Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Ikan koi. Ikan yang terkenal bisa membawa keberuntungan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak digemari oleh para pecinta ikan hias di dunia, terutama di Indonesia. Ikan hias yang berasal dari Negara Sakura Jepang ini memang dikenal sebagai ikan dengan corak cantik dan menarik yang cukup langka. Ikan koi dengan kualitas terbaik saja bisa dibanderol dengan harga jutaan rupiah.
Ikan koi Jepang Asli banyak yang dibudidayakan karena memiliki kualitas yang baik. Jika bibit budidayanya sudah berkualitas, maka nantinya akan diperolah ikan hias koi yang berkualitas pula. Maka itu, sangat perlu adanya informasi lengkap mengenai Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli agar bisa mengenali ikan hias koi dengan mudah.

Sejarah Ikan Koi Jepang

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Telah diketahui bahwa asal muasal ikan koi adalah berasal dari Negara Sakura Jepang. Ikan koi mendapat nama Koi yang berarti ian karper atau dalam bahasa Jepang merujuk pada Mishikigoi yang berarti ikan karper bersulam perak atau emas.
Di negara asalnya sendiri, ikan koi dipakai sebagai simbol persahabatan dan cinta sebab juga menjadi hormofon dari kata lainnya yang juga berarti kasih sayang atau cinta. Nishiki sendiri dalam Bahasa Jepang memiliki arti aneka warna , sementara goi yaitu karper, namun kata nishikoi lebih dikenal dengan nama koi saja.
Seiring berkembangnya jaman, ikan koi makin dikenal oleh dunia sebagai salah satu ikan hias unggulan. Semakin banyak budidaya dan kawin silang yang dilakukan oleh para breeder menjadikan jenis ikan koi menjadi berkembang.
Masyarakat Jepang mulai menghasilkan strail warna dan corak ikan yang lebih tajam dan indah. Hingga pada tahun 1870 muncullah jenis ikan koi kohaku dengan warna merah dan putih. Kemudian pada tahun 1910, mulai muncul jenis baru yaitu shiro utsuri yang memiliki kombinasi warna hitam dan putih, serta jenis kinutsuri yang memiliki perpaduan warna cantik antara hitam dan kuning.
Jenis Niigata koi mulai dipamerkan pada EXPO tahunan Tokyo pada tahun 1914 dan menjadi jenis yang paling menarik kala itu di seluruh wilayah di Jepang. Kemudian mulailah ikan koi beragam jenis ini menyebar di seluruh belahan dunia.

Jenis Ikan Koi Asli dari Jepang

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Berikut ini adalah jenis-jenis ikan koi asli dari Jepang:

1) Koi Shiro Utsuri
Jenis ikan koi Shiro utsuri merupakan jenis ikan koi asli dari Jepang pertama. Ikan ini memiliki corak menarik seperti zebra karena hanya memiliki warna hitam dan putih. Ikan ini adalah salah satu yang palig unik dan berharga fantastis.
Yang bisa dibanggakan dari jenis ikan koi shiro utsuri ini aalah corak dan warnanya yang unik. Pasalnya, corak ikan koi jenis ini akan berubah sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan ikan tersebut, namun dari segi warna masih sama. Corak dan warna pada jenis shiro utsuri ini menjadi ciri khas penting yang membedakan ikan koi jepang ini dari jenis yang lainnya.
Untuk ciri fisik dari ikan koi shiro utsuri ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis ikan koi yang lainnya. Lagi-lagi corak dan warna ikan koi jadi ciri khas utamanya. Pada bagian kepala ikan koi jenis ini terdiri dari 40% warna hitam dan 60% warna putih. Apabila diperhatikan lebih teliti lagi, pola warna yang ada pada ikan ini sangat unik, warna hitam pada kepala akan berbentuk huruf V. Hal ini bisa jadi ciri utama kualitas ikan koi shiro utsuri terbaik.

2) Koi Aka Hikarimono
Ikan koi Jepang yang kedua adalah koi aka hikarimono. Tak kalah dari shiro utsuri, type ikan yang satu ini juga bisa memika hati para breeder pecinta ikan koi.
Ikan koi aka hikarimono ini sering disebut dengan nama ogon karena memiliki ciri khas yang unik. Cirinya adalah memiliki warna metalik dan lebih dominan di 1 warna itu saja. Meskipun begitu, sekarang sudah mulai bermunculan juga banyak variasi dari ikan koi aka hikarimono.
Ikan koi ogon adalah ikan koi metalik dengan warna putih atau platinum. Ikan ini juga memiliki sebutan sebagai platinum ogon. Ada juga yamabuki ogon yang memiliki corak kuning terang atau emas tapi masih masuk dalam keluarga ogon. Nezu ogon sendiri memiliki warna metalik abu-abu. Satu lagi yaitu orenji ogon dimana type ini memiliki warna oren metalik.
Para pecinta koi semakin menyukai ikan jenis ini karena memiliki warna yang cerah dan kualitas cemerlangnya. Warna metalik dan juga kujaku pada ikan koi aka hikarimono yang meningkat menjadi keuntungan tersendiri.
Untuk level konteks kojaku sendiri merupakan koi metalik atau ogon dari varian matsuba yang memiliki pola warna oranye an merah. Ada juga pola matsubanya yang berbentuk seperti bulu merak, sehingga dinamakan kujaku.

3) Koi Asagi
Ikan koi ini merupakan ikan koi asli Jepang ketiga yang juga tak kalah populer dari dua jenis diatas. Ikan koi Asagi memiliki ciri khas yaitu warna biru di bagian belakang, serta warna merah atau oranye yang ada di bagian perut hingga ke sirip. Ikan koi Asagi dengan type terbaik adalah hi asagi an gin rin asagi.
Kepopuleran dan corak indah yang dimiliki koi asagi ini tentu saja berdampak pada tingginya harga per ekor dari ikan koi asli Jepang ini. Meskipun begitu, breeder tetap saja ingin memelihara jenis ini karena unik dan menarik.

4) Koi Ki Utsuri
Ikan koi asli Jepang selanjutnya yang juga tak kalah populer adalah koi ki utsuri. Ikan koi utsuri ini merupakan jenis ikan koi dengan harga yang sangat mahal daripada jenis utsuri yang lainnya. Ikan ini memiliki ciri khas yang tidak ditemukan di jenis ikan koi yang lainnya. Ikan ini memiliki warna dan corak warna hitam dan warna kuning.

5) Koi Shusui
Ikan koi shusui merupakan jenis ikan koi asli Jepang juga. Jenis ikan ini merupakan ikan koi dari keturunan asagi namun tidak serupa. Jenis yang satu ini memiliki sisik di sepanjang garis dorsal pada bagian atas belakang untuk mengganti pola jaring biru dari type koi asagi. Bagian sirip dan perut dari type koi shusui ini didominasi oleh warna merah serta oranye yang hampir menyeluruh.

6) Koi Kumonryu
Ikan koi Kumonryu merupakan jenis ikan koi asli Jepang selanjutnya. Ikan koi Kumonryu ini merupakan jenis ikan koi yang terunik karena mampu merubah pola atau corak di tubuhnya sampai beberapa kali sepanjang hidupnya. Mulai dari warna putih solid hingga menjadi hitam atau kombinasi diantara keduanya.
Itulah dia beberapa informasi yang kami sajikan untuk Anda. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan bisa menjadi informasi yang dimanfaatkan sebaik mungkin. Anda juga bisa mendapatkan bibit ikan koi asli Jepang dari kami. Langsung hubungi kontak tersedia untuk mendapatkan layanan pemesanan bibit ikan koi berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *