Ciri-Ciri Ikan Koi Asli Dari Jepang

Ciri-Ciri Ikan Koi Asli Dari Jepang

Ciri-Ciri Ikan Koi Asli dari jepang

Ciri-Ciri Ikan Koi Asli dari jepang – Siapa sih yang tidak mengetahui ikan hias satu ini?  Iya.. ikan Koi merupakan ikan yang banyak di kenal oleh orang se dunia. Sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis ikan hias cantik satu ini. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak kita jumpai dipara penjual ikan hias.  Ikan Koi adalah ikan hias jenis karper yang berasal dari Jepang, masih satu kerabat dengan ikan mas. Di negara aslinya, koi disebut nishikigoi. Dan ikan memiliki motif warna yang sangat indah dna elegan, tak heran jika ikan yang satu ini menjadi ikan peliharaan favorit banyak orang.

Ciri-Ciri Ikan Koi Asli Dari Jepang

Banyak yang menyukai ikan hias satu ini. Selain warnanya yang indah ikan hias ini dipercaya membawa keberuntungan untuk siapa pun yang memeliharanya. Yang menarik lagi dari ikan hias satu ini adalah ikan koi merupakan ikan hias yang bisa hidup hingga puluhan tahun dengan panjang mencapai 100 cm. Selain itu warna indah dan elegan yang dimiliki ikan koi bisa memikat banyak orang walaupun orang tersebut tidak termasuk orang yang hobi terhadap ikan hias satu ini.

Pada zaman dahulu ikan koi hanya bisa dimiliki para raja dan kaisar di Jepang. Ini karena ikan koi menjadi lambang kekayaan dan kemakmuran raja di Jepang. Harga ikan koi yang mahal inilah yang membuat tidak banyak orang bisa memilikinya.

Mengapa koi harganya mahal? Kebanyakan penggemarnya menyebut terletak pada keelokan ikan itu.

Di Jepang, ikan koi dikaitkan dengan perayaan hari anak laki-laki (Kodomo no Hi), setiap 5 Mei, yang ditandai dengan diadakannya festival. Sejak tahun 1948, hari anak-anak yang menjadi simbol harapan akan kesehatan dan kemakmuran itu, dijadikan hari libur nasional.

Ikan Koi, datang ke Indonesia diperkirakan tahun 1981 s/d 1982. Koi pertama ini panjangnya mencapai 100cm, dan bisa berumur 50 s/d 75 tahun. Ikan ini dibawa oleh seorang pecinta ikan bernama Hani Moniaga. Ia kemudian mengembangkan peternakan koi di Cipanas, Jawa Barat. Sejak saat itu, ikan koi jadi populer di kalangan masyarakat pecinta ikan. Jai meskipun ikan koi berasal  dari negara jepang dan merupakan ikan yang sangat mahal.

Hal ini karena mitos yang banyak di percayakan kebanyakan orang mengenai ikan hias satu ini.  Itulah kenapa ikan koi memiliki harga yang terkadang sangat fantastis. Tetapi sekarang ini ikan koi sudah banyak diperjual belikan secara bebas. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak yang budidaya ikan hias cantik ini. Meski dahulu harga ikan koi sangat mahal dan karena sekarang sudah banyak yang budidaya ikan ini Harga ikan koi sekarang mejadi lumayan terjangkau dan berbagai variasi harga tergantung warna dan ukurannya.

Nah, karena ikan koi ini berasal dari jepang hingga terkenal seperi saat ini. pasti banyak yang penasaran seperti apa sih ikan koi asli jepang itu… Ciri-ciri ikan koi asli dapat dilihat dari rupa ikan koi. Ada ikan koi yang berasal dari negara aslinya yaitu Jepang, ada pula ikan koi lokal yang dikembangbiakkan oleh penduduk setempat. Ikan koi ini merupakan ikan yang menjadi lambang cinta dan persahabatan. Oleh karena itu, warga Jepang merawat ikan koi dengan perawatan yang tak main-main.

Sebelum Anda mengetahui ciri-ciri ikan koi asli, Anda harus tau bagaimana rupa ikan koi pada umumnya. Ikan koi adalah jenis ikan hias yang merupakan ikan peliharaan yang termasuk favorit. Ikan ini terkenal dengan kecantikan warnanya yang beraneka. Ada ikan koi dengan warna dasar merah dengan corak putih, hitam, dan lain sebagainya. Bahkan, ada ikan koi yang warna tubuhnya polos tanpa corak. Ikan koi ini dikenal sebagai ikan yang warnanya indah sehingga sering dipelihara oleh para pecinta ikan.

Ikan koi yang berasal dari negara Jepang ini memiliki banyak ragam jenis. Ada yang disebut koi bekko, kohaku, slayer, dan lain sebagainya. Ikan koi ini berbeda warna dan corak sehingga penamaannya pun berbeda. Dan bagi ikan yang merupakan hasil persilangan, penamannya biasanya diambil dari nama induknya yang disilangkan.

Ikan koi yang asli dan palsu atau lokal memiliki banyak perbedaan.Anda dapat menemukan berbagai karakteristik yang berbeda antara ikan koi asli dari Jepang maupun yang bukan berasal dari Jepang asli. Berikut ini akan membahas perbedaan ikan koi asli dengan yang bukan asli.

Ciri – ciri Ikan Koi Asli dari Jepang

Penamaan ikan koi asli disandarkan pada asalnya yaitu negara Jepang. Ikan koi yang berasal dari Jepang tentunya berbeda dengan koi lokal yang dikembangbiakkan di dalam negeri.

Ciri-Ciri Ikan Koi Asli Dari Jepang

Di Jepang, ikan koi dipelihara sedemikian rupa dan dikembangbiakkan dengan perawatan yang maksimal. Ikan koi diberikan pakan terbaik, bahkan perlakuan kepada ikan koi pun diperhatikan. Hal ini membuat kualitas ikan koi asli menjadi lebih unggul dari koi lokal. Ikan koi ini lalu dibawa ke Indonesia, menjadi koi import.

Di dalam negeri, bukan berarti ikan koi tidak diperhatikan. Ikan koi dipelihara dengan perawatan yang juga maksimal dengan harapan akan menjadi berkualitas unggul. Namun, tetap saja ada beberapa perbedaan antara ikan koi asli dengan yang lokal. Berikut ini adalah ciri-ciri khusus ikan koi.

1. Jinak pada pemilik

Biasanya, koi yang asli dari Jepang memiliki karakteristik sifat yang jinak. Jika didekati, koi ini tidak takut ataupun malu kepada tangan manusia. Anda dapat memberi makan ikan koi asli secara langsung dan tidak perlu khawatir ikan dapat menjadi stress. Ikan koi Jepang cenderung nyaman dan jinak pada pemiliknya.
Ciri-Ciri Ikan Koi Asli Dari Jepang

Berbeda dengan koi asli, koi lokal yang dikembangbiakkan tidak di tempat aslinya memiliki karakteristik yang lebih liar. Ikan koi lokal akan lebih aktif untuk menghindar jika didekati oleh tangan manusia. Jika merasa lingkungannya terancam atau berubah, ikan koi lokal akan berenang menjauh dari tangan manusia.

2. Warnanya lebih cerah

Ikan koi asli memiliki warna yang lebih cerah dibanding ikan koi yang bukan berasal dari negara aslinya. Ikan koi di Jepang diberikan perawatan khusus yang menjadikan warna sisiknya menjadi lebih cerah. Selain itu, motif ikan koi juga dipengaruhi oleh jenis aslinya.

Ikan koi lokal cenderung memiliki warna dan corak atau motif yang lebih pucat. Memang tidak semuanya, namun jika dibandingkan, warna sisik koi asli akan terlihat lebih cerah. Biasanya, ikan koi lokal berwarna cerah ketika masih anakan. Namun ketika dewasa, warnanya perlahan-lahan memudar.

3. Bukan hasil persilangan

Ikan koi asli merupakan ikan koi yang benar-benar berasal dari negara Jepang dan keturunan murni. Biasanya, para peternak ikan menyilangkan banyak jenis koi sehingga didapatkan ikan koi jenis baru. Ikan koi yang berasal dari persilangan banyak yang menyebut bahwa ia bukan merupakan jenis koi asli.

Demikianlah ciri-ciri ikan koi asli yang dapat Anda lihat dari perbedaan dengan koi lokal. Jika Anda ingin membeli ikan koi yang berkualitas, Anda bisa menghubungi  nomer yang ada di web site ini. customer servise kami akan melayani Anda dengan sepenuh hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *