5 Peralatan Penting Agar Kolam Ikan Koi Tetap Sehat

5 Peralatan Penting Agar Kolam Ikan Koi Tetap Sehat

5 Peralatan Penting Agar Kolam Ikan Koi Tetap Sehat

Banyak sekali orang yang bertanya apakah kolam ikan koi membutuhkan banyak peralatan dan rumit? Peralatan kolam ikan koi sebenarnya tidak terlalu banyak. Bahkan Anda tetap bisa memiliki sebuah kolam ikan koi tanpa peralatan ini. Tetapi untuk prakteknya bisa dibilang sangat sulit. Hal ini karena peralatan kolam ikan memiliki peran yang cukup penting.

5 Peralatan Penting Agar Kolam Ikan Koi Tetap Sehat

Seharusnya kelima peralatan ini tersedia. Rasanya akan sangat sulit sekali kalau hanya ada tiga atau empat elemen saja. Sebab performa kolam ikan koi nantinya menjadi kurang maksimal. Lalu apasajakah peralatan yang melengkapi kolam ikan koi sampai bisa berfungsi dengan baik?

Sebelum membahas lebih  lanjut mengenai 5 peralatan penting agar kolam ikan koi tetap sehat tentu yang harus dipersiapkan pertama kali adalah wadah pemeliharaan.

Dalam memelihara ikan koi pastinya dibutuhkan wadah atau tempat yang dimana disebut sebagai kolam ikan atau kolam koi. Jenis kolam ikan koi sendiri sangat bermacam-macam. Ada yang berupa bangunan dari semen atau beton, dari plastik ataupun terpal, dan lainnya.

Yang paling penting kolam ikan koi nantinya tidak akan mengalami kebocoran dan yang pasti tujuan utamannya adalah untuk dapat menampung air sebagai media supaya koi bisa tetap hidup.

Sebenarnya selain di dalam kolam. Ikan koi juga dapat Anda pelihara di dalam aquarium dengan syarat aquarium tersebut cukup luas dan sesuai dengan jumlah dan ukuran ikan koi yang Anda pelihara.

Namun memelihara ikan koi di dalam akuarium membutuhkan perawatan yang ekstra, karena kondisi wadah yang sangat terbatas maka kualitas air nantinya akan sangat mudah menurun. Maka dari itulah dibutuhkan perawatan secara intensif. Oleh karena itulah kebanyakan orang lebih memilih untuk memilih memelihara ikan koi di dalam kolam saja.

5 Peralatan Penting Agar Kolam Ikan Koi Tetap Sehat

Hal yang paling penting untuk Anda pertimbangkan jika ingin membangun kolam ikan koi adalah luasnya. Hal ini karena ikan koi tidak bisa dipelihara dengan baik dalam kolam yang memiliki ukuran terlalu kecil. Kolam yang sempit tentunya akan membatasi ruang gerak ikan koi.

Nah, untuk pembahasan mari langsung saja kita bahas 5 peralatan penting agar kolam ikan koi bisa tetap sehat. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini :

  1. Bottom drain

Bottom drain merupakan pipa khusus yang biasa ditempatkan di dasar kolam. Pipa ini semacam mulut yang menyedot semua kotoran organik yang telah lama menumpuk di dasar kolam yang kemudian akan masuk ke dalam filter. Alat ini juga memiliki peran sebagai penguras kolam.

Salah satu ancaman yang paling berbahaya bagi ikan koi adalah kotoran yang telah lama mengendap di lantai  kolam. Di dalamnya ada banyak sekali virus dan bakteri berbahaya. Maka dari itu, keberadaan bottom drain akan sangat membantu. Harganya pun tidak terlalu mahal, tetapi memiliki kontribusi besar.

  1. Skimmer

Permasalahan kotoran di dasar kolam ikan koi sudah diatas oleh bottom drain. Sedangkan untuk kotoran yang melayang seperti debu dan daun-daun yang jatuh dapat diatasi dengan mengandalkan skimmer. Alat yang satu ini akan selalu menjamin kebersihan kolam, sehingga kolam koi selalu enak untuk dipandang dan tetap sehat.

Skimmer bisa menjadi alternatif yang paling sederhana, aman, dan murah pastinya. Harganya pun sangat  bervariasi, tergantung dari model dan brandnya. Tetapi uang yang akan Anda keluarkan nantinya pasti akan sepadan dengan manfaat yang Anda dapatkan.

  1. Pompa

Pompa yang digunakan untuk ikan koi sebaiknya menggunakan pompa eksternal. Hal ini karena pompa eksternal jauh lebih aman. Pastikan Anda menggunakan pompa yang memiliki potensi bahaya sangat kecil bagi ikan. Bagiamanapun juga, iko koi Anda sangat berharga dan tak akan tergantikan.

Disamping itu, penggunaan pompa eksternal juga memberikan pengaruh besar terhadap kenyamanan. Jika Anda mengalami kendala nantinya maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan servis. Anda tidak perlu lagi basah-basahan ataupun menggunakan perlengkapan untuk menyelam.

Pompa memang sangat berpengaruh besar, bahkan dapat memberikan kekuatan pada filter dan skimmer. Pompa sendiri dapat diibaratkan sebagai jantung air. Tentu saja alat yang satu ini tidak memompa darah, tetapi memompa oksigen serta melancarkan sirkulasi.

Ada banyak sekali jenis pompa yang dapat Anda pilih seperti eksternal, magdrive, celup/submersible, dan lainnya. Dalam pemilihan pompa ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti misalnya volume kolam ikan koi, ukuran watt, kualitas pompa, dll.

  1. Filter

Jika misalnya ada pompa tetapi tidak ada filter, maka sudah pasti kolam koi Anda tidak akan utuh. Kedua alat ini bisa dibilang akan saling melengkapi dan juga harus saling cocok supaya nantinya bisa bekerja secara maksimal serta menghasilkan yang terbaik.

Bukan hanya pompa saja, untuk filter juga harus Anda pilih sesuai dengan karakteristik dan beban kolam. Beban tidak hanya diisi berupa ikan saja, tetapi juga tanah, kotoran, daun, debu, dll. Anda dapat memperkirakannya sendiri dari jumlah ikan koi yang dipelihara serta estimasi bobotnya. Jika awal mulanya Anda memelihara selusin ikan koi kecil, pastinya dalam jangka waktu 3 tahun kemudian muatan kolam tersebut tak lagi sama.

Pada intinya, filter menjadi kunci paling penting dari kejernihan air kolam. Untuk variasinya dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, ada 2 jenis filter kolam ikan koi, yaitu filter mekanik dan filter biologis.

  • Filter Mekanik

Prinsip kerja filter mekanik adalah dengan mengalirkan air pada ruangan ataupun wadah yang didalamnya sudah disediakan bahan untuk filter. Media penyaring bisa berupa serbut, pasir, kerikil, jap-matt, saringan sieve, kapas, busa atau foam, dan bahan sikat.

Metode lainnya dari filter mekanik yaitu dengan cara mengalirkan air ke ruang terpisah sehingga nantinya partikel kotoran bisa mengendap di bagian bawah. Ada pula sistem yang menggunakan siklon atau unit vortex, sedemikian rupa sehingga air bisa berputar dan zat padat akan terkumpul pada bagian tengahnya, sehingga endapan bisa dibuang pada proses berikutnya.

  • Filter Biologis

Pada intinya, filter biologis akan menggunakan sejenis bakteri tertentu untuk dapat menguraikn bahan kimia beracun yang ada di dalam air kolam. Pada umumnya bahan kimia ini berasal dari kotoran ikan koi, sisa-sisa makanan, atau lainnya yang masuk secara tidak sengaja ke dalam ikan koi.

Filter biologis biasanya akan menggunakan serangkaian proses bertingkat sistem filtrasi dengan bakteri. Serangkaian proses tersebut mengikuti siklus nitrogen, yakni amonia ~> nitrit ~> nitrat. Pada tahap awal akan menggunakan bakteri nitryfing yaitu seperti bateri Nitrosomonas, untuk kemudian mengubah amonia menjadi nitrit.

5 Peralatan Penting Agar Kolam Ikan Koi Tetap Sehat

Proses selanjutnya adalah mengubah nitrit menjadi senyawa nitrat dengan menggunakan bakteri Nitrobacter. Ini merupakan bakteri pembersih yang akan memerlukan oksigen, sehingga sudah pasti dibutuhkan ruangan pengendap.

Ruangan pengendap memiliki fungsi untuk dapat memisahkan sedimen secara rutin karena sedimen bisa untuk mengurangi jumlah oksigen dalam air.

  1. Cahaya Ultraviolet (UV)

Apabila Anda merasa masih belum puas dengan kinerja penyaringan kolam, maka Anda bisa mencob untuk menambahkan sinar UV supaya air terlihat jernih. Dengan demikian dijamin kolam Anda akan terlepas dari pemandangan kolam hijau dan kumuh yang sudah pasti akan sangat menganggu.

Fungsi utama dari sinar UV sendiri memang masih dipertanyakan, tetapi yang paling penting sinar ini dapat menghambat pertumbuhan ganggang. Oleh karena itu, sinar UV akan menetralkan patogen yang terkena cahaya. Namun sinar ini masih tetap tidak dapat menembus patogen yang berada di lantai, dinding, ataupun yang ada pada ikan.

Desain Dasar Kolam Ikan Koi

Anda tidak mengandalkan peralatan ataupun komponen, tetapi Anda juga bisa mempertimbangkan desain dasarnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu :

  1. Ukuran kolam ikan koi

Kolam ikan koi sebaiknya mempunyai ukuran kurang lebih 2,25 meter, dengan sisi-sisi yang vertikal. Ikan koi sendiri suka sekali berenang di satu sisi ke sisi yang lainnya, ke bawah, dan ke atas.

Mereka biasa makan dalam posisi yang tegak, dengan cara menyembulkan mulutnya ke permukaan air. Sedangkan untuk ukuran kolam koi minimalis maka Anda dapat menggunakan kedalaman sekitar 1 meter dengan panjang 2,5 meter dan untuk lebarnya 1,8 meter. Pada intinya ukuran kolam koi harus dobel dari ukuran ikan koi itu sendiri.

  1. Aliran Air

Adanya aliran air yang tepat juga sangat penting untuk kolam ikan koi. Anda dapat menggunakan air mancur atau bisa juga aliran dari bawah permukaan dengan tujuan supaya airnya bisa kembali lagi ke kolam.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan bypass apabila airnya bocor, atau ketika Anda diharuskan untuk mematikannya di saat-saat yang tertentu. Apabila Anda menerapkan under-surface return, maka sudah pasti Anda akan membutuhkan aerasi tambahan.

  1. Bujet

Pada umumnya pembuatan kolam ikan koi bisa dibilang tidak ada yang murah. Apabila bujet yang Anda miliki tidak cukup untuk membuatnya, maka untuk beberapa waktu kedepan, Anda dapat membuat sebuah taman air yang cukup dalam sebagai hunian nyaman ikan koi atau ikan mas Anda. Secara perlahan-lahan Anda dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk membuat sebuah kolam ikan koi yang utuh dan indah.

  1. Meminta saran dari ahli koi

Konsultasi secara langsung dengan pakar yang tepat selalu menjadi ide paling tepat. Pastikan bahwa orang tersebut paham mengenai koi, desain kolam ikan koi, dan juga instalasi perlengkapannya.

Ahli koi tentu akan membantu Anda dengan senang hati, seperti memberikan rekomendasi tentang produk perlengkapan kolam ikan koi terbaik, bagaimana memasangannya, bagaimana peratannya, dll. Bahkan jika perlu Anda juga bisa membayarnya ataupun mengundangnya makan.

Memang ada banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan melalui internet. Namun saking banyaknya, justru pembaca seringkali mengalami kebingungan. Maka dari itu, lebih baik mendekati dan menggali ilmu langsung dari sang ahli.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 5 peralatan penting agar kolam ikan tetap sehat. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini dapat membantu Anda untuk memelihara ikan koi Anda agar tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *