Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Siapa sih yang tak kenal dengan ikan hias koi? Ikan yang satu ini menjadi ikan hias andalan yang menjadi minat utama masyarakat pecinta ikan hias dari berbagai belahan dunia. Ikan yang masih berada dalam satu keluarga ikan mas ini memang memiliki warna dan corak yang cantik yang siap membius siapa saja yang melihatnya. Terlebih lagi, ikan koi dikenal bisa memberikan keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya.
Ikan koi ini dibanderol dengn harga yang berbed-beda, tergantung dari type dan corak warna yang ada di tubuh mungil ikan ini. Apalagi jika ikan koi memiliki bintik atau spot unik akan menjadi sangat tinggi harganya. Dikarenakan semakin melonjaknya keinginan masyarakat untuk memelihara ikan hias ini, mak dari itu banyak orang yang mulai melakukan budidaya ikan koi untuk mencapai keuntungan.
Sebelum memulai bisnis budidaya ikan hias koi ini pastikan Anda untuk mendapatkan informasi yang luas seputar ikan koi dan bagaimana cara membudidayakannya. Berikut ini kami bagikan informasi terlengkap tentang budidaya ikan koi yang tepat. Berikut ini kami bagikan informasi tentang cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar.

Tips Budidaya Ikan Koi

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Bagi para pehobi dan pembudiaya ikan koi sangat memerlukan informasi mengenai tips budidaya ikan koi. Tips-tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan ikan hias koi yang unggul dan berkualitas.
– Lokasi terbaik untuk budidaya. Ikan koi dibudidayakan di tempat yang tenang dan aman dari predator. Hal ini tentu saja berguna untuk kelancaran kehidupan ikan koi dan menghentikan penghambat yang mungkin saja ada.
– Usahakan untuk menempatkan kolam ikan koi diuar ruangan, tetapi bisa juga dilakukan didalam ruangan dengan cahaya yang mencukupi.
– Pelajari dengan benar mulai dari pembibitan, cara budidaya, dan cara menumbuhkan ikan koi hingga panen.

Kolam Ikan Koi dari Terpal
Budidaya ikan koi bisa dimulai ketika Anda sudah menyiapkan kolam untuk ikan Anda. Kolam termudah yang bisa dibuat dalam waktu cepat adalah kolam dari terpal.
Pembuatan Kolam Ikan Koi dari Terpal
Cara membuat kolam ikan koi dari terpal adalah dengan menggali tanah sesuai dengan ketinggian dan luas yang diinginkan, kemudian ditutupi dengan terpal. Setelah itu bisa diisi dengan air sesuai dengan standar, sehinga air tidak akan bercampur dengan tanah disekitarnya.

Ukuran Kolam Ikan Koi dari Terpal
Kolam ikan terpal dibuat dengan ukuran seperlunya atau dikira-kira sesuai dengan jumlah ikan koi yang dimiliki. Namun pada umumnya, kolam terpal dibuat dengan ukuran 4x5x1 meter yang artinya akan memiliki volume air penuh sebanyak 20 liter air. Untuk ukuran kolam sekian, maka yang harus dipersiapkan adalah terpalnya dengan ukuran 6×7 meter atau dengan luas 42cm2. Gunakan jenis terpal halus dan pastikan memiliki bagian ujuang terpal yang kuat. Tambahkan juga ring besi di bagian terpal yang diberi lubang sehingga terpal tidak mudah sobek atau bocor.

Perawatan Kolam Ikan Koi dari Terpal
Perawatan kolam terpal bisa terbilang yang termudah dari kolam jenis lainnya. Yang perlu dilakukan hanyalah membersihkan kolam secara rutin. Bisa juga ditambahkan beberapa tanaman kecil dibagian dasar kolam yang nantinya bisa digunakan sebagai tempat tinggal di ikan-ikan.

Filter Air untuk Ikan di Kolam Terpal
Filter air yang ditempatkan pada ikan koi terpal bisa dijadikan salah satu faktor utama keberhasilan kualitas ikan koi saat masa panen nantinya. Penempatan filter air di kolam terpal ini bisa dipasangkan di bagian dasar kolam sehingga air kolam akan terjaga kualitasnya. Fungsinya juga bisa untuk menyerap kotoran dan sisa makanan ikan yang akan jatuh di bagian dasar kolam.

Pembibitan Ikan Koi
Pembibitan ikan koi ini bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan meletakkan benih-benih ikan koi langsung di kolam terpal. Cara kedua adalah dengan memasukkan ikan koi betina dan jantan di kolam yang sama namun terpisah dengan ikan lainnya dan menunggu hingga benih bisa diproduksi. Akan tetapi, perlu diawasi karena memang pembibitan awal menjadi salah satu momok kegagalan pembibitan.

Keuntungan Kolam Ikan Koi dari Terpal

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Ternyata kolam ikan dari terpal ini memiliki banyak keuntungan atau kelebihan. Berikut informasinya.

– Tidak bau tanah
Jika pada umumnya kolam ikan koi berbau lumpur, maka berbeda dengan kolam terpal yang tidak menghasilkan lumpur sama sekali.

– Perawatan lebih cepat
Kolam terpal akan mempermudah langkah pembersihan air kolam dan juga kolam akan cepat kering. Pembersihan yang cepat juga akan berguna untuk meminimalisir bakteri yang tumbuh dibagian dasar kolam. Untuk masa pembersihan di kolam terpal hanya membutuhkn waktu sekitar 1 sampai 2 hari saja. Berbeda dengan jenis kolam lainnya yang memerlukan waktu paling tidak seminggu untuk membunuh bakteri.

– Panen lebih mudah
Ukuran pembuatan kolam terpal biasanya tidak terlalu luas, maka itu proses panen bisa dilakukan lebih mudah. Selain itu, bagian dasar kolam terpal ini sedikit mengandung lumpur bahkan hampir tidak sama sekali. Hal ini tentu saja akan lebih mempermudah proses panen ikan koi.

– Menjaga volume air
Budidaya ikan koi di kolam terpal menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan kualitas budidaya ikan koi berkualitas. Kolam terpal ini sangat cocok bagi mereka yang membudidayakan ikan koi di area sekitar pantai. Jika tidak menggunakan terpal, kolam yang dibuat bisa terus berkurang volume airnya karea tersusut kedalam tanah. Untuk itulah erpal menjadi solusi terbaik untuk menjaga jumlah volume air kolam.

– Menjaga suhu air
Dengan menggunakan kkolam terpal, suhu air di kolam lebih stabil. Air juga akan nampak lebih tenang dan membuat ikan koi bisa leluasa bergerak ke seluruh bagian kolam. Bahkan ikan koi akan berkembang biak dengan baik jika suhu air selalu sesuai dengan standar.

– Meminimalisir hama dan penyakit
Hama dan penyakit yang biasa menyerang ikan tidak banyak ditemui jika menggunakan kolam ikan terpal.

– Menambah usia hidup ikan.
Kolam terpal akan mampu menjaga kualitas air yang ada dan dapat mengatur adanya jumlah bakteri yang hidup sehingga tidak membahayakan untuk ikan. Kolam terpal memang sudah lama dikenal memiliki survival rate yang lebih tinggi daripada kolam jenis lain.

– Memberikan lebih banyak keuntungan
Jika ikan koi bisa hidup dan berkembang biak dengan baik di kolam terpal, maka hasil panen ikan koi yang nantinya akan dihasilkan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Ikan koi berkualitas dan sehat tentu saja bisa dijual dengan harga yang mahal. Jika dibandingkan dengan penggunaan jenis kolam lain, panen ikan di kolam terpal lebih cepat, tepat, dan berlimpah.
Itulah informasi tentang cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar yang bisa kami bagikan untuk Anda. Anda bisa mulai mendapatkan benih ikan koi yang berkualitas baik dari Agro Koi Farm. Kami bertempat di Blitar dan Plosoklaten Kediri untuk pelayanan maksimal seputar pembudidayaan ikan koi. Pastikan kolam terpal Anda sudah siap ditempati, dan kemudian bisa langsung mendapatkan bibit ikan koi berkualitas dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *