Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Ikan koi memang sudah menjadi type ikan hias kesayangan masyarakat di seluruh belahan dunia, bahkan di Indonesia. Ikan koi ini tetap menjadi ikan hias andalan bagi para pembudidaya dan juga pehobi ikan hias meskipun ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.
Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super
Ikan koi yang cocok untuk dipelihara maupun dibudidayakan haruslah berasal dari ikan koi super yang berkualitas terbaik. Ikan koi super bisa kita lihat dari ciri fisik maupun cara berenang, dan beragam cara lain untuk mengenalinya. Berikut informasi tips cara Jitu Memilih Ikan Koi Super untuk Anda.

1) Bentuk badan ikan koi. Ikan koi memiliki bentuk badan yang ideal antara panjang dan tingginya. Ikan koi memiliki panjang antara 12 atau 13 dan memiliki bentuk tubh yng bulat memanjang tetapi tidak menampilkan tubuh yang gemuk.
2) Garis punggung. Ikan koi berkualitas memiliki garis punggung yang lurus alias tidak melengkung.
3) Cara berenang. Ikan koi super juga bisa dilihat dari cara berenangnya. Ikan koi yang baik akan berenang dengan seimbang karena memiliki sirip yang seimbang di kanan dan kirinya, atau dikenal memiliki jitai baik.
4) Sirip ikan. Pilih ikan koi super yang memiliki sirip dada dan sirip perut yang sama besar. Untuk sirip punggung dan sirip ekor juga harus dipilih yang proporsional dan seimbang sesuai dengan panjang tubuh si ikan koi. Selain itu, akan lebih baik jika bisa mengenal sirip ikan koi yang tegak maupun yang terjuntai ke kanan dan ke kiri.
5) Bentuk area kepala. Ikan koi yang baik perlu dilihat di bagian mata, mulut serta insangnya. Masing-masing harus serasi dan proporsional. Jangan memilih ikan koi yang terlalu mancung atau sebaliknya, karen biasanya hidung yang terlalu masuk bisa terdapat timbunan daging.
6) Hidung ikan. Perhatikan area hidung ikan dan pastikan normal. Karena hidung ikan yang terlalu terbuka bisa mengindikasikan bahwa ikan koi terkena penyakit insang.
7) Warna corak pada ikan. Ikan koi berkualitas memiliki warna sisik yang kontras, maksudnya, antara warna corak dan warna dasar bisa terlihat dengan jelas. Warna yang ada pada tubuh ikan juga haruslah dipilih yang cerah. Jika memiliki warna putih haruslah yang memiliki warna putih bersih atau tidak kekuningan. Maka ikan bisa dipastikan sehat dan super.
8) Pilih ikan yang aktif. Ikan koi super merupakan ikan yang sering berenang, seimbang, dan berenang dengan kecepatan standar. Jangan memilih ikan yang menghabiskan waktunya berada di dasar akuarium atau ikan yang tidak bernafas dengan baik menggunakan insangnya.
9) Pilih ikan yang menjadi satu dengan kawannya. Sebagai ciri ikan koi super, biasanya ikan koi akan berkumpul dengan rekan-rekan sesama ikan koi. Maka itu, silahkan menghindari ikan koi yang nampak menyendiri. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa ikan terancam tidak sehat atau memiliki kebiasaan tidak baik sebagai ikan hias.

Ikan Koi untuk Kontes

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Semakin populernya ikan hias koi menjadikan banyak tempat menyelenggarakan kontes keindahan untuk ikan asal Jepang ini. Kontes ikan koi bisa diikuti oleh para penghobi ikan koi yang memiliki ikan koi super yang sehat, berkualitas, bercorak menarik. Untuk itu, ada standar tersendiri untuk penilaian kontes ikan koi ini. Berikut ini adalah informasi mengenai level kualitas ikan koi yang telah dibagi menjadi 3 bagian.

Pond Quality
Kualitas ini merupakan tingkatan dimana para breeder ikan koi mulai mensortir ikan koi mereka. Sebagian besar ikan koi dari tingkatan ini dibesarkan dengan cara lokal dan memiliki garis darah campuran, sehingga tidak memiliki catatan jelas apapun.

Ornamental Quality
Ikan koi yang berada pada tingkatan ini memiliki catatan keturunan darah ikan jenis apa saja yang bisa dipertanggung jawabkan. Ikan koi pada tingkat ini memiliki tubuh yang proporsional dengan warna corak yang indah. Ikan koi pada level ini bisa dijadikan sebagai indukan ikan koi untuk budidaya, namun harganya tidak semahal ketika sudah memenangi kontes.

Show Quality
Ikan yang masuk kedalam tingkatan ini berarti merupakan ikan yang siap untuk kontes ikan hias. Secara umum kriteria ikan koi yang masuk dalam tingkatan ini adalah ikan koi dengan bentuk tubuh yang baik yaitu berbentuk torpeo. Selain itu, kualitas warna pada coraknya yang sangat cerah juga menunjang. Bagian kulit sisiknya mengkilap dengan bagian kiwa tajam dan tegas. Pola corak yang seimbang pada tubuh ikan juga menjadi faktor utama keindahan ikan koi di tingkat ini.

Tips Memilih Bibit Ikan Koi Super

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Sebelum memulai bisnis budidaya ikan koi, pasti para breeder akan mulai dengan memilih bibitan ikan koi yang super dan berkualitas terbaik. Hal ini akan menjadikan kualitas hasil panen dari pembibitannya nantinya juga ikut membaik. Dengan memilih ikan koi yang sesuai untuk standar kontes, tentu akan menjadikan breeder lebih aman dan tenang karena sudah memiliki bibit ikan koi berkualitas tinggi.
Untuk pemilihan ikan koi kontes tidak sama dalam halnya memilih ikan koi untuk mengisi akuarium rumahan. Ada syarat yang lebih detail saat memilih ikan koi kontes yang tentu saja akan menentukan benar tidaknya pilihan kita.
Standar penjurian pada kontes ikan hias tentu harus dipenuhi agar ikan koi bisa disebut sebagai ikan koi super. Secara keseluruhan, kualitas ikan koi super bisa dillihat dari indukkannya, kesehatan kolam, serta warna corak ikannya.
Ada parameter tertentu yang akan menjadikan kita tahu bagaimana kualitas ikan koi yang telah dimiliki. Satu hal yang terpenting adalah selalu perhatikan kesehatan ikan.
Saran terbaik bagi Anda yang ingin membeli bibit ikan koi adalah dengan memilih ikan koi dengan panjang kurang lebih 10 cm dengan harga yang masih terjangkau. Ikan koi bisa mulai dibudidayakan dengan pemberian pakan yang sehat dan mengenyangkan bagi ikan. Perawatan kolam juga menjadi faktor penting agar kualitas indukkan ikan masih terus terjga.

Cara Memilih Induk Koi Super Berkualitas Baik

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0813 5854 6636

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Untuk bisa mendapatkan hasil panen terbaik di masa depan, maka jalan awal yang bisa ditempuh adalah dengan memilih ikan koi super dengan kualitas terbaik.
Pemilihan ikan koi antara si betina dan si jantan, pastikan sudah benar-benar dewasa dan sesuai dengan usianya. Bentuk tubuh yang ideal dan sesuai dengan postur tubuh ikan secara standar menjadi penentu utama. Untuk indukan jantan pastikan sudah mampu menghasilkan sperma yang cukup. Sedangkan untuk indukan betina pastikan sudah siap untuk dibuahi.
Jika dilihat dari fisik, ikan koi berkualitas super memiliki tubuh yang sehat, tidak cacat, dan memiliki sirip yang lengkap serta proporsional. Untuk usia ideal bagi indukan jantan adalah usia 3 tahun sedangkan untuk indukan betina pada usia 2 tahun. Pastikan juga ukuran tubuh di betina sedikit lebih besar daripada si jantan. Ciri terakhir dari ikan koi super adalah tidak timbulnya bintik-bintik warna putih pada ikan koi super baik dalam keadaan normal maupun saat hendak dikawinkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *