Cara Memberi Pakan Ikan Koi Yang Benar

Cara Memberi Pakan Ikan Koi Yang Benar

Cara Memberi Pakan Ikan Koi Yang Benar

Cara Memberi Pakan Ikan Koi Yang Benar – Koi adalah ikan penghuni kolam yang jinak dan bersahabat dengan siapa saja. Bila anda memelihara koi di rumah , tentu ingin agar koi anda selalu sehat dan tumbuh dengan normal serta jinak. Untuk itu anda harus memberinya pakan dengan cara yang benar, agar memperoleh apa yang di inginkan. Bagaimana cara memberi pakan Koi yang benar? Berikut ini tips dan trik yang bisa anda lakukan.

Cara Memberi Pakan Ikan Koi Yang Benar

  • Pada titik tertentu

Bila anda sedang memberi makan kepada Koi, usahakan pada satu tempat atau titik tertentu bila kolam anda cukup luas. Mengapa demikian?

Sebab hal ini akan membuat ikan Koi terbiasa sehingga mereka akan segera berkumpul di tempat tersebut meski baru mendengar langkah kaki anda.

Gunakan pakan yang mengambang yaitu berupa pelet kering yang banyak di jual di pasaran. Hal ini sangat di sarankan agar koi dapat muncul di permukaan air kolam ketika menyantap makanan yang di berikan dan anda pun bisa mengusap atau mengelus-elusnya. Memberi pakan koi pada satu tempat tertentu, dapat membuat membuat koi jadi jinak dan selanjutnya tentu akan membuat anda sangat menikmatinya.

  • Utamakan kualitas bukan kuantitas

Yang terpenting dalam memberi pakan koi adalah jangan sampai memberi pakan secara berlebihan. Sesungguhnya koi hanya membutuhkan waktu paling lama 5 menit untuk menghabiskan seluruh pakan yang diberikan. Oleh sebab itu berilah pakan sedikit demi sedikit dan merata. Yang dimaksud merata adalah agara seluruh koi memperoleh jatah makanan yang sesuia dengan berat tubuhnya. Seringkali terjadi pada para pemelihara yang ingin agar koi cepat besar, memberi makanan dalam jumlah yang berlebihan dalam satu waktu. Hal ini adalah cara yang keliru.

Mempercepat pertumbuhan koi bukan dengan memperbanyak jumlah pakan namun dengan memberi pakan berkualitas yang banyak mengandung protein (hi gro).

Untuk diketahui bahwa koi tidak memiliki lambung dalam proses pencernaannya. Oleh sebab itu bila koi makan dalam jumlah yang berlebihan pada sekali waktu, maka pakan yang diberikan itu hanya akan terbuang sia-sia menjadi kotoran dan justru malah menurunkan kualitas air kolam. Oleh sebab itu, berilah pakan koi sedikit-sedikit dan secukupnya saja.

  • Koi membutuhkan pakan per hari hany 2% dari berat tubuhnya

Koi dikenal sebagai ikan dengan nafsu makan yang sangat tinggi. Berapa pun jumlah pakan yang diberikan akan di lahapnya. Bila isi perut koi sudah penuh makanan, barulah koi berhenti makan. Namun demikian sebagaimana yang telah di uraikan di atas, pakan yang berlebihan akan terbuang sia-sia.

Untuk menjaga efisiensi dan efektifitas pemberian  koi anda bermutu tinggi) maka idealnya jumlah pakan yang di berikan untuk koi anda per hari rata-rata 2-3% dari berat tubuhnya. Untuk memudahkan, perkirakan berat seluruh koi yang ada, itu sama dengan total berat pakan dalam sebulan. Tinggal di bagi 30, maka hasilnya adalah takaran jumlah pakan harian untuk koi. Sebagai perkiraan berat koi yang berukuran 25-30 cm adalah sekitar 300 gram.

Di sisi lain, selera makan koui adalah menunjukkan tingkat kesehatannya. Koi yang sehat akan makan dengan lahap. Sebaliknya bila koi anda kurang nafsu makanatau dengan kata lain tidak seperti biasanya pastikan bahwa koi anda tidak dalam keadaan sakit.

  • Kurangi jumlah pakan di musim hujan

Terutama untuk kolam terbuka di luar rumah (outdoor ponds) maka suhu air kolam sangat berpengaruhi oleh musim atau cuaca. Pada musim penghujan tentu suhu air kolam rata-rata rendah atau lebih rendah bila di bandingkan pada musim kemarau. Apalagi sedang terjadi hujan deras , sebaliknya kurangi jumlah pakan yang di berikan. Sebab pada suhu (temperatur) air yang rendah , nafsu makan koi juga akan berkurang bahkan terkadang koi tak mau makan sama sekali.

  • Cara praktis pemberian pakan

Jika anda tak cukup banyak waktu untuk memberi pakan untuk koi, maka dapat di gunakan alat atau mesin khusus yaitu Automatic feeder. Alat ini mampu bekerja secara otomatis dalam menyediakan pakan untuk koi. Tinggal mengatur berapa jumlah atau berat pakan yang akan diberikan, pada selang waktu tertentu maka anda tak perlu repot lagi. Selain praktis, alat ini akan memberi pakan secara teratur dan di sesuaikan dengan kebutuhan, sehingga koi dapat terjamin kecukupan pakannya.

Pemberian pakan yang benar adalah dengan cara memberikan sedikit demi sedikit, tapi sesering mungkin misalnya setiap 2 jam sekali. Dengan demikian koi dapat menyerap seluruh nutrisi dari pakan yang di berikan. Hal ini juga untuk efisiensi biaya pakan jika anda menggunakan pakan dengan kualitas baik dan harga yang mahal. Di harapkan dengan cara ini, koi akan dapat tumbuh lebih cepat.

Cara Memberi Pakan Ikan Koi Yang Benar

  • Angkat sisa kelebihan pakan

Normalnya koi akan menghabiskan pakan yang diberikan dalam waktu kurang dari 5 menit. Dengan  demikian bila anda menemukan sisa pakan yang mengambang di permukaan kolam, maka berarti anda telah memberi pakan secara berlebihan (over feeding).

Sekali lagi hindari terjadinya over feeding sebab jumlah pakan yang berlebuhan tak ada gunanya bagi koi dan justru hanya akan mengotori air kolam. Sisa pakan berlebihan yang mengambang di permukaan air kolam hendaknya segera di angkat dan di buang agar tidak mengotori kolam.

  • Peliharalah koi sedikit namun berkualitas

Biasanya para penghobi koi pemula memelihara koi dalam jumlah yang cukup banyak di dalam kolam yang sempit. Hal ini sangat tidak di sarankan, sebab tentu akan menyulitkan dalam mempertahankan kualitas air kolam. Bila jumlah populasi padat, maka diperlukan ruang filter yang cukup memadai atau seimbang dengan kepadatan populasi koi. Bila kondisi air kolam tidak dapat terjaga dengan baik, maka koi akan sangat mudah terserang penyakit.

Memelihara koi yang baik adalah dalam jumlah yang sedikit namun berkualitas. Sedikit saran bila anda merasa bahwa jumlah koi anda cukup banyak di dalam kolam, maka tambahkan ektra aerator (pompa udara) untuk menambah pasokan oksigen yang larut dalam air kolam.

  • Waktu ideal pemberian pakan

Sebaliknya dalam memberi pakan koi adalah 2 atau 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan sore hari. Idealnya pada jam 10 pagi, 1 siang dan terakhir 4 sore. Jangan membiasakan memberi pakan koi pada malam hari, sebab kinerja metabolisme koi sudah mulai menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *