Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi – Sebelum membahas lebih jaun, perlu di pahami terlebih dahulu bahwa tingkat pertumbuhan koi sangat di pengaruhi oleh faktor genetik yang di turunkan dari indukannya. Namun demikian tingkat pertumbuhan koi juga ditunjang oleh beberapa faktor berikut :

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

  • Mutu Pakan

Ini adalah faktor dominan yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan koi anda bila anda ingin agar koi cepat tumbuh besar, pilihlah pakan yang mengandung protein tinggi. Jenis pakan yang memiliki kadar protein tinggi (hi gro). Pakan jenis ini mengandung protein lebih dari 40 % dan banyak di jual dengan berbagai merk, tapi tentu harganya lebih mahal dari pada pakan pelet biasa apa lagi yang termasuk jenis pakan impor.

  • Pola Makan

Sebagaimana telah di uraikan di atas bahwa koi hanya perlu pakan harian sebanyak 2 – 3 % dari berat tubuhnya. Dengan demikian tak perlu memberi pakan terlalu banyak, sebab selain terbuang sia-sia juga akan mencemari air kolam. Berikan pakan setidaknya dalam frekuensi 3 kali sehari (pagi, siang, sore) dan jangan di biasakan pemberian pakan pada malam hari, sebab ada malam hari metabolisme koi tidak bekerja secara maksimal.

  • Intensitas Sinar Matahari

Bila kolam anda berada di dalam rumah (indoor ponds) yang sama sekali tidak terkena sinar matahari atau intensitas sinar matahari relatip rendah, maka pertumbuhan koi anda juga tidak bisa maksimal, bila di bandingkan dengan koi yang berada di luar rumah (outdoor ponds).

Sebagaimana kita ketahui sinar matahari sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup termasuk koi untuk pertimbuhannya dan jga dalam rangkat mengganti sel-sel yang rusak. Oleh sebab itu bila masih memungkinkan, usahakan untuk menambah intensitas matahari agar dapat masuk ke kolam anda.

  • Suara gemercik air

Kolam yang tenang atau tidak banyak terdapat suara percikan air, membuka koi juga berenang dengan tenang. Bila kolam koi anda terlalu tenang airnya, maka koi anda juga kurang agresif. Koi yang bergerak agresif memiliki nafsu makan yang besar.

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Oleh sebab itu jika air kolamanda relatif tenang/diam, maka yang dapat di lakukan adalah membuat semacam percikan air tambahan yaitu dengan menambah pompa atau membuat aliran air dari filter dan menyemprotkannya di atas permukaan air kolam. Tujuannya adalah untuk menambah gerakan air atau arus  dan bunyi gemercik air. Cara ini terbukti efektip untuk membuat koi anda bergerak lebih lincah.

Mengenal hal ini pernah dilakukan penelitian di Jepang dan hasilnya bahwa kolam yang ada gemercik air membuat koi bergerak lebih lincah di bandingkan dengan kolam tanpa adanya suara gemercik air. Secara naluriah mungkin koi menganggap percikan air yang ada adalah sebagai tempat dimana banyak tersedia makanan di sana.

  • Kedalaman air kolam

Bagi anda yang memiliki kolam dangkal atau cetek membuat pertumbuhan koi anda relatif lambat. Bahkan seringkali ditemui koi yang tampak bogel (pendek) dan terlihat buncit i bagian perutnya saja, sedangkan badannya tidak bertambah panjang.

Namun demikian kemungkinan hal ini karena faktor genetik dari masing-masing koi. Bila ada koi hasil keturunan dari induk yang panjang, meski di tempatkan di kolam dangkal sekalipun badannya juga akan cepat menjadi panjang dan besar.

Untuk membuat koi cepat besar dan panjang secara normal. Maka usahakan ke dalaman air kolam minimal 2-3 kali panjang badan koi. Koi yang ditempatkan di dlam kolam lebih dalam, maka tentu akan lebih cepat tumbuh, dibandingkan bila berada di dalam kolam yang dangkal.

  • Populasi Koi

Koi yang terlalu banyak dipelihara di dalam satu kolam menyebabkan persaingan yang sangat ketat dalam perebutan pakan. Oleh sebab itu dalam memelihara koi sebaiknya tidak perlu terlalu banyak tetapi lebih baik mengutamakan kualitasnya.

Mengapa?

Sebab bila koi anda terlampau banyak, maka tentu ada sebagian koi yang tidak memperoleh pakan sesuai dengan kebutuhannya dan sebagian lainnya terlalu banyak makan. Sedangkan koi yang berkualitas biasanya justru yang susah makan. Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *