Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Fin Rot Pada Ikan Koi

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Fin Rot Pada Ikan Koi

Ikan Koi Ochiba Sigure

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Busuk Sirip  adalah  penyakit koi akibat serangan bakteri (bacterial infection). Penyakit ini menyerang pada bagian sirip dan ekor koi. Penyebab utamanya adalah karena kualitas air kolam yang rendah. Penyakit ini sering kali disebabkan kondisi kolam yang kotor, kualitas perawatan yang buruk atau terpapar ikan lain yang terjangkit penyakit menular. Ikan yang mengalami busuk sirip akan memiliki sirip yang terlihat robek atau compang-camping seolah membusuk. Busuk sirip juga dapat menyebabkan ikan berubah warna dan lesu. Busuk sirip yang tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sirip ikan dan bisa berakibat fatal. Busuk sirip sangat menular dan ikan yang mengalami masalah ini harus segera dikarantina agar tidak menulari ikan lain di dalam kolam.

Jika anda memiliki kolam, apalagi dengan tingkat populasi koi yang cukup padat, tentu anda harus menempatkan sistem filterasi yang baik dan benar untuk memelihara kualitas air kolam anda. Mengapa demikian? Sebab mutu air kolam sangat berpengaruh pada kesehatan koi-koi anda. Untuk itulah maka diperlukan perawatan yang baik dan berkesinambungan terhadap air kolam anda jika menginginkan agar koi-koi anda tetap dalam keadaan sehat. Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Fin Rot Pada Ikan Koi

Penyebab Penyakit Busuk Sirip

Ikan Koi Kumpay Slayer

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Fin Rot disebabkan oleh infeksi bakteri. Di perkirakan ada beberapa bakteri berbeda yang menyebabkan penyakit serupa, seperti Flavo bacterium (yang sebelumnya dikenal sebagai Flexibacter), juga Aeromonas dan Pseudomonas.

Sesungguhnya yang membuat bakteri ini mulai menyerang adalah karena kondisi koi yang sedang stress akibat kualitas air kolam yang memburuk. Kemampuan dan daya tahan masing-masing koi berbeda-beda, dalam menghadapi serangan penyakit ini.

Oleh sebab itu, Fin Rot tidak gampang menular dan biasanya hanya menyerang pada satu atau dua ekor saja. Meski demikian, jika tak segera diketahui, maka akan semakin banyak koi yang menjadi korbannya. Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Fin Rot Pada Ikan Koi

Gejala sirip membusuk

Ikan Koi Shusui Yamaju

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Pada awalnya, bakteri mulai memakan selaput bening yang berada di bagian sirip. Sebagai tanda-tandanya adalah pada area yang terserang penyakit tersebut akan tampak berwarna putih susu yaitu terutama di bagian tepi. Apabila hal ini dibiarkan saja, maka sedikit-demi sedikit bagian yang rusak semakin meluas dan bakteri ini akan terus merusak dan memakan seluruh organ hingga habis sama sekali. Penyakit Fin Rot pada umumnya dijumpai pada hampir semua jenis ikan, adapun ciri Ikan yang terkena Fin Rot (Busuk Sirip) ini diantaranya :

Dari kiri ke kanan: Gigi ekor, Fin Rot tahap awal, Fin Rot tahap lanjut

Penyebab: Bakteri, kondisi air yang kotor

Sifat Penyakit: Dapat menular

Gejala: Muncul warna gelap atau kadang kemerahan seperti berdarah dipinggiran sirip, sirip yang terserang lama kelamaan jadi habis seperti rontok/sobek, ikan masih tetap aktif bergerak, nafsu makan tetap baik, sirip bisa menguncup dan warna memucat. Bila sudah parah busuknya akan merembet sampai ke badan ikan.

Untuk cara Pengobatannya :

  • Isolasi/karantina ikan yang sakit
  • Ganti Air full, tempatnya dicuci bersih
  • Antibiotik (Ampicillin, Super Tetra, dsb yang mana yang lebih mudah tersedia,
  • Atau: Gunakan General Tonic (bisa merk Rid All, Tetra, dsb

Bagi para pemelihara ikan Koi tentu tidak asing lagi dengan Garam Ikan. Nama ‘Garam ikan’ disini maksudnya adalah garam murni yaitu dengan komposisi kimia NaCl (Natrium Clorida), sedikit berbeda dengan garam dapur yang digunakan sebagai bumbu masakan yang mengandung yodium. Penggunaan Garam dapur untuk mengobati ikan tidak disarankan, sebab garam dapur bisa saja mengandung zat-zat lain yang tidak diperlukan. Namun demikian dalam keadaan terpaksa, pemakaian garam dapur untuk mengobati ikan masih dapat digunakan asalkan tidak terlalu sering.

Garam sudah cukup lama dikenal sebagai salah satu obat untuk membasmi berbagai jenis parasit protozoa seperti Costia, Trichodina dan Chilodonella serta Cacing dan ektoparasit lainnya. Garam juga dapat membantu keseimbangan dalam proses osmoregulasi pada insang yang disebabkan oleh ulkus bakteri dan membantu mengurangi stres pada koi anda.

Karena garam bekerja dengan cara yang berbeda dengan kebanyakan pengobatan penyakit, maka lebih aman digunakan pada perawatan kolam dan tidak akan mempengaruhi filtrasi biologis dalam filter kolam sepanjang kadarnya tidak berlebihan. Konsentrasi larutan garam yang sangat pekat, dapat dipakai untuk perendaman (pemandian) ikan dalam jangka waktu pendek. Disamping itu larutan garam juga bisa digunakan sebagai terapi suportif jangka panjang di kolam koi anda. Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Fin Rot Pada Ikan Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *