Budidaya Ikan Koi secara Mudah dan Benar Ini Teknik Khususnya

Budidaya Ikan Koi secara Mudah dan Benar Ini Teknik Khususnya

Budidaya ikan koi   –  Halo para ikan koi lovers… seperti yang sudah kita pahami bersama bahwa jenis ikan hias air tawar yaitu ikan koi sebenarnya adalah bagian dari  jenis ikan hias yang berasal dari ikan mas.

 

Jenis ikan hias yang satu ini merupakan ikan hias yang sangat khas, hal ini karena ikan hias satu ini berasal dari negeri Jepang, ikan koi bagi masyarakat Jepang dianggap sebagai ikan yang membawa sebuah keberuntungan  atau hoki bagi pemiliknya.

Ikan koi sendiri di negara jepang disebut dengan bahasa kai yang mempunyai arti ikan berwarna. Asal usul mengenai ikan koi ini mempunyai segudang versi yang berbeda, ada yang menyebut jika ikan koi ini berasal dari Persia, lalu dibawa oleh bangsa Cina ke Jepang untuk dibudidayakan.

Budidaya Ikan Koi

 

 

Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

1. Memilih Ikan Koi Indukan Yang Berkualitas

Untuk memilih indukan koi untuk budidaya beberapa hal perlu diperhatikan antara lain adalah :

  • umur koi minimal lebih dari 2 tahun
  • mempunyai warna yang kontras dan cemerlang.
  • indukan jantan dan betina sudah dalam kondisi yang matang untuk di kawinkan.
  • gaya berenang yang cukup seimbang dan tenang.
  • memiliki tubuh yang ideal dan jika dilihat dari atas bentuk tubuhnya mirip terpedo
  • aktif bergerak gesit dan tidak berdiam diri di dasar kolam
  • ikan yang akan di kawinkan memilki jenis yang mirip atau mendekati sama

2. Pembuatan Kolam 

Kolam ikan koi dapat menggunakan jenis kolam tanah, kolam beton atau kolam terpal. Untuk ukuran kolam khusus budidaya biasanya memiliki kedalaman 60 cm dan ketinggian air 40 cm dengan ukuran kurang lebih 3 sampai 6 meter. Selain itu yang perlu di perhatikan ialah biarkan air mengering terlebih dahulu beberapa hari sebelum proses pengisian air untuk pemijahan. Hal ini ditujukan agar kolam terhindar dari bahan kimia yang terdapat pada semen.

Setelah kering baru bisa di masukkan air ke dalam kolam. Namun jangan langsung memasukkan koi indukan, karena air yang baru di masukkan tadi harus di endapkan terlebih dahulu minimal 24 jam. Jangan lupa juga sediakan eceng gondok untuk proses pemijahan dimana telur telur ikan koi akan menempel disitu.

3. Proses Pemijahan 

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam proses pemijahan sebaiknya anda menyediakan ikan koi jantan lebih dari satu. Hal ini bertujuan untuk mencegah jika ada pejantan yang dalam kondisi kurang sehat. Komposisinya bisa 3 jantan 1 betina, atau 2 jantan 1 betina.

Proses memasukkan indukan betina bisa dilakukan sore hari kurang lebih jam 16.00 sore. Setelah itu baru di masukkan indukan jantan kurang lebih 3-5 jam setelah indukan betina di masukkan tadi. Proses pemijahan biasanya akan berlangsung pada malam hari.

4. Selalu Jaga Kualitas Air

Perhatikan filter pada kolam ikan koi, pastikan filter bekerja dengan normal sehingga amoniak amoniak sisa makanan pada koi di dasar kolam dapat tersedot dan berganti air menjadi bersih kembali.

Menjaga suhu air ini juga penting untuk pertumbuhan koi agar lebih sehat. Hal yang perlu di perhatikan lainnya ialah jangan sampai anda mengganti air keseluruhan langsung, karena hal ini akan membuat koi harus beradaptasi dari awal lagi untuk menyesuaikan dengan air yang baru. Bahkan kondisi itu dapat mengakibatkan koi mati. Anda bisa mengganti air setiap minggunya kurang lebih 10%.

5. Batasi Jumlah Ikan di Kolam

Populasi atau jumlah ikan koi di kolam ini juga penting untuk diperhatikan jika ingin mendapatkan hasil budidaya koi yang optimal. Hal ini di karenakan koi membutuhkan ruang gerak yang bebas untuk mendapatkan hasil koi yang sehat dan optimal. Jika jumlah koi dalam satu kolam terlalu banyak akan membuat pertumbuhannya menjadi terganggu.

6. Kadar Keasaman Kolam di Perhatikan

Jaga kadar keasaman air kolam koi di angka 6,5 sampai 8,5 agar koi dapat hidup dengan kondisi sehat. Untuk kolam semen yang baru perlu di perhatikan ialah jangan memasukkan koi langsung ketika kolam selesai proses pembuatan. Hal ini di karenakan kolam semen mengandung bau semen yang masih kuat ketika baru selesai. Jika koi di masukkan akan membuat koi menjadi mabok sakit bahkan bisa mati.

Tips nya ialah menggunakan pelepah pisang untuk menghilangkan bau semen. Selain itu kolam perlu di isi air terlebih dahulu minimal 1×24 jam terlebih dahulu lalu di keluarkan dan di isi air lagi. Setelah itu baru ikan koi dapat di masukkan.

Cara merawat ikan koi dengan baik dan benar

Selain itu ikan koi juga termasuk jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Untuk pakannya juga sangat mudah, oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara merawat ikan koi dengan baik dan benar.

Perlu kita pahami bahwa cara merawat ikan koi memang  gampang gampang sulit. Dan bagi kita sebagai pemula yang ingin memulai merawat ikan koi, pastilahnya akan bingung dan heran ketika ikan koi yang Anda pelihara jatuh sakit lalu mati. Oleh karena itu pemahawaman mengenai cara budidaya ikan koi yang benar dan mudah sangat Anda perlukan juga.

Salah satu hal yang sering terjadi kenapa ikan koi peliharaan kita mati begitu saja  karena kita seenaknya saja untuk memasukkan ikan koi baru ke kolam kita tanpa melalui proses karantina terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya berikut ini Kami akan berikan tips tentang cara merawat dan budidaya ikan koi serta memilih ikan koi yang berkualitas, dan hal penting juga adalah tindakan untuk karantina ikan koi yang baru agar tidak membuat mati koi.

Ikan koi Koi merupakan type ikan hias yang banyak hidup di kolam, secara umum ikan koi ini terdapat banyak varian atau jenisnya. Selain itu warna yang dimiliki ikan koi juga mengagumkan, salah satunya adalah jenis ikan koi sowa, koi kohaku, koi asagi dan masih banyak macam jenis koi lainnya.

Ikan Koi sendiri merupakan jenis ikan yang perawatannya sangat mudah dan juga tidak begitu menguras kantong Anda, namun meskipun begitu budidaya ikan koi juga tergolong mudah.

Namun merawat ikan koi ini juga tidak bisa dilakukan oleh sembarangan. Hal ini karena dalam budidaya ikan koi terdapat cara dan diperlukan perawatan yang benar-benar ekstra.

Hal ini karena ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat butuh perhatian ekstra. Kita harus tahu dan mengerti tentang cara yang benar saat akan merawat ikan koi. Kita juga harus tahu serba serbi penyakit yang umum menyerang ikan koi dan cara mengobati ikan koi yang sakit.

Agar Anda sukses dna berhasil merawat serta memiih ikan koi. Hal pertama sebagai penghobi awam harus mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai macam teknik dan cara mengobati ikan koi ketika ikan koi sedang sakit. Dan cara yang benar adalah dengan melakukan karantina terhadap ikan koi baru sebelum dicampurkan dengan koi lama yang sehat.

Karena hal ini akan mempengaruhi kondisi ikan koi baru yang sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Jika kita campurkan ikan koi baru yang terserang penyakit ke kolam yang penuh dengan koi yang sehat, pastilah koi Anda akan mati semua.

Tips Merawat Ikan Koi dengan Benar

Untuk lebih jelasnya berikut berbagai cara budidaya ikan koi dan cara merawat ikan koi yang benar. Pertama – tama kita harus terlebih dahulu untuk mempersiapkan kolam ikan koi yang cocok dengan keinginan Anda. selain itu perlu juga sesuatu yang mendukung untuk ikan koi agar nyaman saat berada di lingkungan baru dan mampu berenang di kolam tersebut. Hal-hal ini antara lain: jaga kualitas air kolam koi karena itu merupakan penentu keberhasilan dalam merawat koi.

Ingin Beli Ikan Koi ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *