Hati-hati Dalam Memakai Antibiotik Untuk Menyembuhkan Ikan Koi Yang Sakit

Hati-hati Dalam Memakai Antibiotik Untuk Menyembuhkan Ikan Koi Yang Sakit

Membasmi Bakteri Pada Ikan Koi

Apabila koi anda sedang mengalami sakit hal tersebut di sebabkan oleh bakteri, yang biasanya diagnosanya di sebabkan oleh bakteri Aeromonas. Bakteri Aeromonas merupakan bakteri yang paling sering terjadi pada ikan koi, namun sebenarnya ada beberapa kemungkinan jenis bakteri lain yang bisa menyerang ikan koi anda. Bakteri-bakteri pada koi tersebut antara lain Pseudomonas, Flexibacter, Streptococcus dan Edwardsiella.

Ikan Koi Tancho Goromo

Bakteri Aeromonas menjadi bakteri yang banyak menyebabkan kematian pada ikan koi, untuk mendeteksi ikan koi yang terkena aeromonas, ada beberapa ciri ciri ikan koi secara fisik yang kelihatan pada ikan koi diantaranya:

  • Mulut dan sirip ikan Nampak seperti geripis atau biasa dikenal dengan busuk mulut.
  • Bitnik merah pada sisik yang lama kelamaan menjadi lubang besar.
  • Mata menonjol
  • Bakteri bisa menyerang pada organ dalam ikan, hingga menjadi borok
  • Dalam Kondisi yang sudah parah bau kolam akan busuk seperti bau telur busuk

Kondisi tersebut akan diperparah apabila ikan dalam keadaan stress, populasi ikan koi pada kolam terlalu padat dan kondisi air juga kurang bagus. Hati-hati Dalam Memakai Antibiotik Untuk Menyembuhkan Ikan Koi Yang Sakit

Mencegah Bakteri Pada Koi

Ikan Koi Tancho Goshiki

Bakteri yang menyerang koi bisa dicegah dengan langkah-langkah preventif sebagai berikut:

  • Jangan Over Populasi
  • Menjaga kualitas air agar tetap bagus
  • Karantina koi pendatang baru

Apabila langkah pencegahan tersebut sudah terlambat, maka anda harus melakukan pengobatan pada koi yang terkena bakteri. Berikut ini langkah-langkah pengobatan bakteri pada ikan koi.

  • Mengkarantina ikan koi

Ikan koi yang sudah diindikasi terkena bakteri dipisahkan pada bak karantina dengan air bersih dan temperature yang cukup tinggi. Dan berikan aerasi yang cukup guna untuk dapat memulihkan.

  • Memberikan Antibiotik

Antibiotic merupakan cara yang cukup efektif membasmi bakteri termasuk aeromonas. Apabila ikan koi masih mau makan, antibiotic bisa dicampurkan pada makanan.

  • Menyuntikkan Antibiotik

Jika bakteri sudah cukup parah hingga menyebabkan koi tidak mau makan, maka antibiotic bisa diberikan kepada koi melalui penyuntikan.

Vitamin-Antibiotik yang Dibutuhkan Untuk Budidaya Ikan

Selain peralatan dalam budidaya ikan sangat di butuhkan Vitamin-Antibiotik yang sangat di butuhkan ikan antibiotic dan bahan tersebut antara lain garam, menthylene blue, antibiotic serta bahan-bahan untuk menaikkan dan menurunkan suhu PH.

Menthylene blue dan garam

Bahan ini sering di gunakan pada aquarium penetasan telur dan pembibitan benih. Bahan ini berfungsi sebagai zat pembunuh bakteri dan jasad renik lainnya, begitu juga garam yang berfungsi sama seperti menthylene blue yaitu untuk mencuci hama air aquarium serta membunuh bakteri atau jasad renik pada tubuh ikan.

Sodium

Sodium bikarbonat atau soda merupakan suatu bahan yang di gunakan untuk menaikkan suatu derajad keasaman air. Sementara itu untuk menurunkan Ph air dapat digunakan larutan asam fostat.

Antibiotic

Antibiotic biasanya digunakan sebagai obat luar pada benih ikan yang mengalami luka di bagian kulitnya. Antibiotic yang bisa di gunakan adalah OTC atau Enroflox.

Ruangan

Usaha pembibitan ikan juga di butuhkan ruangan sebagai tempat akuarium dan pelengkapnya, ruangan yang dapat di gunakan tidak harus ruangan baru, akan tetapi bisa memakai salah satu ruangan yang tidak terpakai. Hal tersebut tentunya akan sangat menghemat biaya anda. Dan hal yang paling penting adalah kontruksi ruangan yang di gunakan harus tertutup dan dapat mempertahankan panas. Hati-hati Dalam Memakai Antibiotik Untuk Menyembuhkan Ikan Koi Yang Sakit

Demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *