nanti. Maka dari itu periksa dengan teliti dan pilihlah susunan sisik Asagi yang rapi sejak msih kecil.

  1. Bagian Mulut

Warna putih yang bersih dan mulus pada bagian mulut, lebih baik untuk dipilih meski di bagian hidungnya masih tampak sedikit kekuningan. Pilihlah Asagi yang pada bagian  mulutnya putih bersih dan lebih bersih dari bagian kepalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *